Yusuf Ekodono, Sekolah SSB, dan Dinasti Sepak Bola Terdekat di Kota Surabaya

Salah satu nama besar klub asal Wonokromo, Indonesia Muda (IM) Surabaya, adalah Yusuf Ekodono. Yusuf Eko Dono tergolong sukses sebagai pemain sekaligus pelatih di Kota Surabaya dan persepakbolaan nasional.

Yusuf Ekodono mengawali karir di IM Surabaya, klub internal Persebaya Surabaya. Gelandang serang kelahiran Surabaya, 16 April 1967, masuk ke Persebaya Junior. Setahun setelahnya, Yusuf Ekodono naik ke tim senior Persebaya Surabaya dan mengabdi cukup lama. Pada era ini, label skuat timnas senior berhasil ia pegang.

Sempat Bikin SSB Terdekat

Yusuf Ekodono sempat pindah ke PSM Makassar sebelum kembali lagi ke tim Bajol Ijo. Di penghujung karirnya, ia berpindah-pindah dari PSIS Semarang, Persijap Jepara, dan Suryanaga. Usai pensiun, Yusuf menjadi pelatih di Suryanaga. Sebelum pensiun, Yusuf telah membangun SSB Yunior (SSB Junior), SSB di Lapangan Kalilom Lor, Kenjeran. 

Pengalaman melatih tersebut membuat Yusuf Ekodono siap untuk menempuh karir kepelatihan. Tercatat, ia pernah melatih Persela U-21, PSBI Blitar, Maestro, Persebaya junior, Persiram Raja Ampat, Krakatau Steel, dan PS Sumbawa Barat. Pengalamannya membuatnya dipanggil Persebaya Surabaya dan Bhayangkara Surabaya United sebagai asisten pelatih, dan sempat melatih Persebaya U-21. Bergulirnya Liga 2 Indonesia tahun 2021, Yusuf menunjuk PS Hizbul Wathan untuk mengarungi kompetisi.

Saat aktif menjadi pemain, Yusuf Ekodono menikahi istri nya Laras Wastiti. Ternyata, darah sepakbola mengalir deras dari ayah ke ketiga putranya, Fandi Eko Utomo, Wahyu Subo Seto, dan Novaldo Troy Wijaya Putra. Ketiganya berposisikan sebagai gelandang, sama sepertinya. Sempat berlatih di SSB Bina Yunior, ketiganya memiliki karirnya masing-masing. Ketiga putra Yusuf Ekodono ini akan kita bahas di artikel-artikel mendatang.


Comments