Sejarah Konflik Persebaya dan Bhayangkara FC, Munculnya Surabaya Soccer Academy

 


Tahun 2016, keberatan suporter Persebaya Surabaya, Bonek, atas nama klub yang membawa nama mereka memaksa Wisnu Wardhana mengubah klub tersebut menjadi Surabaya United. Di tahun ini, Surabaya United merger dengan PS Polri menjadi Bhayangkara Surabaya United. Klub ini kemudian sempat berubah nama menjadi Bhayangara FC dan bermarkas di Jakarta, sebelum pindah ke Solo dengan nama Bhayangkara Solo FC.

Tahun 2019, Manajemen Indonesia Soccer Academy (ISA) membuka cabang di Surabaya dengan nama Surabaya Soccer Academy (SSA). Informasi pendaftaran SSB ini mulai muncul pada tanggal 24 Maret 2019 dan latihan perdana digelar tanggal 2 Agustus 2019. Tanggal 7 Agustus 2019, H. Ali Mustofa dan Arif Agung mendirikan Olympic Muda FC, cikal bakal Almos Bola Soccer School. Di tahun yang sama, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur mengakusisi klub Persigoi Semeru FC. Klub inilah yang kemudian kita kenal sebagai PS Hizbul Wathan (PSHW) yang berlaga di Liga 2 2020. 

Tahun 2020, pendiri Olympic Muda FC Ali Mustofa berpulang, para pengurus klub tersebut kemudian merubah nama klub dan SSB menjadi Almos Bola Soccer School. Tanggal 5 Januari 2020, SSB Maesa Surabaya sudah membuka pendaftaran murid baru. Tahun ini, klub Assyabaab berpindah lokasi ke Pasuruan dengan nama baru Assyabaab Bangil. Tim ini berkompetisi di Liga 3 Indonesia dengan markas Stadion Pogar Bangil. 

Tahun 2020 juga ditandai dengan berdirinya SSB Gators Sentra Surabaya FC. SSB Gators didirikan sekitar bulan Mei 2020 oleh Johannes Salindeho. Di bulan Maret pada tahun yang sama, SSB Aston Vila Kendung didirikan oleh Benny Handoko, dengan memiliki sedikit kemiripan nama dengan klub Liga Inggris Aston Villa. Tahun 2021, tanggal 28 September, SSB Keputih diresmikan oleh Sujaki dan para pengurus di Lapangan Keputih. Sejak tahun 2019, sepakbola usia dini Kota Surabaya semakin bergairah ke arah terbaik. Tahun ini mulai bermunculan SSB baru di wilayah-wilayah terdekat yang dapat diakses oleh para calon murid.


Comments