Rektor Universitas Surakarta: Dulu UNSA ASMI FC Bersahabat dengan Arseto Solo

Pada era 80-an, kota Solo pernah memiliki sebuah klub legendaris yang mengorbitkan pemain-pemain nasional. Arseto Solo, klub bentukan Sigid Harjoyudanto ini identik dengan nama-nama seperti Ricky Yacobi, Eddy Harto, Nasrul Koto, hingga Rochy Putiray. 

Meskipun resmi dibubarkan pada tahun 1998, namun memori kebanggaan atas tim biru langit masih membekas. Salah satu kenangan tersebut tercurah melalui manajemen klub UNSA ASMI FC.

Kami mengakses wawancara lama Dr. Andika Sanjaya, S.I.Kom, M.Si. bersama Dr. Arya Surendra, S.Sos., S.E., M.M. Wawancara ini terjadi kurang lebih sembilan tahun yang lalu pada tanggal 30 April 2013 di meja kerja beliau.

Sister Club UNSA ASMI - Arseto

Sejak tahun 2019, Arya Surendra menjabat sebagai Rektor Universitas Surakarta (UNSA). Beliau merupakan putra dari Prof. Dr. H.S. Brodjo Sudjono, SH., MS., pendiri sekaligus rektor pertama kampus tersebut.

UNSA merupakan salah satu universitas di Jawa Tengah. UNSA berdekatan dengan Akademi Sekretaris dan Manajemen Indonesia (ASMI), kampus lain yang didirikan rektor pertama UNSA tersebut. 

Kedua kampus ini beralamat di Jalan Raya Palur Nomor 5, Jurug, Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, 57772. Klub sepakbola yang didirikan pun juga menggunakan gabungan nama kedua kampus ini.

Arya Surendra yang pada tahun 2013 menjabat General Manager Klub UNSA ASMI FC Surakarta, memberikan pandangannya tentang hal ini. Beliau menjelaskan kedekatan klubnya klub kebanggaan Kota Solo selain Persis Solo itu.

"Arseto dan UNSA ASMI tidak dapat dipisahkan, karena sejak tahun 1980, pembina Kampus Bumi Bengawan Universitas Surakarta (UNSA), Prof Brodjo bersahabat dengan pembina utamanya Arseto, yaitu Pak Sigid Harjoyudanto", ujar Arya.


Comments