Thailand dalam Malam Budaya UNS: Dari Thai Tea Hingga Tom Yam


Thailand adalah satu dari seluruh negara peserta acara UNS Cultural Night 2013 yang digelar International Office UNS Surakarta. Beberapa macam tarian dan makanan khas Negeri Gajah Putih diperkenalkan oleh mahasiswa-mahasiswa yang menempuh studi di Indonesia. 

Kamis malam, tanggal 16 Mei 2013, Auditorium UNS menjadi tempat berkumpulnya budaya dari berbagai negara, termasuk Thailand. Pengunjung dapat mengunjungi booth kuliner Thailand yang menyediakan resep masakan negara tersebut.

Thai Tea Otentik

Menurut Sumayah Menjamin, koordinator mahasiswa Thailand, rekan-rekan membawa masakan khas yang cukup terkenal di Indonesia, yakni Tom Yam. "Tom Yam biasanya dari sea food, tapi karena di Solo sedikit sulit cari sea food kita ganti ayam," jelas mahasiswi program S2 Linguistik UNS. 

Bagi yang belum pernah mencoba, Tom Yam rasanya asam sekaligus pedas. Selain itu, mahasiswa-mahasiswa Thailand juga membawa minuman khas Thailand, yakni Thai Tea. 

Thai Tea adalah dibuat dengan penyajian khusus mencampur susu dan teh seperti halnya teh tarik. Resep masakan terakhir, Bua Loi, dibuat dari bahan ketan yang dibentuk bulat-bulat dengan rasa manis. 


Artikel ini ditulis ulang oleh Dr. Andika Sanjaya, S.I.Kom, M.Si dan dimuat sebagai advertorial di Situs Scout Indonesia pada tanggal 18  Mei 2013.

Comments