Sejarah Singkat Scout Indonesia dan Situs www.ligaindonesia.my.id



Situs LigaIndonesia.My.Id adalah situs yang dikembangkan oleh Dr. Andika Sanjaya, S.I.Kom, M.Si. Situs ini menggantikan situs Scout Indonesia yang dikembangkan pada tahun 2011 bersama kakaknya Swante Adi Krisna, S.H., M.H., M.H. Sejak 2013, operasional situs yang beralamat di www.scoutidn.com telah dihentikan. Situs Scout Indonesia berisikan berita-berita sekolah sepak bola dan klub sepakbola di Indonesia.

Andika yang saat itu memiliki latar belakang mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Sebelas Maret, mengaplikasikan ilmunya untuk kemajuan sepakbola usia dini nasional. Ia kerap menghadiri turnamen SSB di berbagai daerah sambil mengumpulkan dokumentasi foto dan video.

Dibantu kakaknya, materi-materi tersebut diunggah di situs dengan pendekatan multimedia. Saat itu, gerakan tersebut mampu mendatangkan pengaruh yang cukup signifikan. Scout Indonesia membantu beberapa pelatih dan manajer SSB untuk membuat blog untuk melakukan branding dan publikasi mandiri terhadap perkembangan SSB. Scout Indonesia juga menjadi media yang mempertemukan penulis dengan orang-orang penting sepakbola pada era itu.

Vakum Delapan Tahun

Pengembangan situs Scout Indonesia dihentikan sejak tahun 2013, bersamaan dengan studi pascasarjana kedua pengembang situs. Andika melanjutkan studi di Universitas Indonesia dengan kekhususan Manajemen Komunikasi. Swante juga melanjutkan studi ke Universitas Sebelas Maret dengan jurusan Magister Kenotariatan. Swante saat ini ini berdinas di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Di sisi lain, Andika menuntaskan studi pascasarjana Doktor Ilmu Politik di Universitas Diponegoro.

Usai menyelesaikan studi doktoral, Andika mengembangkan situs LigaIndonesia.My.Id pada tahun 2021. Domain sebelumnya sudah terpakai orang lain, oleh karena itu, dipilihlah domain dengan nama lain. Situs ini merupakan wujud kepedulian penulis terhadap sepakbola usia dini, tingkatan terbawah piramida sepak bola yang seringkali diabaikan. Sepakbola usia dini merupakan fondasi dari kemajuan sepakbola nasional dan tim nasional.

Comments