Shahar Ginanjar: Kiper Jangkung Purwakarta Pengelana Lintas Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi

 


Shahar Ginanjar adalah kiper jangkung setinggi 186 centimeter yang baru saja diperkenalkan Borneo FC jelang Liga 1 2022. Kiper berpengalaman ini sudah sering bergonta-ganti klub dan dipercaya menjaga di bawah mistar klub-klub ternama.

Shahar Ginanjar merupakan pemain kelahiran Purwakarta, 4 November 1990. Kiper berusia 31 tahun ini mengawali karir di tim junior terdekat kabupaten ia tinggal, yaitu Persipo Purwakarta.

Bandung Menuju Lintas Pulau

Bakat membawanya ke SSB Saswco, salah satu SSB terbaik di Bandung yang turut serta melahirkan nama-nama mentereng. Sebut saja Ferdinand Alfred Sinaga, Sujana, Gian Zola Nasrulloh Nugraha, dan Beckham Putra Nugraha.

Dididik di SSB terdekat di Batununggal dan Lengkong, Kota Bandung tersebut, Shahar pindah ke Pelita Jaya, salah satu klub kuat era itu. Shahar kemudian kembali ke Kota Bandung untuk memperkuat Persib Bandung.

Usai membela Persib Bandung, eks kiper timnas Indonesia U-23 ini merantau ke Kalimantan untuk bergabung dengan Mitra Kukar, disusul PS Barito Putera. Perantauannya berlanjut ke Sulawesi bersama PSM Makassar.

Sempat kembali ke Pulau Jawa, Shahar menjadi pesaing Andritany Ardhiyasa di Persija. Sempat pindah ke Dewa United FC, Shahar kembali ke Kalimantan bersama Borneo FC.


Comments