Swiss van Java: SSB Terdekat di Kota Garut Penghasil Intan Sepakbola

Bagi warga Garut, pasti tidak asing dengan nama Cikajang. Banyak pemain top lahir dari daerah tersebut. Sebut saja Zaenal Arief, Nova Zaenal, hingga Adeng Hudaya dulunya dibesarkan di Cikajang. Oleh karena itu, Garut dapat dikatakan menjadi penopang klub terdekat di Jawa Barat, baik Persib Bandung, Persigar Garut, maupun klub-klub lain.

Sejarah Sepakbola Garut

Menurut catatan kami, sekolah sepak bola atau SSB terdekat di Garut muncul di era 90-an. Tahun 1993, tepatnya tanggal 19 Maret, SSB VIC Pamong Praja berdiri di bawah naungan Yayasan Karya Jasa Kusuma yang dipimpin Maulana Yusuf. SSB VIC merupakan salah satu SSB legendaris di Garut.


Cikajang mulai berdenyut pada tahun 1996, meskipun sebelumnya, banyak pemain berproses di Lapangan Cikajang. Tahun 1996, Diklat Samba lahir di Cikajang untuk menampung bakat-bakat pemuda lokal. Setahun kemudian, lima warga Padasuka bernama Dadang, Dudung, Dedeng, Neneng, dan Aten Jajat mendirikan SSB Family tahun 1997. Tahun 1999, Diklat Samba bubar. Tahun 2000 muncul SSB Tunas 2000 Cikajang. SSB ini berdiri pada tanggal 20 Agustus 2000. 

Tahun ini, warga desa Jayaraga Supriatna mendirikan SSB Jayaraga Football Club (JFC). Tujuan awal pendirian SSB ini untuk menghindarkan anak-anak desa tersebut agar terhindar dari pergaulan bebas sekaligus meningkatkan akhlak. Bubarnya Diklat Samba ini juga memunculkan SSB lain di sekitar Cikajang. Sekitar tahun 2004, pelatih senior ayah dari Johan Juansyah, Endang Soemantri, mendirikan SSB Mandala Cikajang di sekitar Stasiun Cikajang. Sekitar tahun 2005, Dede Ahmad Yusuf atau Dede Garfit mendirikan SSB Samba Cikajang. Tahun 2006, Budi Irmawan atau Budi Sambada mendirikan SSB Sambada Cikajang.

Memasuki tahun 2010 ke atas, SSB baru banyak bermunculan. Tanggal 1 januari 2013, Novi Saputra mendirikan SSB Satria Gemilang. Tahun 2016 menjadi tahun berdirinya SSB Hafizh Garut pada tanggal 6 Oktober. SSB ini awalnya bernama SSB Alpes (Anak Lingkungan Pedes). Pedes adalah salah satu wilayah di Garut. SSB Hafiz memiliki visi mendidik siswa tentang sepakbola dan aspek relijius (hafal Al-Quran).

Tahun 2019, SSB Putra Asgar atau Pugar berdiri di Kabupaten Garut. Tahun ini juga menjadi tahun munculnya SSB Putra Garut, tepatnya pada tanggal 27 April 2019. Di tahun ini, tepatnya tanggal 14 November 2019, SSB D'Patriot atau D Patriot Garut didirikan. Tahun ini juga menjadi tahun berdirinya SSB Priangan atau SSB Punggawa Muda Priangan, dipimpin oleh Sonny

Tahun 2020, tepatnya tanggal 26 Januari, H Endang Somantri, Otang Saepulloh, Dede Meki Somantri, Ralik Hudaya Effendi, dan warga Cikajang mendirikan klub sepakbola Cikajang Raya. Klub ini didukung oleh SSB terdekat dari Cikajang seperti SSB Samba Cikajang, SSB Family Cikajang, SSB Sambada Cikajang, dan SSB Mandala Cikajang.

Tanggal 15 Februari 2020 dua pengusaha lokal H. Kiki atau H. Cahyadi Setiawan dan H. Pradana Aditya Wicaksana mendirikan Akademi Garut United (AGU). Tanggal Bulan November 2021, Goalkeeper Private Camp asal Bandung membuka cabang di Garut.

SSB Terdekat di Garut

Kabupaten Garut terdiri dari terdiri dari 42 kecamatan. Kabupaten Garut meliputi distrik-distrik seperti Garut, Bayongbong, Cibatu, Tarogong, Leles, Balubur Limbangan, Cikajang, Bungbulang dan Pameungpeuk. Secara lengkap, kecamatan di Garut terdiri dari Garut Kota, Pasirwang, Wanaraja, Sukaresmi, Karangpawitan, Cisurupan, Cilawu, Bayongbong, Pangatikan, Cigedug, Sucinaraja, Cikajang, Limbangan, Banjarwangi, Selaawi, Singajaya, Malangbong, Cihurip, Kersamanah, Peundeuy, Cibatu, Cisewu, Talegong, Caringin, Sukawening, Bungbulang, Karangtengah, Mekarmukti, Cibiuk, Pakenjeng, Leuwigoong, Pamulihan, Leles, Cikelet, Kadungora, Cibalong, Banyuresmi, Cisompet, Tarogong Kaler, Pameungpeuk, Tarogong Kidul, dan Samarang.

SSB di Garut Kota adalah Akademi Garut United. Akademi ini bermarkas di Lapangan Korem 062 / Tarumanagara. Lapangan ini beralamat di Jalan Bratayudha Nomor 65, Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Akademi Garut United dilatih oleh eks Persib Bandung Sutiono. Akademi ini dikhususkan siswa berusia 7 tahun hingga 17 tahun, baik kelas putra dan putri. Para calon siswa yang mendaftar dapat memilih dua jenis kelas, kelas reguler dan kelas khusus. Kelas khusus memiliki seleksi ketat untuk masuknya.

SSB terdekat di Tarogong adalah Akademi Garut United yang memiliki kantor sekretariat di Jalan Raya Cipanas nomor 19 T├árogong Garut.  Akademi Garut United memiliki lapangan di Tarogong Kaler, yaitu di Lapang Sepak Bola Rancabango. Lapangan ini beralamat di Jalan Rancabango, Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. SSB lain di Rancabango adalah Sekolah Sepakbola (SSB) Priangan. SSB Priangan berlatih setiap Kamis dan Minggu di Lapangan Rancabango.

SSB privat khusus kiper Goalkeeper Private Camp juga menggunakan lapangan ini untuk berlatih setiap Senin sore dan Sabtu siang. Untuk mendaftar SSB kiper ini, calon siswa perlu membayar biaya pendaftaran, mengisi formulir, dan menyediakan pas foto. Pelatihan terbagi menjadi tiga kelompok umur, yaitu kelompok usia 9-12, 13-17, dan di atas 18 tahun.

Akademi Garut United juga memiliki lapangan di Tarogong Kidul, tepatnya lapangan Olahraga SOR Merdeka Kerkof atau SOR Kerkhof. Lapangan ini berada di Jalan Guntur Melati Nomor 11, Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. SOR Kerhof juga menjadi lokasi latihan dari Goalkeeper Private Camp. SSB yang bermarkas di Tarogong Kidul adalah SSB VIC Pamong Praja. Salah satu SSB tertua di Garut ini bermarkas di Stadion Jayaraga, stadion tertua di kabupaten tersebut. SSB Jayaraga Football Club juga bermarkas di lapangan stadion tersebut.

SSB Hafizh juga bermarkas di daerah stadion tersebut, tepatnya Jalan Cimanuk Nomor 117, Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Dindin Daniala adalah manajer SSB Hafizh, dibantu mantan Persib Bandung Edi Hafid Murtadho. Keduanya dibantu Yudi Supriadi dan Husnul Pajri. SSB lain di Tarogong Kidul adalah SSB D Patriot. SSB ini berlatih di lapangan SSB yang beralamat di Jalan Terusan Pahlawan Belakang STKIP, Sukagalih, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Para siswa SSB DPatriot dilatih oleh tim pelatih yang dipimpin oleh Nunu Yanuar setiap Rabu, Jumat, dan Minggu.

STKIP merupakan kepanjangan dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut, suatu universitas yang kemudian berubah status menjadi Institut Pendidikan Indonesia (IPI). Selain bertempat di belakang STKIP, tempat latihan SSB D'Patriot juga berdekatan dengan salah satu kampus Uniga atau Universitas Garut. SSB Priangan juga memiliki tempat latihan di Tarogong Kidul. Setiap hari Selasa, SSB Priangan berlatih di Lapangan Sederhana Jaya Futsal di Haurpanggung.

SSB di Pangatikan yaitu SSB Satria Gemilang. SSB ini berlatih di Lapangan Centra Bakti Cihuni desa Cimaragas, Garut. Para siswa berlatih setiap Rabu, Jumat, dan Minggu. SSB di Pangatikan lainnya adalah SSB Putra Garut. SSB Putra Garut berlatih di Gelanggang Olahraga Koko Niti Mihardja atau Lapang koko Nitimiharja.

SSB di Cikajang antara lain SSB Sambada, SSB Samba, SSB Mandala, dan SSB Family. SSB Sambada berlatih di Lapangan Sepakbola Wirabakti, Cikandang, Cikajang. SSB Family atau SSB Famili bermarkas di Lapangan Batalyon Infanteri 303 Raider Setia Sampai Mati atau Lapangan Yonif Cibuluh. SSB Mandala Cikajang adalah SSB yang bermarkas di lapangan Stasiun Cikajang Padasuka. SSB ini juga memiliki tempat latihan lain di Lapang Sepak Bola Ibrahim Aji, lapangan dengan latar Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray.

Kota Penghasil Pemain Sepak Bola Profesional

Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat adalah penghasil pemain bintang. Ardi Ardiana adalah pemain asal SSB Satria Gemilang yang kemudian pindah ke ASAD 313 Purwakarta. Ardi Ardiana bergabung dengan Batavia FC untuk menjuarai Liga 3 2021 Zona DKI Jakarta dengan quattrick yang ia cetak.  Ardi pernah membela timnas Indonesia U-19 dan lolos seleksi Garuda Select di Inggris. Ardi juga pernah menjadi wakil top skor Elite Pro Academy Liga 1 U-18 2019 bersama Kalteng Putra.

Cikajang merupakan salah satu kawasan penghasil pemain sepakbola di Jawa Barat. Sebut saja Johan Juansyah, Rudi Geovani, Nova Zaenal, Zaenal Arif, Yandi Sofyan Munawar, hingga Dede Irawan,  Giman Nurjaman, Oded Sutarna, Nyanyang, Yaris Riyadi, Uut Kuswendi, dan Adeng Hudaya. Sebagian dari pemain tersebut sempat mengenyam SSB, namun sebagian lain berasal dari era sebelum menjamurnya SSB dan ditempa Lapangan Cikajang.

Zaenal Arif adalah pemain yang berasal dari Diklat Samba era 90-an. Striker kelahiran Garut, 3 Januari 1981, mengawali karir di Persigar Garut, hingga membela Persib Bandung, Persita Tangerang, Persisam Putra Samarinda, Persikabo Bogor, PSPS Pekanbaru, dan Madura United. Arif adalah salah satu pemain Cikajang yang pernah mengenyam timnas senior. Adik dari Zaenal Arif, Yandi Sofyan Munawar, merupakan pemain asli Cikajang yang dibesarkan SSB Saint Prima Bandung. Yandi merantau di Bandung untuk mengejar karirnya di dunia sepakbola. Zaenal dan Yandi merupakan keponakan dari Oded Sutarna.

Johan Juansyah adalah pemain asli Cikajang, Garut, yang lumayan melanglangbuana di Liga Indonesia. Johan merupakan putra dari Endang Soemantri, pendiri SSB Mandala Cikajang. Gelandang kelahiran Garut, 25 Oktober 1988, ini mengawali karir di SSB Mandala Cikajang, sebelum memperkuat Persigar Garut, Persib Bandung, Persijap Jepara, Persija Jakarta, Persikabo Bogor, Pelita Bandung Raya, Persiba Balikpapan. 

Johan Juansyah pernah merasakan sekali caps timnas Indonesia. Karir Johan selangkah lebih maju daripada adiknya Rudi Geovani. Rudi sempat digadang-gadang menjadi wonderkid Persib Bandung, namun ia tidak mampu berbicara banyak seperti kakaknya tersebut. Ana Supriatna adalah pemain eks SSB Mandala Cikajang yang dipolesk Persib Junior untuk kemudian merantau ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, untuk membela Barito Putera. Gelandang kelahiran Garut, 8 April 1990, kemudian berpindah ke Martapura FC. Ary Ahmad Syafari adalah alumnus SSB Mandala Putra Cikajang. Bek tengah kelahiran Garut, 17 Februari 1995, merupakan pemain muda potensial Diklat Persib Bandung. Ary kemudian membela Gresik United, 757 Kepri Jaya FC, dan Persiba Balikpapan.

Daftar Terbaik Klub dan SSB Terdekat di Garut
  1. Akademi Garut United
  2. Cikajang Raya FC
  3. SSB Putra Asgar
  4. SSB D'Patriot
  5. SSB VIC Pamong Praja
  6. SSB Hafizh
  7. SSB Satria Gemilang
  8. Goalkeeper Private Camp
  9. SSB Putra Garut
  10. SSB Priangan Rancabango
  11. SSB Jayaraga
  12. Diklat Samba
  13. SSB Samba Cikajang
  14. SSB Mandala Cikajang
  15. SSB Family Cikajang
  16. SSB Bina Taruna Cikajang
  17. SSB Sambada Cikajang
  18. SSB Tunas 2000

Scout Indonesia








Comments