Paradijs Van Java: SSB Terdekat di Kota Tahu Kabupaten Sumedang


 SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI DI KABUPATEN SUMEDANG JAWA BARAT

Sejarah sekolah sepakbola atau SSB terdekat di Kabupaten Sumedang diawali tahun 60 an. Kabupaten Sumedang memiliki julukan Paradijs van Java atau Surga dari Jawa, serta Kota Tahu. Kabupaten ini dikenal menjadi asal kuliner populer tahu sumedang. 

Klub kebanggaan Kabupaten Sumedang hadir tahun 1950. Perses Sumedang atau Persatuan Sepak bola Sumedang berdiri tanggal 30 Januari 1950. Klub yang bermarkas di Stadion Ahmad Yani ini sempat  berlaga di kompetisi Liga 3 Indonesia zona Jawa Barat dengan didukung kelompok suporter Insun Medal Fans Club.

Baru pada tahun 1963, salah satu klub legendaris di Sumedang bernama Putra Kujang didirikan. Klub ini memiliki SSB Putra Kujang. Tahun 1989, SSB Tandang didirikan dengan nama Pendidikan dan Latihan "Tandang" dipimpin oleh H. Ade Hidayat dan dibina oleh Encas Mahpudin. Tahun 2009, Jaenal Abidin mendirikan SSB Japar Sidik Darmaraja. SSB Japar Sidik memiliki klub senior bernama PSJS Darmaraja. Klub dan SSB inilah yang kemudian dikenal sebagai Cikeusi United dan SSB Cikeusi.

Tahun 2010, SSB Radar Taruna didirikan di desa Tolengas. Di tahun yang sama klub desa Cileles Jatinangor bernama Putra Purwana Mekar atau PPM atau Putra Mekarjaya FC didirikan. Tahun 2011, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) di Kabupaten Sumedang mendirikan Soccer GrassRoot Academy (SGRA) sebagai sarana corporate social responsibility (CSR) bagi masyarakat sekitar pabrik.

Tahun 2013, tepatnya tanggal 15 Februari 2013, SSB Putra Purwana Mekar atau PPM Jatinangor mulai berlatih. Dua hari setelahnya, tanggal 17 Februari 2013, klub seniornya Putra Mekarjaya FC bertanding dengan kesebalasan mantan pemain Persib Bandung dalam laga eksibisi dalam rangka launching SSB PPM. Sekitar bulan Juli 2018, SSB Arofa didirikan di Sumedang Selatan.

SSB BERDASAR WILAYAH

Kabupaten Sumedang terdiri dari 26 kecamatan. SSB Pikiran Rakyat adalah SSB yang bermarkas di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Jatinangor adalah lokasi dari kampus Universitas Padjajaran atau UNPAD. Selain itu, SSB Propelat Jatinangor juga berada di wilayah ini. 

Selain kedua SSB, SSB terdekat di Jatinangor adalah SSB Putra Purwana Mekar (PPM) Jatinangor. Para siswa SSB PPM berlatih setiap Selasa, Jumat, dan Minggu di Lapangan desa Cileles. SSB PPM menerima murid dari usia 6 hingga 15 tahun. Pendaftaran SSB PPM dapat dilakukan di sekretariat SSB di Jalan Cikuda - Nanggerang Kilometer 2 Cileles, Jatinangor, Sumedang. Pendaftar membayar biaya pendaftaran dan memperoleh jersey dan bola sepak.

SSB di Jatinangor lainnya adalah SSB Trio Jatinangor. SSB Trio berlatih di Lapangan Ciawi yang beralamat di Jalan Kolonel Ahmad Syam Nomor 48B, Cikeruh, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Para siswa SSB Trio dari kelompok usia 8-16 tahun berlatih setiap Senin, Rabu, dan Jumat di lapangan tersebut.

SSB yang berada di Kecamatan Sumedang Utara adalah SSB Tandang Sumedang. SSB ini bermarkas di Stadion Ahmad Yani yang beralamat di Jalan Ketib, Kotakaler, Sumedang Utara. SSB yang bermarkas di Kecamatan Sumedang Selatan adalah SSB Arofa. Tempat latihan SSB Arofa adalah Lapangan Landing Paralayang, Sawah Lega, Sumedang Selatan. SSB Arofa menerima siswa usia 6 hingga 12 tahun, baik putra dan putri. SSB ini berlatih setiap Rabu, Jumat, dan Minggu.

Selain SSB Arofa, SSB di Sumedang Selatan adalah SSB Tandang. SSB Tandang berlatih di Lapangan Bola Cigugur. Para siswa SSB Tandang berlatih di lapangan Sport Center Cigugur yang beralamat di Bebedahan, Kelurahan Kota Kulon, SSB Tandang berlatih setiap Rabu dan Minggu di lapangan tersebut.

SSB yang bermarkas di Cimalaka adalah SSB Bhatara Sumedang. SSB Bharata berlatih di Lapangan Boka, beralamat di Citimun, Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Selain itu, SSB yang berada di Cimalaka adalah SSB Mandala Cimalaka. SSB Mandala bermarkas di Lapangan Mandala. SSB yang bermarkas di kecamatan Tomo adalah SSB Radar Taruna. SSB ini berada di desa Tolengas, Tomo.

SSB yang berasal dari kecamatan Tanjungmedar adalah SSB Basis FC. Sekolah Sepakbola ini berada di lapangan desa Sidomukti, Tanjungmedar. SSB ini berlatih setiap Jumat dan Minggu di lapangan tersebut dan juga ada kegiatan ngaji bersama setiap bulan. SSB yang bermarkas di Kecamatan Tanjungsari adalah SSB Barracuda dan SSB Garuda Ambar Squad. SSB di Kecamatan Pamulihan adalah SSB Garuda Muda Cilembu.

SSB di Kecamatan Darmaraja adalah SSB Japar Sidik Darmaraja yang kemudian dikenal sebagai SSB Cikeusi. SSB Japar Sidik berlatih di Lapangan Cikeusi setiap Rabu dan Minggu untuk usia 8 hingga 16 tahun. SSB Japar Sidik dilatih oleh Jaenal Abidin, Budianto, Diwan Setiawan, dan Ato Mita. Cikeusi United atau SSB Cikeusi mencantumkan alamat latihan di Lapangan Parmasasmita.

SSB di Kecamatan Cimanggung adalah Soccer GrassRoot Academy (SGRA) milik Coca Cola Amatil Sumedang Plant. SSB ini berlatih di Jalan Rancaekek Kilometer 22 Nomor 21, Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. SGRA dilatih oleh Cecep Setia Muklis, pelatih yang pernah berlatih di Liga Primer Inggris bersama Arsenal, Manchester City, Portsmouth, dan Stoke City dengan sponsor perusahaan minuman tersebut.

PEMAIN SSB ASAL SUMEDANG JAWA BARAT

Dedy Kusnandar adalah pemain sepak bola profesional yang berasal dari Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Dedy Kusnandar adalah pemain kelahiran Sumedang, namun alih-alih ia berlatih di SSB sekitaran tempat tinggalnya Jatinangor, ia justru mendaftar di SSB UNI Bandung. SSB tersebut yang kemudian membawanya ke karir profesional.

DAFTAR SSB DAN KLUB DI SUMEDANG JAWA BARAT
  1. Perses Sumedang
  2. SSB Pikiran Rakyat Jatinangor
  3. SSB Bhatara 
  4. SSB Arofa
  5. SSB Tandang
  6. SSB Setia Muda
  7. SSB Bintang Timur
  8. SSB Basis
  9. SSB Andin 11 April
  10. SSB Radar Taruna Tolengas Tomo
  11. SSB Trio Jatinangor
  12. SSB Propelat Jatinangor
  13. SSB Putra Purwana Mekar (PPM)
  14. Putra Mekarjaya FC
  15. SSB AMK (Andien Mesta Komala)
  16. PS Andien Mesta Komala
  17. PS Bintang Tanjung Medal
  18. PS Cakra
  19. PS Dempo
  20. PS Mandala
  21. PS Mars
  22. PS Merpati
  23. PS Pata
  24. PS Puber Trio
  25. PS Puciko
  26. PS Putra Kujang
  27. PS Madukara
  28. PS Sahara FC
  29. PS Sidiq Jafar
  30. PS Sima Lodra FC
  31. PS Sukamukti
  32. PS Spartan
  33. PS Bina Putra Pamekar (PS BPP)
  34. Ranc FC
  35. PS Cibeureum
  36. SSB Barracuda
  37. SSB Arba Puspa
  38. SSB Garuda Cilembu
  39. SSB Mandala Cimalaka
  40. SSB Mars
  41. SSB Putra Kujang
  42. SSB Setia Muda
  43. SSB Japar Sidik Darmaraja
  44. SSB Garuda Ambar Squad
  45. Cikeusi United
  46. SSB Cikeusi
  47. PSJS Darmaraja
  48. O2SN Cimanggung
  49. Samba FC Tegalmanggung
  50. Soccer GrassRoot Academy (SGRA)
  51. GBA FC Tegalmanggung
  52. GMC Garut
  53. SSB Cikole
Sumber: Wikipedia, sidiqpamungkastaryanto.blogspot.com, eljabar.com, Instagram, Facebook, kabarpriangan.com, mediasumedang.blogspot.com, tribunnewswiki, ssbppm.blogspot.com, Kompasiana, Youtube, Tribun, kapol.id.




Scout Indonesia








Comments