Unik! Rintisan SSB asal Sukoharjo ini Terinsipirasi Game Point Blank

Sekolah Sepak Bola Putra Baki Sukoharjo adalah SSB yang beralamat di Jobayan RT 3 RW 1, Menuran, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah. SSB Putra Baki biasa disingkat PB, didirikan oleh Rakhmad pada tahun 2010. 

Nama PB dengan logo senapan agaknya merujuk pada permainan game shooter yang digandrungi remaja saat itu, bernama Point Blank. Point Blank sudah ada sejak tahun 2009, dirilis oleh Gemscool dan Zepetto.

Data ini diperoleh sekitar tahun 2012 dari Rakhmad, yang kerap disapa "Jojo". Data dikirimkan kepada Dr. Andika Sanjaya, S.IKom, M.Si, saat itu ketika mengembangkan situs Scout Indonesia.

SSB Putra Baki mencakup beberapa kelompok umur, mulai dari 1998-1999, 2000-2002, 2003-2004, dan seterusnya. Biaya pendidikan SSB Putra Baki yaitu Rp 1.000 setiap kali latihan.

Cara Mendaftar SSB Putra Baki di Sukoharjo

Ketika mendaftar SSB ini, siswa memperoleh jersey SSB Putra Baki. Untuk mendaftar SSB di Sukoharjo, Jawa Tengah, ini, siswa memiliki beberapa syarat dan ketentuan. Pertama, calon siswa harus memiliki sepatu sepakbola, mendaftarkan diri, dan giat berlatih.

SSB Putra Baki berlatih tiga kali seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu di Lapangan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Baki 2. Lapangan SMPN Baki 2 beralamat di Tegalrejo, Menuran, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.



Susunan keorganisasian SSB Putra Baki dipimpin oleh Rakhmad. Rakhmad memiliki pelindung bernama H. Sri Pomo, S.H. dan penasehat bernama Ali Sulistiyo. Rakhmad memiliki wakil pimpinan bernama Muhammad Mulyono Wibowo. 

Sri Yulianto dan Ristiawan Sadono menjabat sebagai manajer dan asisten manajer. Personil-personil tersebut dibantu oleh sekretaris bernama Surya dan bendahara bernama Bima. SSB ini didukung oleh Tri Handoko Putro, mantan pemain PSS Sleman dan Persis Solo.

Comments