Piala Rektor, Wujud Pengabdian UNS Kepada Masyarakat Indonesia


Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. H. Ravik Karsidi. M.S., sangat mendukung pembinaan usia dini di Indonesia. Hal tersebut diutarakan oleh Ravik pada hari terakhir Piala Rektor UNS, 31 Maret 2013, di Stadion UNS.

Rintisan Dosen

UNS memiliki pendidikan sepakbola untuk anak-anak bernama PSB Bonansa UNS. Menurut sosok kelahiran Sragen, 7 Juli 1957, pada awalnya, PSB Bonansa UNS dirintis oleh Drs. Soekatamsi.

Ravik menjelaskan, Drs. Soekatamsi merupakan Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK) di UNS. "Pak Katamsi dan ibu adalah dosen di jurusan olahraga kami, yang sangat setia, tapi Pak Katamsi sudah almarhum," lanjut sosok yang memperoleh gelar Sarjana di UNS tahun 1980.

Meskipun demikian, istri dari Soekatamsi, Dra. Srihati Waryati, melanjutkan estafet rintisan PSB Bonansa UNS. Srihati Waryati juga merupakan dosen luar biasa di FKIP JPOK UNS yang menjabat Direktur PSB Bonansa UNS.

Selain itu, dalam sistem pembinaannya, PSB Bonansa UNS juga didukung oleh dosen-dosen muda dari UNS. Oleh karena itu, Rektor UNS mengapresiasi kelangsungan PSB Bonansa UNS.

Menuju Nasional

Setiap tahunnya, UNS bersama PSB Bonansa UNS melangsungkan turnamen Piala Rektor UNS. Hingga tahun 2013, Piala Rektor UNS sudah digelar sejumlah empat kali.

Untuk tahun ini, Piala Rektor UNS mengundang tim-tim tangguh yang datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa. "Ke depan, harapan kami bukan hanya se-Jawa, tapi nasional," jelas pria yang berdomisili di Karanganyar ini.

Penyelenggaraan Piala Rektor UNS diharapkan dapat menseleksi bibit-bibit unggul, khususnya dalam sepakbola. Karena bibit-bibit unggul tersebut adalah penopang persepakbolaan di Indonesia.

Para pemain yang berasal dari kelompok usia 14 dan 16 tahun adalah penyumbang penting bagi PSSI dan tim nasional. "Harapan kami bagi PSSI dan timnas, yang selama ini belum pernah menang secara internasional," lanjut sosok yang pernah mengikuti pendidikan tambahan di Universitas Iowa, Amerika Serikat.

Meskipun demikian, rasa optimisme Ravik Karsidi mulai timbul sejak laga timnas melawan Arab Saudi akhir Maret lalu. Meski kalah dengan skor 1-2, namun menurutnya permainan timnas sudah lumayan bagus.

Dies Natalis

Selain kepada PSB Bonansa UNS, Ravik juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung program Dies Natalis UNS ke-37. Ravik berterima kasih kepada Ketua Dies Natalis UNS ke-37, Prof. Dr. Bambang Pujiasmanto M.S, bersama jajaran panitia yang telah mensukseskan seluruh agenda, termasuk Piala Rektor UNS.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UNS dan Ketua Dies Natalis UNS turun langsung dalam penyerahan trofi Piala Rektor UNS. "Semoga sumbangan kecil ini kedepan menjadi pengabdian UNS untuk bangsa, khususnya sepakbola nasional kita," tutup pakar sosiologi pendidikan.


Artikel Situs Scout Indonesia, Indonesian Youth Football Publishing Movement, 7 April 2013. Ditulis oleh Andika Sanjaya.


Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment