Go Green dan Apresiasi Alumni Universitas Sebelas Maret

Turnamen SSB Piala Rektor merupakan salah satu agenda Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) ke-37. Turnamen SSB se-Jawa tersebut digelar pada tanggal 30-31 Maret 2013, di Stadion UNS.

Ketua Panitia Dies Natalis UNS ke-37, Prof. Dr. Bambang Pujiasmanto M.S, menjelaskan tentang program tahunan universitas yang terletak di Jl. Ir. Sutami 36A, Surakarta. Dies Natalis kali ini bertemakan "Akselerasi Internasionalisasi Melalui Pemberdayaan Keunggulan UNS."

Ragam Kegiatan

Menurut Dekan Fakultas Pertanian UNS tersebut, berbagai macam kegiatan diselenggarakan untuk menyemarakkan Dies Natalis ke-37. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan ilmiah dan pameran, olahraga dan seni budaya, pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan seremonial.

Dies Natalis UNS ke-37 disebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Ada apresiasi terhadap para alumni berprestasi, ada concern kita terhadap lingkungan," ujar Bambang yang ditemui 21 Februari di ruangnya.

Hal menarik lainnya dalam Dies Natalis kali ini yakni acara mancing bersama di danau UNS. Danau yang terletak di dekat Fakultas Pertanian UNS ini dulunya terlihat kumuh, namun sekarang telah diperbaiki.

Tanggal 9 Maret 2013, UNS mengadakan acara jalan santai dengan menikmati suasana danau yang telah direhab. "Sebelumnya sudah ada, tetapi dengan cara alami," lanjut Bambang.

UNS Solo mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Solo. UNS menggalakkan penghijauan Bengawan Solo dan revitalisasi Kali Pepe.

Go Green

Menurut Bambang, kepedulian terhadap lingkungan memiliki keterkaitan erat dengan visi internasionalisasi UNS. "Di tingkat dunia, kita harus peduli terhadap lingkungan, karena memang ada krisis lingkungan," ujar Bambang.

Lebih khusus, UNS Solo juga peduli terhadap krisis pangan dan energi. Hal ini diwujudkan dengan persemian Institute of Water, Structure and Renewable Energy (IWSrE) pada puncak acara tanggal 11 Maret 2013.

Terkait dengan itu, UNS Solo mendatangkan pihak dari Kedutaan Jerman untuk bekerjasama dalam pembentukan institut yang menangani air dan energi yang terbarukan. Selain itu, beberapa event terkait pangan telah dilaksanakan, berupa seminar-seminar, baik bertaraf nasional maupun internasional.

UNS Solo juga peduli terhadap biodiversitas. Menurut akademisi bergelar profesor ini, plasma nutfah Indonesia disinyalir semakin berkurang. "Padahal di dunia, plasma nutfah kita terbesar setelah Brazilia," jelas Bambang.

Seni Budaya dan Olahraga

Untuk seni budaya, UNS Solo menggelar acara-acara pelestarian seni budaya. Seni budaya yang diangkat semisal Reog Ponorogo, dolanan anak, tari, batik, wayang kulit, hingga ketoprak.

Pada Dies Natalis kali ini, UNS Solo mempertandingkan beranekaragam cabang olahraga. Cabang olahraga tersebut antara lain tenis lapangan, futsal, bulutangkis, tenis meja, basket, bela diri, dan sepakbola.

Turnamen "Solo Medical Cup" mempertandingkan tim-tim basket mahasiswa kedokteran di Indonesia digelar tanggal 4-10 Februari 2013 di GOR UNS dan GOR Sritex Arena, Solo. Sedangkan, "Pertandingan Bela Diri INKAI UNS" digelar tanggal 23-24 Maret 2013 di GOR Sritex Arena, Solo.

Tanggal 10 Maret 2013, UNS Solo menyelenggarakan acara tahunan "Lomba Lari UNS 11 K". Lomba lari maraton ini nantinya diikuti peserta dari dalam maupun dari luar negeri. Banyak mahasiswa asing dari program pasca sarjana yang mengikuti lomba ini.

Penghargaan Alumni

Tahun ini, UNS Solo berkomitmen memberikan apresiasi terhadap para alumni dari berbagai bidang ilmu. Mereka berasal dari berbagai fakultas, mulai dari Fakultas Ekonomi, Pertanian, Kedokteran, Sastra dan Seni Rupa, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Hukum, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Teknik.

UNS Solo mendatangkan para alumni untuk menunjukkan penghargaan atas keberhasilan mereka di masyarakat. Kriteria-kriteria alumni berprestasi tersebut antara lain kepedulian terhadap lingkungan, ketokohan di masyarakat, dan kejujuran.

Kriteria kejujuran sangat penting dalam penilaian. Oleh karena itu, UNS tidak akan menghadirkan alumni yang pernah atau disinyalir pernah melakukan tindak korupsi.

Bambang berharap para alumni tersebut dapat menjadi contoh bagi para mahasiswa yang belum lulus, maupun alumni baru. "Mereka dapat mencontoh dan meneladani para kakak-kakak kelasnya yang dahulu lulus, dan berperan di masyarakat luas," tutup Bambang.

Artikel Situs Scout Indonesia, Indonesian Youth Football Publishing Movement, 5 Maret 2013. Ditulis oleh Andika Sanjaya.

Comments