SSB GOR Ragunan Jaksel



Sekolah Sepakbola GOR Ragunan adalah SSB di Jakarta Selatan yang berdiri pada tanggal 8 Januari 1996. SSB berjuluk "Macan Ragunan" ini didirikan oleh Muhammad Yunus. SSB GOR Ragunan beralamat di Jalan Harsono RM, Gelanggang Olahraga Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. 

Data ini diperoleh melalui pengisian data oleh SSB GOR Ragunan yang dihimpun oleh Dr. Andika Sanjaya dan Scout Indonesia sekitar tahun 2012. Oleh karena itu, mohon koreksinya jika ada perubahan. Menurut informasi terbaru, SSB GOR Ragunan sudah berganti nama menjadi SSB Bintang Ragunan pada bulan Februari 2014 karena pemisahan manajemen dengan pengelola GOR Ragunan.

SSB GOR Ragunan memiliki filosofi "Kerjasama, Pantang menyerah, Mandiri, Disiplin, Sportif, Prestasi". Visi GOR Ragunan adalah mengembangkan bakat anak-anak dalam dunia sepakbola untuk menjadi pemain sepakbola yang mandiri, disiplin, sportif, prestasi. Misi SSB GOR Ragunan adalah Mengarahkan bakat dan minat anak-anak sejak usia dini untuk lebih mengenal dunia sepakbola.

SSB GOR Ragunan pernah menjuarai Perwakilan Tim Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan 2011. SSB ini juga pernah menjadi runner up Danone Nations Cup tingkat DKI Jakarta tahun 2012. Siswa SSB ini juga pernah terpilih untuk mewakili tim DKI Jakarta dalam Piala Medco Bandung, Jawa Barat. SSB GOR Ragunan juga pernah menjuarai Festival Sepakbola U-10 2011 yang diadakan JNE di Lapangan ABC, Senayan. SSB ini menaklukkan Jakarta Football Academy (JFA) dalam turnamen yang diikuti SSB dari DKI Jakarta, Bandung, dan Cilegon.

Kenaikan Jumlah Anak Didik

Menurut data jumlah anak didik, SSB GOR Ragunan pada bulan Februari 2011 mencapai 206 siswa. Bulan Mei 2011, terjadi peningkatan hingga 222, disusul 263 dan 270 pada bulan Juni dan Juli 2011. Bulan Oktober 2011, sebanyak lima siswa baru bergabung. Angka tersebut terus naik, dari bulan November 2011 (283), Desember 2011, (292), hingga Januari 2012 (338).

Tujuan SSB GOR Ragunan adalah pembinaan prestasi sejak dini. Untuk kurikulum, SSB ini menyasar siswa pemula. Para siswa dididik mengenal teknik dasar sepakbola yang benar dan terarah. Bagi yang berprestasi dan yatim piatu, SSB ini menyediakan beasiswa berupa bantuan biaya keikutsertaan.

Susunan Keorganisasian SSB GOR Ragunan diawali oleh Sukamto sebagai pelindung. Bambang Suprianto menjadi penasehat bagi M. Yunus yang menjadi pimpinan sekolah. Yunus dibantu Sahid yang menjabat sebagai wakil pimpinan. Daniel P memegang posisi manajer dibantu Joshua sebagai asisten, serta Rahwamati dan Iskandar sebagai sekretaris dan bendahara. 

M. Yunus juga mengembangkan sport science bersama Indra Wahyudi, Agus, Abu Bakar, Sidik, dan Aep Supriatna. SSB GOR Ragunan juga memiliki humas (Suhandi), dokumentasi (Joshua), perlengkapan (Minan), medis (Indra Wahyudi), pengelola situs (Joshua), pembinaan (M. Yunus), scouting (Dede), dan marketing (Ida).

Susunan Kepelatihan

Pelatih kepala SSB GOR Ragunan dipegang oleh M. Yunus, pria kelahiran Jakarta, tanggal 8 Januari 1962, dengan lisensi kepelatihan Youth. Ia dibantu pelatih dengan lisensi D Nasional Wahyudi, kelahiran Bandung, 26 Februari 1970. Sidik, kelahiran Jakarta 29 Maret 1959 juga memegang lisensi D, begitupula Abu Bakar, kelahiran Jakarta, 15 Oktober 1973. 

Pelatih kelahiran Bandung, 19 Agustus 1974, Aep Supriatna juga membantu pendidikan siswa SSB GOR Ragunan. Agus, pelatih kelahiran 10 Agustus 1985, melengkapi daftar pelatih SSB GOR Ragunan dengan mengkhususkan pada pelatih kiper. 

SSB GOR Ragunan mencakup jenjang umur siswa sejak enam tahun hingga 18 tahun. Pada tahun 2012, biaya pendidikan SSB ini sekitar Rp 50.000 per bulan. Pendaftar memperoleh fasilitas pendaftaran berupa jersey, jaket, dan kaos kaki. Syarat dan ketentuan untuk cara mendaftar SSB GOR Ragunan antara lain akta kelahiran, kartu keluarga, biodata rapor, dan pas foto ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar.

SSB GOR Ragunan berlatih setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Untuk hari Selasa dan Kamis, latihan pagi pukul 07.00-09.00 WIB dan sore pukul 14.00-15.30 WIB. Siswa yang berlatih hari Minggu datang pada pukul 09.00 WIB dan latihan berakhir pada pukul 14.00 WIB.


Comments