Foto Bersejarah Stadion Universitas Sebelas Maret

bola, stadion, uns, tribun
Hampir dipastikan seluruh civitas akademika Universitas Sebelas Maret pasti tahu akan sejarah keberadaan stadion UNS ini. Stadion UNS terletak di bagian belakang kampus negeri di Kota Solo ini. 

Foto ini diambil sepuluh tahun lalu, sekitar tahun 2010-an. Era sebelum stadion yang kini megah ini menjadi tempat latihan klub Persis Solo.

Stadion yang cukup luas dengan dua tribun. Tribun barat sudah memiliki atap yang pastinya menambah kenyamanan para penonton. Pada tribun ini, terik matahari dan derasnya hujan bukan lagi menjadi halangan bagi para penonton untuk menyaksikan sepakbola. 

Namun, sangat disayangkan ketika tribun timur masih berupa tempat duduk yang sama sekali tidak rimbun. Suatu hal yang dapat dipastikan ialah para penonton akan jauh lebih memilih untuk duduk di tribun barat daripada tribun timur. 

Di balik semua itu, ada sebuah sudut pandang atau tempat menyaksikan yang menawarkan sensasi berbeda daripada kedua tribun tadi. Para penghuni Graha UKM, sebutan bagi markas para peserta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), kemungkinan besar pernah sekedar berhenti sejenak pada tempat ini. Tetapi, bagi para mahasiswa yang belum pernah sekalipun mengunjungi Graha UKM mungkin akan mengernyitkan dahi akan keberadaan tempat ini. 

Tempat ini terletak pada balkon paling atas bagian tenggara dari Graha UKM, balkon lantai tiga. Balkon lantai tiga dapat dicapai dengan menaiki tangga ke lantai ketiga dan dilanjutkan berjalan lurus ke pojok tenggara, melewati toilet. 

Pemandangan pepohonan sekitar Graha UKM, jalan belakang UNS, maupun stadion terlihat cukup jelas. Pada posisi ini kita bisa menyaksikan selayaknya berada pada tribun atas stadion-stadion ternama. Walaupun tempat yang strategis, namun pada posisi ini cukup menakutkan dan beresiko, apalagi bagi yang takut ketinggian. 

Ketidakberadaan kursi membuat kita harus berdiri di balkon dan beberapa orang kadang duduk di pinggiran balkon yang cukup berbahaya. Tetapi di balik kedua sisi tersebut, menonton pada tempat ini tetaplah asyik dan sudah sewajarnya kita berhati-hati. Belum lagi, seupama stadion UNS di masa yang akan datang lebih maju dan digunakan untuk menggelar even-even sepakbola tingkat nasional, maka tempat ini dapat menjadi pilihan

Comments