Ragam Lomba Ramaikan Dies Natalis UNS Surakarta

Dalam rangka Dies Natalis ke-37, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan banyak lomba. Bidang olahraga dan seni budaya mendapat perhatian khusus dalam Dies Natalis kampus negeri di Solo kali ini.

Beragam Lomba

Ketua Bidang Kegiatan Olahraga dan Seni Budaya, Drs. Riyadi Santosa,M.Ed, Ph.D, menyebutkan ada 23 macam lomba untuk kedua bidang tersebut. Hal tersebut diutarakan oleh Dekan Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS di ruangnya pada tanggal 28 Februari 2013.

UNS Solo berusaha merangkum dan mencakup keseluruhan lomba bidang olahraga. "Termasuk di dalamnya ada tenis, futsal, badminton, tenis meja, lari 11K, dan lomba INKAI," ujar akademisi asal jurusan Sastra Inggris ini.

Lomba Lari UNS 11K dan pertandingan bela diri INKAI merupakan lomba tingkat nasional. Bahkan, di tahun-tahun sebelumnya hingga mencakup tingkat internasional.

Agenda Baru

Riyadi menjelaskan bahwa untuk tahun ini, UNS Solo memunculkan sebuah agenda baru untuk menyemarakkan Dies Natalis UNS ke-37. Agenda tersebut adalah turnamen sepakbola Piala Rektor UNS 2013 yang diselenggarakan PSB Bonansa UNS.

Turnamen SSB Piala Rektor UNS ini diusahakan digelar untuk menggugah minat dan bakat masyarakat Surakarta dan sekitarnya. Turnamen tersebut diselenggarakan pada tanggal 30-31 Maret 2013 di Stadion UNS, Solo.

Stadion UNS saat ini sudah direnovasi dengan menambahkan lintasan atletik tartan. Renovasi ini menjadikan stadion ini mulai diperhitungkan sebagai stadion berstandar internasional.

Kegiatan lomba sepakbola anak ini diharapkan sebagai wujdu partisipasi untuk membantu masyarakat dan meningkatkan minat dan bakat olahraga. "Kami persilahkan masyarakat luas, terutama yang memiliki anak-anak dan lub sepakbola di Surakarta dan sekitarnya untuk bergabung," lanjut Riyadi.

Melalui Piala Rektor UNS 2013, UNS Solo diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan bakat dan minat anak-anak terhadap sepakbola. Turnamen ini diharapkan dapat membawa manfaat untuk persepakbolaan usia dini di Indonesia.


Artikel Situs Scout Indonesia, Indonesian Youth Football Publishing Movement, 13 Maret 2013. Ditulis oleh Andika Sanjaya.


Comments