Stadion Manahan di Kota Solo

Google Alasroban

  


INFORMASI DASAR

Klub yang Bermarkas : 

  1. Persis Solo

Sejarah Singkat: Stadion Manahan dibangun pada tahun 1989 di atas lahan seluas 170.000 meter persegi dan total luas bangunan 33.300 meter persegi. Stadion ini secara resmi dibuka pada 21 Februari 1998 oleh Presiden Soeharto.

Di Surakarta, Stadion Manahan adalah stadion serbaguna untuk penduduk kota dan para pengunjung. Stadion Manahan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2011, acara olahraga untuk penyandang cacat terbesar di Asia Tenggara. Stadion ini resmi dibuka pada 21 Februari 1998. Saat ini, banyak digunakan untuk pertandingan sepak bola dan berfungsi sebagai stadion kandang Persis Solo.

Tentang Stadion: Warga Surakarta cukup bangga dengan stadion kandangnya, Stadion Manahan. Stadion ini untuk Persis Solo dan semua penggemar setianya. Renovasi menjadikan stadion ini tempat yang fantastis untuk standar internasional dari Solo, Indonesia.

Dengan reputasi dan fasilitas kelas dunia, stadion ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Masyarakat Solo sangat senang memiliki stadion ini. Stadion ini memiliki fasilitas yang sangat baik dan lingkungan yang menyenangkan di sekitarnya. 

Jika dilihat dari segi geografis, Stadion Manahan di Solo berada pada posisi yang sangat menguntungkan. Dengan lokasinya yang megah di jantung pusat kota, dekat dengan bandara, hotel, jalan raya, dan pusat ritel, Stadion Manahan telah memantapkan dirinya sebagai salah satu tempat paling simbolis dalam penyelenggaraan acara olahraga dalam skala nasional dan dunia. 

Stadion ini terletak di jantung kota Solo, yaitu di Jalan Adi Sucipto, Manahan, Banjarsari, Solo, dan dapat diakses dengan kendaraan umum. Bandara Internasional Adisumarmo terletak 9 kilometer jauhnya dari tempat ini.

Stadion ini mengalami renovasi besar-besaran pada bulan September 2019. Direncanakan disulap menjadi miniatur Stadion Gelora Bung Karno setelah dipugar. Jumlah penonton ditingkatkan hingga 20.000. Stadion ini memiliki sistem pencahayaan siaran konvensional dengan kisaran 2200 hingga 2400 lux, yang dipasang di seluruh stadion.

Dengan dibangunnya gedung dan arsitektur baru, ini sepadan dengan usaha. Stadion ini memiliki kapasitas 20.000 kursi, jauh lebih banyak dari sebelumnya. Apalagi desain renovasi mereka dengan memberi kesan bahwa itu adalah pola batik. Motifnya disebut sebagai "Batik Kawung". Setelah direstorasi, stadion ini ditingkatkan statusnya menjadi salah satu stadion terpenting di Indonesia. Salah satu venue yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia U-20 FIFA 2021.

Jika Anda sedang mencari tempat untuk berolahraga, ini adalah lokasi yang saya sarankan Anda coba. Bawa mereka satu per satu, dimulai dengan harga tiket rendah, yang terutama berlaku jika Anda menggunakan akses pejalan kaki gratis ke stadion untuk memulai. Kemudian pilih lokasi yang mudah dijangkau dan terlihat dari sisi jalan raya. 

Anda dapat memarkir mobil Anda di sekitar tempat parkir. Kita dapat menemukan makanan favorit, terutama penjual makanan jalanan dari siang hingga tengah malam. Mereka siap melayani kita dan tentu saja dengan harga yang wajar.

Lokasi ini sangat ideal bagi mereka yang menyukai olahraga. Mereka diberi akses ke gym, semacam instruksi kung fu, dan lintasan lari. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai. Makanan, pakaian, minuman, dan berbagai barang lainnya dijual oleh sejumlah besar vendor. Biayanya masuk akal. Itu akan selalu menjadi lokasi favorit untuk berlari dan menghabiskan uang untuk makan di luar dan hiburan.

Kapasitas Penonton : 20.000

Venue Event :


ALAMAT

Alamat : Jl. Adi Sucipto No.1, Manahan

Kecamatan : Banjarsari

Kabupaten / Kota : Surakarta

Provinsi : Jawa Tengah

Kode Pos : 57139

Global Positioning System (GPS)


INFORMASI PEMBANGUNAN

Tanggal Peletakan Batu Pertama : 1989

Tanggal Peresmian : 21 Februari 1998

Tokoh Peresmian : Presiden Soeharto

Tahun Renovasi : September 2019

Biaya Pembangunan Stadion :

Deskripsi Desain : Desain mirip Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Ciri Khas : Desain luar stadion menggunakan motif Batik Kawung, motif mirip buah kawung (kelapa),  aren, atau bunga lotus disusun secara geometris. Batik ini bermakna kesempurnaan, kemurnian dan kesucian.


FASILITAS

Lapangan Besar Outdoor

(Ukuran panjang: 90-120 meter, lebar 45-90 meter)

  • Jumlah :
  • Sertifikasi :

Lapangan Kecil Outdoor

    (Ukuran panjang: dibawah 90 meter, lebar dibawah 45 meter)

      • Jumlah :
      • Sertifikasi :

      Lapangan Indoor

      • Jumlah :
      • Sertifikasi :

      Tribun

      • Tribun VIP
      • Tribun Tertutup
      • Tribun Terbuka
      • Non Tribun

      Floodlights (lux) : 2,200 - 2.400 lux

      Lintasan Atletik : Standar Internasional

      Pembatas Antar Tribun : Ada

      Ruang Ganti Pemain : Ada

      Fitness Centre / Gym :

      Asrama :

      Lecture Room (Ruang Kelas) :

      Ruang Penyimpanan Peralatan :

      Ruang Serbaguna / Meeting Room :

      Mushola :

      Kantin :

      Toilet Umum :

      Galeri Trofi :



      FOTO

      SP Aerial Google

      Rasyid Ardiansyah Google


      VIDEO



      Comments