SSB Bina Taruna Rawamangun

Google

SSB Bina Taruna Rawamangun adalah salah satu sekolah sepak bola di Provinsi DKI Jakarta. SSB ini terletak di Jakarta Timur, tepatnya di kecamatan Pulo Gadung. Klub yang bermarkas di wilayah ini adalah Persija Jakarta. SSB ini memiliki homebase di Stadion Bea Cukai Rawamangun. 

SSB yang berdiri pada tahun 1980 ini dikenal oleh figur Said Rusli. Said Rusli adalah pendiri SSB Bina Taruna. Said Rusli merupakan Ketua Pengurus Daerah DKI Jakarta pada periode 80-an yang meninggal pada tahun 2009. Beliau memimpin Bina Taruna pada periode awal 80-an hingga tahun 1993, suatu klub yang didukung Bea Cukai. 

SSB yang bermarkas di Jalan Bojana ini pernah memenangi Kejuaraan Nasional Antar Klub Amatir Indonesia 1985 dan mewakili Indonesia pada Merlion Cup 1986 di Singapura Nama Fachri Husaini merupakan mantan pemain Bina Taruna ini. Sekitar 500 siswa terdaftar di SSB Bina Taruna dan mereka berlatih hampir setiap hari. Untuk menuju ke stadion yang menjadi markas SSB Bina Taruna, lokasinya ada di sekitar Kantor Pusat Bea dan Cukai.

Sejarah SSB Bina Taruna berawal dari klub Bina Taruna yang menjadi wadah perkempulan sepakbola para pegawai Bea Cukai. Awalnya, SSB Bina Taruna bernama Remtar Jaya. Figur lokal bernama Bawono, dibantu Said Rusli, saat itu menyediakan wadah berolahraga untuk mengisi waktu luang. Saat itu era 1970-an, kawasan Jakarta Timur menghadapi permasalahan penggunaan obat terlarang dan minuman keras di kalangan para remaja. 

Klub Bina Taruna didirikan pada tahun 1973 untuk memfasilitasi hal tersebut. Bukan hanya sepak bola, namun Bina Taruna juga mewadahi cabang olahraga lainnnya. Bawono kemudian meninggalkan kepengurusan, hanya meninggalkan Said Rusli.

Seiring waktu, Said Rusli membuka keanggotaan Bina Taruna kepada masyarakat umum. Pengembangan Bina Taruna memunculkan figur-figur pengubah seperti Muhammad Zein Burhan, GH Sutedjo, dan Hendra Prasmono pada era 90-an. Figur bernama Muhammad Zein Burhan, yang bersama Said Rusli membesarkan perkumpulan olahraga Bina Taruna. Muhammad Zein dikenal sebagai mantan manajer timnas dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tahun 2003-2007. Zein merupakan penggagas tim Persija Timur bersama Jenderal TNI Angkatan Darat (purn) Agum Gumelar. Zein meninggal pada bulan Juli 2021. 

GH Sutedjo pernah menjadi pembina Bina Taruna sekaligus Ketua Pengcab PSSI Jakarta Timur. Bambang Setiawan dan Ponirin Meka pada saat itu tergabung dalam kepengurusan. Mayoritas kepengurusan berasal dari pegawai Bea Cukai dan purnawirawan. Nama-nama seperti Eddy Sudarnoto dan Pracoyo adalah figur-figur yang membantu mengembangkan SSB ini.

SSB Bina Taruna tidak hanya menyasar pemain anak, namun juga mereka yang berusia di atas 15 tahun. Awal Februari 2015, Bina Taruna membentuk Akademi, didorong oleh Suko Wibowo. Selain Fachri Husaini, SSB Bina Taruna juga dikenal melahirkan Ismed Sofyan, Ferry Rotinsulu, dan Kurnia Sandi.


INFORMASI DASAR

Tahun Berdiri :  1980

Pendiri : Said Rusli

Figur : Said Rusli, Muhammad Zein, Dava Aldiansyah, M. Daffa Baihaqi, M. Daffa Karunia, Rizki PS, Rizky Aprilia Wibisono, Riza Alvin, Sutan Diego Armando Ondriano Zico, Muhammad Reza Alfariz

Homebase : Stadion Bea Cukai Rawamangun

Alamat Sekretariat : Jalan Bojana Tirta Raya Rawamangun, Pisangan Timur

Kecamatan : Pola Gadung

Kabupaten / Kota : Jakarta Timur

Provinsi : DKI Jakarta

Kode Pos : 13230

Global Positioning System (GPS)



LOGO




FOTO


Sumber: Google


VIDEO


Comments