SSB Jakarta North City

 

Facebook SSB JNC

SSB Jakarta North City atau SSB JNC adalah salah satu sekolah sepak bola di Provinsi DKI Jakarta. SSB ini terletak di Jakarta Utara, tepatnya di kecamatan Koja. Klub yang bermarkas di wilayah ini adalah Persija Jakarta dan Persitara Jakarta Utara. SSB ini memiliki homebase di Stadion Rawa Badak. SSB Jakarta North City berlatih setiap Senin, Rabu, dan Jumat sore di stadion ini. 

SSB yang berdiri pada tahun 2010 ini dikenal oleh keberadaan figur Halim Mualim. Beliau adalah pemilik dan pemegang saham klub Jakarta North City. Halim Mualim mengurus SSB ini bersama istrinya Nurhayati. Perpindahan pemilik ini terjadi pada tahun 2008. 

Sebelumnya, klub ini bernama SSB La Rose yang berdiri pada tanggal 27 April 1995. Pendirian SSB La Rose dulunya juga identik dengan nama "Rose". La Rose adalah julukan dari Jenny Mercelina Laloan, salah satu penulis ternama di Indonesia. Jenny lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, tahun 1933, dan tumbuh remaja di Manado Sulawesi Utara. 

Jenny dulunya menjadi penulis tetap majalah Kartini dan Asri, novelis, serta novelis dengan karya-karya seperti Wajah-Wajah Cinta, Chairiah, Jalan yang Sepi, Kebenaran di Balik Kenyataan, dan Benang Kusut.

Pendiri yayasan La Rose inilah yang mendirikan SSB La Rose. Dahulunya, SSB La Rose didirikan oleh Dana Suparta, Maranatha, Robby Robbiana, dan Yacoub CR. Halim Mualim pada saat itu menjadi pelatih kepala.  SSB La Rose dulu bermarkas di Jl. Raya Pelabuhan Tanjung Periok, Lorong 5, Jakarta Utara.

Tahun 2007, pendiri bernama Rose tersebut meninggal dunia dan pengelolaan SSB berpindah ke Halim Mualim. Tahun 2010, SSB La Rose berubah nama menjadi SSB Jakarta North City. SSB ini memiliki akun Instagram yang aktif beralamat di ssbjakartanorthcity.

Ada empat pemain SSB yang berjulukan The North King Mania yang sempat dipanggil dalam tim elite Ligana U-12 pada tahun 2012. Mereka diproyeksikan sebagai calon pemain timnas U-14 Indonesia. Ahmad Raihan, Tri Wibowo, Nandi, dan Agung Permana adalah nama-nama tersebut. 

Ahmad Raihan menunjukkan potensinya ketika masuk dalam daftar delapan nama yang lolos seleksi Pertamina Soccer Star (PSS) 2015 yang mewakili DKI Jakarta untuk mengejar kesempatan berlatih di Akademi AC Milan. 

Seleksi DKI Jakarta tersebut melibatkan 770 anak dan dikerucutkan beberapa kali hingga terpilih delapan. Ahmad Raihan bergabung dalam seleksi enam kota, yaitu Jakarta, Makassar, Palembang, Jayapura, Surabaya, dan Balikpapan, untuk disaring hanya empat anak yang berangkat ke Milan. Meskipun tidak ada informasi bahwa ia lolos, namun pencapaian tersebut merupakan suatu prestasi luar biasa.

SSB Jakarta North City pada tahun 2012, menduduki peringkat ke-11 klasemen Liga Kompas Gramedia U-14. SSB ini pada kompetisi yang sama tahun 2013 memperoleh peringkat 12 klasemen. Pada babak penyisihan Liga Top Skor 2013, SSB Jakarta North City menang atas SSB Indonesia Muda dan SSB Bintang Kranggan, namun kalah dari SSB Sascwo Bandung. 

Hasil ini membuat JNC lolos ke babak enam belas besar, menang melawan SSB Irpas Soccer. Perjuangan pemain SSB JNC harus terhenti di babak delapan besar setelah takluk dari SSB Cibubur Soccer Club atau SSB CSC, sekarang disebut SSB Satharlan FC. Soccer One memupus perjuangan anak-anak SSB JNC setelah mengalahkan mereka dalam drama adu penalti pada babak perebutan tempat ketiga.


INFORMASI DASAR

Tahun Berdiri : 2010    

Pendiri : Halim Mualim

Figur : Halim Mualim, Ahmad Raihan

Homebase : Stadion Rawa Badak

Alamat Sekretariat : Jalan Rawa Badak, RT 8 RW 5, Rawabadak Selatan

Kecamatan : Koja

Kabupaten / Kota : Jakarta Utara 

Provinsi : DKI Jakarta

Kode Pos : 14230

Global Positioning System (GPS)



LOGO

Instagram ssbjakartanorthcity

Facebook SSB La Rose


FOTO



Facebook SSB JNC


VIDEO

Comments