Daftar Sejarah Klub Sepakbola Tertua di Afrika Selatan


Emmanuel Olatunji


Bidvest Wits

Klub tertua di Afrika Selatan dipegang ole Bidvest Wits. Bidvest Wits adalah sebuah klub yang berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1922. Bidvest Wits bermarkas di Bidvest Stadium, sebuah stadion yang terletak di Johannesburg. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 5,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut The Clever Boys, The Students. BID merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Bidvest Wits bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Gavin Hunt.

AmaZulu

AmaZulu adalah sebuah klub yang berasal dari Durban, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1932. AmaZulu bermarkas di Moses Mabhida, sebuah stadion yang terletak di Durban. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 54,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Usuthu. AMA merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, AmaZulu bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Craig Rosslee.

Mpumalanga Black Aces

Mpumalanga Black Aces adalah sebuah klub yang berasal dari Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1937. Mpumalanga Black Aces bermarkas di Themba Sinamela. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 10,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Mpumalanga. MBA merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Mpumalanga Black Aces bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Clive Barker.

Orlando Pirates

Orlando Pirates adalah sebuah klub yang berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1937. Orlando Pirates bermarkas di Ellis Park, sebuah stadion yang terletak di Johannesburg. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 60,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Buccaneers. ORL merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Orlando Pirates bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Roger De Sá.

Golden Arrows

Golden Arrows adalah sebuah klub yang berasal dari Durban, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1943. Golden Arrows bermarkas di King Zwelithini Stadium, sebuah stadion yang terletak di Durban. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 20,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Abafana. ARR merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Golden Arrows bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Manqoba Mngqithi.

Moroka Swallows

Moroka Swallows adalah sebuah klub yang berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1947. Moroka Swallows bermarkas di Germiston Stadium, sebuah stadion yang terletak di Johannesburg. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 18,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut The Birds, The Dube Birds. MOR merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Moroka Swallows bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh José Marques.

Bloemfontein Celtic

Bloemfontein Celtic adalah sebuah klub yang berasal dari Bloemfontein, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1969. Bloemfontein Celtic bermarkas di Seisa Ramabodu Stadium, sebuah stadion yang terletak di Bloemfontein. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 20,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Phunya, Sele Sele. BLO merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Bloemfontein Celtic bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Ernst Middendorp.

Kaizer Chiefs

Kaizer Chiefs adalah sebuah klub yang berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1970. Kaizer Chiefs bermarkas di Soccer City Stadium, sebuah stadion yang terletak di Johannesburg. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 94,700 penonton. Klub tersebut biasa disebut Amakhosi, Glamour Boys. KAI merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Kaizer Chiefs bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Stuart Baxter.

Mamelodi Sundowns

Mamelodi Sundowns adalah sebuah klub yang berasal dari Pretoria, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1970. Mamelodi Sundowns bermarkas di Loftus Stadium, sebuah stadion yang terletak di Pretoria. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 51,762 penonton. Klub tersebut biasa disebut The Brazilians. SUN merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Mamelodi Sundowns bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Pitso John Mosimane.

Free State Stars

Free State Stars adalah sebuah klub yang berasal dari Bethlehem, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1979. Free State Stars bermarkas di Goble Park, sebuah stadion yang terletak di Bethlehem. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 20,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Ea Lla Koto. FSS merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Free State Stars bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Themba Sithole.

Maritzburg United

Maritzburg United adalah sebuah klub yang berasal dari Pietermaritzburg, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1979. Maritzburg United bermarkas di Harry Gwala Stadium, sebuah stadion yang terletak di Pietermaritzburg. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 10,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut The Team of Choice. MAR merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Maritzburg United bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Clinton Larsen.

Vasco da Gama CT

Vasco da Gama CT adalah sebuah klub yang berasal dari Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1980. Vasco da Gama CT bermarkas di Philippi Stadium. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 10,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Vasco. VAS merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Vasco da Gama CT bermain di National First Division, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Tony De Nobrega.

FC Cape Town

FC Cape Town adalah sebuah klub yang berasal dari Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1982. FC Cape Town bermarkas di NNK Rugby Stadium. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 5,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Cape Town. CPT merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, FC Cape Town bermain di National First Division, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Desmond Crowie.

Santos CT

Santos CT adalah sebuah klub yang berasal dari Cape Town, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1982. Santos CT bermarkas di Athlone Stadium, sebuah stadion yang terletak di Cape Town. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 30,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut The People's Team. SAN merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Santos CT bermain di National First Division, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Duncan Crowie.

Black Leopards

Black Leopards adalah sebuah klub yang berasal dari Thohoyandou, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1983. Black Leopards bermarkas di Thohoyandou Stadium, sebuah stadion yang terletak di Thohoyandou. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 40,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Lidoda Duvha. BLE merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Black Leopards bermain di National First Division, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Mario Marinica.

Jomo Cosmos

Jomo Cosmos adalah sebuah klub yang berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1983. Jomo Cosmos bermarkas di Huntersfield Stadium, sebuah stadion yang terletak di Johannesburg. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 45,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Ezenkosi. JOM merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Jomo Cosmos bermain di National First Division, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Jomo Sono.

University of Pretoria

University of Pretoria adalah sebuah klub yang berasal dari Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1983. University of Pretoria bermarkas di Tuks Stadium. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 15,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut U. Pretoria. UNI merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, University of Pretoria bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Steven Barker.

Milano United

Milano United adalah sebuah klub yang berasal dari Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1986. Milano United bermarkas di Grassy Park. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 1,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Milano. MLU merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Milano United bermain di National First Division, Afrika Selatan.

Platinum Stars

Platinum Stars adalah sebuah klub yang berasal dari Mafikeng, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1991. Platinum Stars bermarkas di Mmabatho Stadium, sebuah stadion yang terletak di Mafikeng. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 59,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Lions of the North. PLA merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Platinum Stars bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Steve Komphela.

Supersport United

Supersport United adalah sebuah klub yang berasal dari Pretoria, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1994. Supersport United bermarkas di Super Stadium, sebuah stadion yang terletak di Pretoria. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 28,900 penonton. Klub tersebut biasa disebut Matsatsantsa. SUP merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Supersport United bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan.

United FC

United FC adalah sebuah klub yang berasal dari Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1999. United FC bermarkas di Hoffe Park. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 18,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut United FC. UFC merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, United FC bermain di National First Division, Afrika Selatan.

Ajax Cape Town

Ajax Cape Town adalah sebuah klub yang berasal dari Cape Town, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 1999. Ajax Cape Town bermarkas di Athlone Stadium, sebuah stadion yang terletak di Cape Town. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 30,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Urban Warriors. ACT merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Ajax Cape Town bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Jan Versleijen.

African Warriors

African Warriors adalah sebuah klub yang berasal dari Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 2006. African Warriors bermarkas di Charles Mopeli Stadium. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 35,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Warriors. AFW merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, African Warriors bermain di National First Division, Afrika Selatan.

Baroka FC

Baroka FC adalah sebuah klub yang berasal dari Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 2007. Baroka FC bermarkas di Ngwana Mohube Sports Ground. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 500 penonton. Klub tersebut biasa disebut Baroka. BAR merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Baroka FC bermain di National First Division, Afrika Selatan.

Thanda Royal Zulu

Thanda Royal Zulu adalah sebuah klub yang berasal dari Durban, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 2007. Thanda Royal Zulu bermarkas di ABSA Stadium, sebuah stadion yang terletak di Durban. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 52,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Amabhubesi. TH merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Thanda Royal Zulu bermain di National First Division, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Neil Tovey.

Chippa United

Chippa United adalah sebuah klub yang berasal dari Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 2010. Chippa United bermarkas di Athlone Stadium. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 30,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Chippa Utd. CHI merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Chippa United bermain di National First Division, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Mark Harrison.

Polokwane City

Polokwane City adalah sebuah klub yang berasal dari Polokwane, Afrika Selatan. Klub tersebut didirikan pada tahun 2012. Polokwane City bermarkas di Oscar Mpheta Stadium, sebuah stadion yang terletak di Polokwane. Kapasitas stadion tersebut dapat memuat sekitar 5,000 penonton. Klub tersebut biasa disebut Watsh’Umlilo. POL merupakan singkatan dari klub tersebut. Untuk musim kompetisi 2013/2014, Polokwane City bermain di Premier Soccer League, Afrika Selatan. Klub ini pernah dilatih oleh Vladislav Heric.

Comments