SSB Mutiara Cempaka Utama

   

Instagram SSB MCU


SSB Mutiara Cempaka Utama adalah salah satu sekolah sepak bola di Provinsi DKI Jakarta. SSB ini terletak di Jakarta Pusat, tepatnya di kecamatan Sawah Besar. Klub yang bermarkas di wilayah ini adalah Persija Jakarta. Muhammad Kanu Helmiawan adalah pemain yang pernah membela Persija U-19. Selain Kanu, Fichri Fatur Rahman adalah mantan pemain SSB ini yang membela Persija U-19, namun sekaligus U-21. Sang pelatih kepala Nasir juga pernah melatih Persija U-23.

SSB Mutiara Cempaka Utama bermarkas di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. SSB Mutiara Cempaka saat ini berlatih di lapangan tersebut pada hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu. SSB Mutiara Cempaka Utama berdiri sejak tahun 1983 oleh Muhammad Nasir, mantan Pelatih Persija U-23. SSB Mutiara Cempaka saat itu masih bernama SSB AGORA Rawasari miliki Nasir. AGORA merupakan kependekan dari Anak Gelanggang Olahraga Rawasari. 

SSB ini dikenal sebagai SSB Arcici pada tanggal 13 Maret 1986. Antara tahun 1987-1990, SSB AGORA memasuki masa sulit, bisa dikatakan vakum atau bangkrut. Dalam satu sesi latihan, saat itu jumlah peserta didik tidak sampai 10 anak. Tahun 1990, SSB Arcici berubah nama menjadi SSB Mutiara Cempaka. 

Untungya, pada tahun-tahun awal kebangkitan tersebut, SSB Mutiara Cempaka memperoleh sponsor dari sekumpulan pengusaha garmen asal Korea Selatan. Selain bantuan sponsor, keberlanjutan SSB ini dibantu oleh penolakan alih fungsi lapangan oleh gubernur saat itu. 

SSB Mutiara Cempaka dapat berlatih dengan tenang dan murid-murid baru berdatangan setelahnya melalui strategi komunikasi pemasaran penyebaran pamflet melibatkan murid. SSB Mutiara Cempaka pernah beralamat di Jalan Cempaka Putih Barat, Jakarta Timur. SSB ini pada tahun 2008 berlatih di Lapangan Banteng, hingga sering disebut MC Banteng.

Nasir mengelola SSB ini bersama istrinya yang kerap dipanggil "Bunda Mayong". Istrinya tersebut menjadi figur yang sering turut serta mendampingi tim yang berlaga di luar daerah. Instagram SSB ini beralamatkan di mutiara_cempakajkt. SSB MC Banteng ini mengakomodir pemain untuk kelompok usia 7-8 tahun, 9-11, 12-14, hingga 18-20 tahun

Untuk pemain berprestasi, ada pemain SSB Mutiara Cempaka bernama Raden Muhammad Ridwan. Ia pada tahun 2019 membela DKI Jakarta pada Piala Soeratin U-15 ketika berseragam SSB Mutiara Cempaka. Chery Aji Januar, pemain SSB ini, juga pernah mencatatkan jugling terlama 2 menit 55 detik pada Jakarta Youth Fun Juggling Competition bersama Kemenpora RI, PSSI, dan Maman Abdurrahman pada tanggal 10 Desember 2020. Fichri Fatur Rahman mengawali karir di Persija junior.

Nama lain, Muhammad Reza Kusuma mengikuti Vamos Indonesia 2018, berangkat ke Spanyol untuk bertanding di kompetisi kasta tertinggi di level U-18 bersama Club Internacional De La Amistad (Palencia). Ia membela CD Cristo Atl├ętico. Ia kemudian sempat melanjutkan ke HNK Primorac, tim yang bermain di Zona Selatan Liga 3 Kroasia. Tahun 2021, Reza kembali ke Indonesia untuk membela Mitra Kukar. 

Dari semua nama itu, nama terkini yang relatif dikenal adalah Muhammad Kanu Helmiawan. Seorang anak nelayan yang sukses menembus timnas U-19 dan U-23. Saat ini, Kanu membela tim Liga 2 Persis Solo. Kanu masuk ke SSB ini setelah pindah dari SSB UMS. 

Seusai mengikuti pelatihan di SSB Mutiara Cempaka, Kanu melanjutkan ke ASIOP dan PPLP Sumatera Barat. Pada 2017, Kanu sempat membela tim kelahirannya Persija U-19. Kanu sempat terbang ke Kalimantan untuk membela Borneo FC U-19. Kemudian ia membela Babel United dan Muba Babel United sebelum memperkuat Persis Solo.


INFORMASI DASAR

Tahun Berdiri : 1983

Pendiri : Muhammad Nasir

Figur : Muhammad Nasir, Muhammad Reza Kusuma, Raden Muhammad Ridwan, Chery Aji Januar, Muhammad Kanu Helmiawan, Fichri Fatur Rahman

Homebase : Lapangan Banteng

Alamat Sekretariat : Jalan Lapangan Banteng Selatan No 2-4, Pasar Baru

Kecamatan : Sawah Besar

Kabupaten / Kota : Jakarta Pusat

Provinsi : DKI Jakarta

Kode Pos : 10710

Global Positioning System (GPS)



LOGO





FOTO










Sumber: Blog SSB, Instagram SSB


VIDEO



Comments

Post a Comment