Daftar Sekolah Sepak Bola SSB di DKI Jakarta Indonesia

Wikimedia

SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI DKI JAKARTA

Sejarah perkembangan sepakbola usia dini di Jakarta dimulai dari kronologi beberapa tanggal penting. 

Tahun 1928, sekitar 26 pemuda Kemayoran mendirikan klub Persatuan Olah Raga (POR) Setia atau Setia Football Club (FC). Setia FC berdiri pada tanggal 17 Oktober 1928 di Gang Karet No 13 Kampung Gunung Sahari. Klub ini dikenal oleh figur Soetjipto Soentoro, Djafar Umar, dan H.S.K. Wibowo.

Singkatan SETIA terbagi menjadi Samenwerkend (Kerjasama), Endrachtig (Bersatu), Trow (Loyalitas), In (Dalam), dan Alles (Segala-galanya). Komitmen ini berarti Tuhu Tresna dalam bahasa Sansekerta.

Sekolah Sepakbola atau SSB Jayakarta lahir pada tahun 1995, namun cikal bakal SSB tersebut sudah lahir 25 tahun sebelumnya. Persatuan Sepakbola Jayakarta didirikan oleh Frans Hutasoit pada tahun 1970.

Tokoh Persija junior Muhammad Nasir mendirikan SSB AGORA Rawasari pada tahun 1983. SSB AGORA menjadi cikal bakal dari SSB Mutiara Cempaka Utama. Tahun 1990, Muhammad Nasir mengubah SSB AGORA menjadi SSB Mutiara Cempaka Utama.

SSB Mutiara Cempaka Utama

SSB La Rose didirikan pada tanggal 27 April 1995 oleh empat figur, dengan nama yang mengacu pada penulis ternama Indonesia saat itu. Saat itu, pendiri SSB Jakarta North City Halim Mualim masih menjadi pelatih kepala SSB tersebut. Pada tahun yang sama, SSB Jayakarta didirikan pada tanggal 17 Oktober 1995.

Tahun 1996, tepatnya tanggal 21 Juli, Dadang Iskandar dan tim mendirikan SSB Indonesia Muda Jakarta Utara. Di tahun yang sama, M. Yunus mendirikan SSB GOR Ragunan, cikal bakal SSB Bintang Ragunan, tepatnya pada tanggal 8 Januari 1996. Di tahun yang sama, legenda timnas Indonesia Rochy Putiray mendirikan SSB Gelora Poetra. 

Tahun 1997 adalah tahun pendirian SSB ASIOP Apacinti. SSB ASIOP berdiri pada tanggal 28 September 1997. ASIOP merupakan  kepanjangan dari Akademi Sepak Bola Intinusa Olah Prima (ASIOP) Apacinti.

Tahun 1998, Zaenal Abidin dan dua pemilik lainnya mendirikan SSB Pemuda Jaya. SSB ini juga dikenal sebagai SSB Zapello Pemuda Jaya Soccer School.

Ada sekitar 16 SSB pelopor di Indonesia, yaitu SSB yang mengikuti turnamen perdana di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro Kuningan Jakarta, tanggal 3-11 Juli 1999. Turnamen yang digelar PSSI tersebut melibatkan lima SSB asal Jakarta yang masih eksis sampai sekarang, seperti SSB ASIOP, SSB Bina Taruna, SSB Mutiara Cempaka, SSB Camp 82, dan SSB Jayakarta.

Selain kelima SSB Jakarta tersebut, turnamen tersebut diikuti SSB Sukmajaya, SSB Pelita Jaya, SSB Depok Jaya (Depok), SSB Gala Puri, SSB BIFA (Tangerang), SSB Bekasi Putra (Bekasi), SSB Bintaro Jaya, SSB Pamulang (Tangerang Selatan), SSB Bareti (Subang), dan SSB yang saat ini tidak pasti keberadaannya seperti SSB Kemang Pratama dan SSB Harapan Utama. Terselenggaranya turnamen ini menjadi titik awal menjamurnya SSB di Indonesia.

M. Rohmani mendirikan Abstraxs Football Academy pada tanggal 10 Oktober 1999.

Setahun setelahnya, Slamet Gentar mendirikan SSB Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro atau disingkat GMSB Kuningan pada tanggal 20 Agustus 2000. Sebulan kemudian, Annisa Pratama mendirikan SSB dengan namanya pada tanggal 14 September 2000.


Tahun 2003, SSB Villa 2000 didirikan oleh komunitas di Pamulang, Tangerang Selatan. Villa 2000 berdiri setelah sebelumnya komunitas sepakbola yang diinisiasi tokoh-tokoh seperti Ferry Paulus dan Iwan Setiawan sudah terlebih dahulu berjalan. SSB Villa 2000 kemudian membentangkan sayapnya ke beberapa wilayah, termasuk Jakarta.

Tahun 2004, SSB Antera FC didirikan untuk memfasilitasi masyarakat Tebet. Pada tahun yang sama, tiga pemain timnas Indonesia era 60-an membuat SSB Biangbola yang bermarkas di Simprug. Pada tanggal 20 Desember 2008, SSB Pulomas Jakarta berdiri.

Tanggal 2 November 2008, Villa 2000 membuka cabang di Cilandak, tepatnya di Lebak Bulus.

Tanggal 9 September 2009, SSB Jakarta Kids Football Club didirikan oleh Handi Adiwinata.

Tahun 2010, Halim Mualim merubah nama SSB La Rose menjadi SSB Jakarta North City. Setahun setelahnya, Juanda Tjitra mendirikan SSB Cibubur Soccer Club atau lebih dikenal sebagai SSB CSC, cikal bakal SSB Satharlan FC.

Masih di tahun yang sama, Rasiman Abimanyu mendirikan Jakarta Football Academy (JFA). Rasimana adalah ayah pemain timnas Syahrian Abimanyu dan mantan asisten pelatih Rachmad Darmawan di Sriwijaya FC.

Setahun kemudian, mantan pemain Persib Bandung dan PSBL Bandar Lampung Mauricio Ariel Zbinden Brito mendirikan Rabona Soccer School (RSS). SSB Rabona diresmikan tanggal 7 Mei 2011 di Plaza Area Pasar Festival Kuningan, Jakarta Selatan. Patricio Iván Acevedo Muena, pelatih kepala SSB ini, pernah membela Everton Chile, Universidad de Chile, Antofagasta, PSMS Medan, Kelantan FA, dan Semen Padang.

Tahun 2011 juga ditandai dengan pendirian SSB yang didukung klub Liga Primer Inggris, Liverpool FC International Football Academy and Soccer Schools. SSB  Liverpool ini berdiri pada tanggal 10 Juli 2011.

Tanggal 20 Desember 2012, Sungkono Abdullah mendirikan Mandiri Selection Socceer School (M3S).

Setahun setelahnya, tepatnya tanggal 1 Juni 2013, mantan kepala sekolah Pelita Jaya Soccer School Erfan Syamsuar mendirikan Ragunan Soccer School (RSS).

Tanggal 17 Agustus 2013, bersamaan dengan Peringatan Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 68, Tik Tak Football First memulai latihan perdana sekaligus peresmian SSB tersebut.

Ir. Budi Karya Sumadi pada tanggal 28 September 2014, Direktur PT Jakarta Propertindo (PT Jakpro) dan Menteri Perhubungan Kabinet Indonesia Maju (2019 - 2024), meresmikan Chelsea FC Soccer School Indonesia (CFCSS ID). SSB Chelsea ini memperoleh dukungan dari klub Liga Primer Inggris Chelsea FC, khususnya Chelsea Foundation.

Di tahun yang sama, pendiri SSB GOR Ragunan M. Yunus, memperkenalkan perubahan nama SSB Bintang Ragunan. Peristiwa tersebut terjadi sekitar bulan Februari 2014, dikarenakan pemisahan pengelolaan dengan manajemen GOR Ragunan.

Tahun yang sama, SSB Villa 2000 melebarkan sayap untuk membuka tempat latihan baru di Pancoran dan Senayan. Pembukaan Villa Soccer School Pancoran terjadi pada tanggal 3 Maret 2014. Di tempat lain, Villa Soccer School Senayan dibuka pada tanggal 23 Maret 2014. Di tahun yang sama, Villa 2000 memiliki markas di Stadion Ciracas, Jakarta Timur.

Tahun 2015 bulan Maret, SSB Fatahillah berubah nama menjadi SSB Tunas Fatahillah. Kedua SSB tersebut merupakan SSB tertua yang dimiliki Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

Tanggal 8 Juli 2019, Djoko Hardijanto dan Heru Chaerudin resmi merubah nama SSB CSC menjadi SSB Satharlan FC.

SSB BERDASAR WILAYAH

Daerah Khusus Ibukota Jakarta memiliki 5 Kotamadya dan 1 Kabupaten, terdiri dari Kota Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kota Jakarta Pusat terdiri dari 8 kecamatan, antara lain Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, dan Tanah Abang. Lapangan Banteng di Sawah Besar adalah homebase dari SSB Mutiara Cempaka Utama. SSB Mutiara Cempaka Utama sebelumnya dikenal sebagai SSB AGORA yang saat itu bermarkas di Gelanggang Olahraga Rawasari.

Kota Jakarta Selatan (Jaksel) memiliki 10 kecamatan, antara lain Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, Setiabudi, dan Tebet. SSB Annisa Pratama adalah SSB di Jagakarsa, bermarkas di Lapangan Suka Tani. 

SSB di Cilandak adalah SSB Villa 2000 cabang Cilandak. SSB Villa 2000 Cilandak bermarkas di Stadion Lebak Bulus sebelum dialihfungsi.

SSB di Jakarta yang bermarkas di Kebayoran Baru adalah Tik Tak Football First. SSB TikTak berlatih setiap Sabtu dan Minggu di Lapangan AKRI yang terletak di Komplek Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). Lapangan ini terletak di Jalan Ampera Raya, Kebayoran Baru.

Lapangan lain di Kebayoran Baru yang digunakan SSB TikTak adalah Lapangan Pattimura Campus. SSB Tiktak berlatih setiap Sabtu dan Minggu di lapangan yang terletak di Jalan Pattimura Blok 1 Nomor 2, Kebayoran Baru.v

SSB TikTak juga memiliki lapangan berlatih di Kebayoran Lama. Para siswa SSB berlatih di Pondok Indah Campus yang beralamat di Jalan Duta Indah III, Pondok Indah, Kebayoran Lama.

Di Pondok Indah, Kebayoran Lama, terdapat sekretariat dari Akademi Sepak Bola Setia. Akademi Setia beralamat di Jalan Metro Alam IX PF 21, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Meskipun demikian, Akademi ini memiliki tempat latihan di Ciputat, Tangerang Selatan.

SSB di Pancoran Jakarta adalah Villa 2000 Soccer School Pancoran. SSB ini berlatih setiap Selasa dan Jumat di Lapangan Aldiron yang beralamat di Wisma Aldiron, Jalan Gatot Subroto Nomor 72, RT 1/  RW.4, Pancoran.

Di Setiabudi, terdapat SSB yang bermarkas di GOR Soemantri Brodjonegoro atau SSB GMSB. SSB milik Rochi Putiray Gelora Poetra juga bermarkas di stadion ini. SSB Gelora Poetra berlatih setiap Minggu pagi dengan pelatih kepala pencetak gol ke gawang AC Milan tersebut. SSB ini sebelumnya pernah berlatih di Lapangan B Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan. 

SUGBK Senayan juga menjadi markas dari SSB Liverpool atau Liverpool Internasional Football Academy. SSB Liverpool awalnya memilih Lapangan F SUGBK sebagai lokasi latihan. Namun, seiring waktu, SSB ini berpindah ke Lapangan Hoki di kompleks yang sama.

SUGBK Senayan menjadi markas dari Villa 2000 Soccer School cabang Senayan. SSB Villa 2000 ini memiliki tempat latihan di Lapangan F Senayan dan berlatih setiap Senin dan Rabu.

SSB ASIOP Apacinti juga berlatih di kompleks ini. SSB ini pernah berlatih di Lapangan E atau Lapangan Aspirin. 

SSB Liverpool menerima murid dari usia 6 hingga 18 tahun dengan pelatih dari Inggris Paul Barratt, maupun dari Indonesia seperti Yahya Yusworo, Dzulfikri Bashari El Hassan, dan Hardi Ardhia Putra. SSB ini berlatih setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Di kecamatan Pasar Minggu, terdapat SSB Jayakarta. SSB Jayakarta merupakan SSB legendaris yang bermarkas di Komplek Ragunan.



SSB Biangbola adalah SSB yang bermarkas di Kebayoran Lama, bermarkas di Lapangan Wisma Pertamina Simprug. Mandiri Selection Socceer School (M3S) juga menjadi SSB yang bermarkas di Kebayoran Lama, tepatnya di Lapangan Ahmad Yani. Lapangannya terletak di samping kantor kecamatan Kebayoran Lama.

SSB yang bermarkas di Pasar Minggu adalah SSB GOR Ragunan, cikal bakal SSB Bintang Ragunan. SSB GOR Ragunan dan SSB Bintang Ragunan bermarkas di Jalan Harsono RM, Gelanggang Olahraga Ragunan, Pasar Minggu.

Ragunan Soccer School juga bermarkas di Pasar Minggu, SSB ini memilih Lapangan Sepakbola AKRI atau Komplek Polri Ampera. Lapangan ini beralamat di Jalan C Blok J Nomor 17, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. SSB ini berlatih setiap Kamis, Sabtu, dan Minggu.

Di Pesanggrahan terdapat SSB bernama Abstraxs Football Academy yang bermarkas di Lapangan Olahraga Deppen. SSB Abstraxs beralamat di Jl. Garuda No. 25, RT 7 RW.7, Pesanggrahan.

Di Setiabudi, Rabona Soccer School bermarkas di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro yang beralamatkan di Jalan Karbela Timur Nomor 37, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi. SSB ini berlatih di lapangan ini setiap hari Minggu.

Di Tebet, terdapat SSB yang bermarkas di PSPT Stadium, yaitu SSB Antera FC.

Kota Jakarta Utara memiliki 6 kecamatan, antara lain Cilincing, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Penjaringan, dan Tanjung Priok. SSB Jakarta North City adalah SSB yang bermarkas di Stadion Rawa Badak di kecamatan Koja. SSB Jakarta North City sebelumnya bernama SSB La Rose. 

SSB lain yang bermarkas di Jakarta Utara adalah Chelsea FC Soccer School Indonesia. SSB Chelsea ini beralamat di Lapangan Waduk Pluit, Muara Baru, Penjaringan.

SSB yang bermarkas di Jakarta Utara lainnya adalah SSB Indonesia Muda Jakarta Utara. SSB IM Jakarta Utara bermarkas di Stadion Tugu Jakarta Utara Jalan Logistik No. 1, Jakarta Utara. SSB ini berlatih setiap Selasa, Kamis, dan Minggu.


Kota Jakarta Barat memiliki 8 kecamatan, antara lain Cengkareng, Grogol Petamburan, Taman Sari, Tambora, Kebon Jeruk, Kalideres, Palmerah, dan Kembangan.

SSB yang bermarkas di Kembangan Jakarta Barat adalah SSB Jakarta Kids Football Club. SSB ini bermarkas di Bywi Futsal, Meruya Selatan. Tempat futsal ini terletak di Jalan Meruya Selatan Nomor 111 A, Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat. SSB ini melayani latihan privat dan tim untuk usia 6 hingga 15 tahun.

Kota Jakarta Timur memiliki 10 kecamatan, antara lain Cakung, Cipayung, Ciracas, Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati, Makassar, Matraman, Pasar Rebo, dan Pulo Gadung. 

SSB yang bermarkas di Ciracas adalah SSB Villa 2000. SSB ini bermarkas di Stadion Ciracas.

SSB di Duren Sawit adalah SSB Pemuda Jaya, tepatnya di GOR Pondok Bambu. SSB Pemuda Jaya berlokasikan di GOR Pondok Bambu, Jalan Balai Rakyat Empang Tanah 80, Jakarta Timur. SSB ini berlatih setiap Selasa, Jumat, dan Minggu.

SSB Satharlan FC merupakan SSB yang bermarkas di kecamatan Makassar, khususnya di Lapangan Satharlan. SSB Satharlan menurut sejarah, sebelumnya bernama SSB CSC. 

Kecamatan Makasar juga menjadi markas dari SSB Jakarta Football Academy (JFA). SSB JFA bermarkas di Wing 1 Paskhas AU Komplek Dirgantara 3 Lanud Halim, Jakarta Timur. SSB ini berlatih setiap Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu untuk kelompok U-10 sampai U-16.

Di Pulo Gadung, ada SSB yang bermarkas di Lapangan Pulomas bernama SSB Pulomas Jakarta. Rabona Soccer School setiap hari Sabtu berlatih di Vidi Arena Pulomas yang juga masuk dalam wilayah administrasi Pulo Gadung. Vidi Arena beralamatkan di Jalan Tanah Mas 1 Nomor 1, Kayu Putih, Pulo Gadung.

Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki 2 kecamatan, yaitu Kepulauan Seribu Utara dan Selatan.

Untuk memperoleh pilihan SSB terbaik dan terdekat, silahkan mengamati daftar SSB tersebut. Para siswa biasanya harus mempersiapkan berkas-berkas seperti kartu keluarga (KK), akte kelahiran, rapor atau ijazah, kartu pelajar, mengisi formulir pendaftaran, dan membayar biaya pendaftaran.

PEMAIN SSB ASAL DKI JAKARTA

Ada banyak pemain sepak bola profesional yang berasal dari DKI Jakarta. Egy Maulana Vikri, yang sempat dididik oleh SSB dan diklat di wilayah ini, yaitu SSB Annisa Pratama, SSB ASIOP, SKO Ragunan. Pemain timnas senior ini membela klub Polandia Lechia Gdansk dan klub Slovakia FK Senica. Egy merupakan pemain yang tumbuh di Jakarta, namun belum memperkuat Persija Jakarta.

Muhammad Kanu Helmiawan sempat dididik oleh SSB dan diklat di Jakarta, yaitu SSB UMS, SSB Mutiara Cempaka Utama, dan SSB ASIOP. Kanu sempat membela Persija Junior, sebelum membela Borneo FC Junior, Babel United, Muba Babel United, dan Persis Solo.

Muhammad Reza Kusuma merupakan alumnus SSB Mutiara Cempaka Utama yang lolos ke program Vamos Spanyol untuk memperkuat CD Cristo Atlético. Ia melanjutkan karir ke klub Kroasia HNK Primorac sebelum pulang ke Indonesia untuk memperkuat Mitra Kukar. Reza belum memperkuat Persija, sama halnya dengan Egy Maulana Vikri.

Danielle Daphne adalah pemain timnas wanita yang turut serta dalam tim pria pada karir juniornya. Ia belajar mengolah kulit bundar di SSB GMSB dan mengikuti seleksi timnas U-12 pria. Ia kemudian membela Imran Soccer Academy (ISA) dalam Mediteranian International Cup (MIC) di Barcelona, Spanyol. Semenjak tahun 2015, Daphne menekuni sepakbola wanita ketika berpindah ke SSB Blue Eagle hingga menjadi punggawa timnas wanita.


Fichri Fatur Rahman merupakan mantan pemain SSB Mutiara Cempaka Utama yang mengawali karir di Jakarta. Fichri memperkuat Persija U-19 dan U-21 untuk berlaga di kompetisi junior nasional.

Andritany Ardhiyasa adalah kiper timnas dan Persija yang sudah mengabdi lebih dari satu dekade. Andritany dikenal sebagai produk binaan SSB Jayakarta yang disempurnakan oleh SSB ASIOP dan Diklat SKO Ragunan. Eks kiper Sriwijaya FC ini menjadi wujud keberhasilan Jayakarta untuk menghasilkan pemain-pemain penting Persija dan Jakarta. 

Sebelum Andritany, ada nama-nama legendaris yang erat kaitannya dengan PS Jayakarta, cikal bakal SSB tersebut. Sebut saja Anjas Asmara, Sutan Harhara, Andi Lala, Sofyan Hadi, Sudarno, Iswadi Idris, Taufik Saleh, dan Muhammad Danurwindo. Namun, mereka muncul di era Jayakarta disegani sebagai klub legendaris pada awal kemunculannya, bukan sebagai SSB.

Rishadi Fauzi adalah pemain yang berasal dari Abstraxs Football Academy. Rishadi adalah striker jangkung yang pernah membela Persita Tangerang, Sriwijaya FC, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Mitra Kukar, dan Persis Solo. Namun, meskipun melanglang buana di liga Indonesia, kiprah timnas Rishadi hanya terhenti di Timnas Indonesia U-23.

Rifqi Nur Furqon adalah satu dari dua pemain terpilih dalam seleksi 50 pemain muda Asia Allianz Junior Football Camp 2016 di Canggu, Bali, 19-21 Juli 2016 bersama FC Bayern Munich. Rifqi Nur Furqon adalah mantan pemain Abstraxs Football Academy yang pada kesempatan itu bertemu legenda FC Bayern Munich Giovane Elber.

Sutan Zico Armando adalah striker SSB Bina Taruna Jakarta dan SSB Chelsea Soccer School yang dipilih oleh Fakhri Husaini dalam skuat timnas U-16 2018 untuk bermain dalam gelaran AFF U-16 di Indonesia dan AFC U-16 di Malaysia. Zico mencetak gol pada laga AFC U-16 melawan Vietnam ketika ditahan imbang 1-1. Ia juga mencetak gol di laga perdelapan final melawan Australia, namun gagal maju ke babak selanjutnya. Ia mencetak satu gol dari delapan gol pada pertandingan melawan Filipina di AFF U-16. Zico juga mencetak gol pada pertandingan melawan Timor Leste. Zico menjadi salah satu algojo adu penalti yang sukses membawa Indonesia juara mengalahkan Thailand.

Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi dan Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri adalah pemain asal SSB Chelsea Soccer School dan PPSM Junior Magelang yang dipilih oleh Fakhri Husaini dalam skuat timnas U-16 2018 untuk bermain dalam gelaran AFF U-16 di Indonesia dan AFC U-16 di Malaysia. Keduanya mencetak gol pada pertandingan pertama AFC U-16 melawan Iran yang berkesudahan 2-0. Bagus  mencetak hattrick pada pertandingan melawan Filipina dan Kamboja di AFF U-16. Bagus juga mencetak brace pada pertandingan selanjutnya melawan Myanmar, Vietnam, dan TImor Leste. Bagus mencetak gol di semifinal melawan Malaysia dan menjadi salah satu algojo adu penalti yang sukses membawa Indonesia juara mengalahkan Thailand. Bagus Kahfi menjadi pencetak gol terbanyak di AFF U-16 dengan torehan 13 gol.

Putra dari pendiri pendiri Jakarta Football Academy Rasiman Abimanyu, Syahrian Abimanyu, masuk dalam daftar pemain Timnas U-16 untuk mengikuti Piala AFF tahun 2013. Syahrian Abimanyu adalah salah satu pemain muda yang sukses membela timnas senior dan klub-klub besar di Indonesia. Syahrian pernah membela Levante B, Persija Jakarta, Sriwijaya, Madura United, Johor Darul Ta'zim (JDT) Malaysia, dan Newcastle Jets.

Selain Syahrian Abimanyu, SSB JFA juga mendidik Samuel Christianson, Ridho Ramadhika, Habib Arif Fadilla, dan Mahir Raja Satria juga merupakan gelandang yang masuk dalam daftar tersebut. Habib Arif mencetak satu-satunya gol timnas ketika ditahan imbang Singapura. Timnas Indonesia menjadi runner up setelah tumbang atas Malaysia di Wunna Theikdi Stadium, Naypyidaw, Myanmar. 

Samuel Christianson pernah bergabung dalam latihan klub Liga Primer Inggris Southampton, sebelum bergabung dengan Royal European FA di Valencia, Spanyol. Sekembalinya di Indonesia, Samuel membela Persija Jakarta, Sriwijaya FC, PSS Sleman, dan Madura United.

Ridho Ramadhika tercatat dalam tim junior Persib Bandung dalam Liga 1 U-19 2017. Habib Arif Fadilla tercatat membela PSCS Cilacap di Piala Indonesia 2018. Mahir Raja Satria pernah bergabung di klub Spanyol CD Castellon dan Unió Deportiva (UE) Alcudia. Di Indonesia, Mahir pernah membela Bali United, PSIS Semarang, Persiba Balikpapan, Bhayangkara FC, dan Martapura FC.

Justin Steven dari JFA terpilih untuk mengikuti training centre (TC) timnas U-19 tahun 2015 yang dilatih Fachry Husaini. M. Salman adalah bek dari SSB JFA yang dipilih oleh Fakhri Husaini dalam skuat timnas U-16 2018 untuk bermain dalam gelaran AFF U-16 di Indonesia dan AFC U-16 di Malaysia.  Justin Steven tercatat pernah membela Bhayangkara Surabaya United (BSU).

SSB Jakarta Football Academy menjuarai Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14 pada tahun 2018. SSB ini mencatatkan nama Amara Aditia dan Nestor Agung Pambudi sebagai dalam daftar pemain terbaik kompetisi ini.

Mandiri Selection Soccer School (M3S) ketika menjadi Juara Regional Aqua Danone Nations Cup (AQUADNC) 2015 untuk wilayah Jakarta. SSB ini di final mengalahkan SSB Metro Utusan Depok. SSB Mandiri Selection mencatatkan nama Dimas Maulana, Rafli Rafa Zahid, Rabbani Tasnim Siddiq, dan Muhammad Afif Fathoni dalam daftar pemain terbaik Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14 pada tahun 2018. 

Dimas Maulana sempat berlatih dengan HNK Zadar di Kroasia ketika terpilih dalam seleksi Vamos Indonesia. Rafli Rafa Zahid pernah membela Putra Raga Gunung Kidul di Liga 3 Yogyakarta, setelah sempat dididik di SKO Ragunan. Rabbani Tasnim Siddiq juga diterima di SKO Ragunan, namun setelahnya ia direkrut Borneo FC.

Michael Pattinasarany dan Muhamad Farhan Adityanto adalah pemain Ragunan Soccer School yang masuk dalam daftar pemain terbaik Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14 pada tahun 2018. Michael Pattinasarany kemudian dipanggil untuk membela Persija Jakarta junior.

Rizky Juang Pratama adalah mantan pemain SKO Ragunan yang berasal dari Karanganyar . Rizky Juang membela PS Bengkulu dan Persiwa Wamena.

SSB ASIOP merupakan bagian dari Batavia Sports Group (BSG), bersama ASIOP dan Batavia Pictures. BSG inilah yang mengakusisi klub Spanyol Gimnastica Ceuta yang didirikan pada tahun 1996, dan mengubah namanya menjadi CD Polillas Ceuta. 

Tim senior CD Polillas Ceuta bermain di kasta keempat Liga Spanyol, namun tim U-19 klub tersebut main di kasta pertama liga junior disana. Tim juniornya berkompetisi dengan akademi Sevilla, Malaga, dan Real Betis. Khairul Imam Zakiri menjadi mantan pemain sayap ASIOP yang sempat berkiprah di klub ini. 

Tahun 2021, Khairul Imam Zakiri sedang berusaha menembus tim senior CP Villarrobledo yang berkiprah di kasta ketiga Liga Spanyol. Klub CP Villarrobledo ini dilatih oleh mantan pelatih PSS Sleman, Eduardo Perez. Mantan bek PSS Alfonso de la Cruz juga menjabat sebagai wakil presiden klub ini.

Nama beken lainnya yaitu Syahrian Abimanyu, pemain timnas yang malang melintang ke Newcastle Jets FC (Australia) dan Johor Darul Ta'zim (Malaysia). Klubnya di Indonesia pun tersohor, Sriwijaya FC dan Madura United. Syahrian pernah bersekolah di ASIOP ketika ayahnya Rasiman menjadi pelatih di SSB tersebut.

Yusuf Mahardika, pemain sinetron "Tendangan Si Madun" juga merupakan murid dari SSB ASIOP. SSB ASIOP mentorehkan rekor cemerlang jugling bola di ajang Youth Juggling Competition 2020 yang digelar Kemenpora. Pemain Manchester United junior Jack Brown yang pernah mengikuti seleksi bersama tim nasional U-19, Jack Brown, menyebutkan bahwa ia hanya tahu dua klub di Indonesia, yaitu Persib Bandung dan ASIOP. Dari 310 peserta, pemain ASIOP bernama Ashari memecahkan rekor juggling hingga 36 menit dan 45 detik. ASIOP pernah mengundang mantan pemain Liverpool dan Real Madrid Michael Owen ke lapangannya pada tahun 2018.

Raditya Ari Pradana dan Justin Stephen Sukarna dari SSB ASIOP masuk dalam daftar 8 pencetak gol terbanyak Liga Kompas Gramedia 2013, di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Pencetak gol terbanyak saat itu Rizky Aprilia Wibisono dari SSB Bina Taruna. 

Panggih Prio Sambodo adalah kiper asal ASIOP Apacinti yang masuk dalam daftar pemain Timnas U-16 untuk mengikuti Piala AFF tahun 2013. Iqbal Yoga Pradana adalah bek yang masuk dalam daftar pemain tersebut. Timnas Indonesia menjadi runner up setelah tumbang atas Malaysia di Wunna Theikdi Stadium, Naypyidaw, Myanmar. 

M. Yusran Rumadaul adalah gelandang asal Asiop Apacinti yang masuk dalam daftar pemain Timnas U-14 untuk mengikuti Japan-ASEAN Football Exchange Programme tahun 2014. Egy Maulana Vikri saat itu menjadi gelandang bersama Angga Ridinda. Timnas Indonesia yang dilatih Fachri Husaini tersebut hanya memperoleh peringkat 10 dari 12 pada perhelatan di Osaka tersebut. Pelatih Asiop Yeyen Tumen menjadi asisten pelatih pada kompetisi itu. 

M. Rafif Putra dari ASIOP terpilih untuk mengikuti training centre (TC) timnas U-19 tahun 2015 yang dilatih Fachry Husaini. Rifqi Prasetyo dan M Qidir saat itu terpilih untuk timnas U-16.

Panggih Prio Sembodho dan Egy Maulana Vikri, alumni SSB ini terpilih untuk mengikuti training centre (TC) timnas U-19 tahun 2015 yang dilatih Fachry Husaini. Raihan Raihan Abdul Hakim Hadi Rizky atau kerap disapa Rere pernah membawa ASIOP menjuarai JSSL Arsenal di Singapura, Tiger Cup, dan Norwegia Cup. 

Rendy Juliansyah adalah penyerang SSB ASIOP yang dipilih oleh Fakhri Husaini dalam skuat timnas U-16 2018 untuk bermain dalam gelaran AFF U-16 di Indonesia dan AFC U-16 di Malaysia. Ia mencetak gol di laga perdelapan final AFC U-16 melawan Australia, namun gagal maju ke babak selanjutnya. Ia mencetak satu gol dari delapan gol pada pertandingan melawan Filipina di AFF U-16. 

Rendy juga mencetak gol dalam pertandingan melawan Kamboja di AFF U-16. Rendy menjadi salah satu algojo adu penalti yang sukses membawa Indonesia juara mengalahkan Thailand. SSB ASIOP menjuarai Danone Nations Cup (DNC) 2018 tanggal 22 Juli 2018. SSB ini mengalahkan SSB Asahan dari Sumatera Utara di Stadion Soemantri Brodjonegoro Kuningan. 

Sebelumnya, pada DNC Regional, ASIOP mengalahkan SSB Salfas Soccer di final yang digelar di Stadion Sunter. SSB ASIOP meskipun tidak menjuarai Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14 pada tahun 2018, namun pihaknya mendominasi daftar pemain terbaik kompetisi itu.

Pemain yang bermain di Liga Belanda Kooger FC Jovanni Renaldi adalah alumnus ASIOP. Ia pada LKG U-14 2014 masuk dalam daftar pemain terbaik kompetisi tersebut. Muhammad Uchida Sudirman, Mohamad Al Kadafi, Turangga Seta Heribowo, Jordan Iksan Maulana, Revano Adhiendra, dan Nadhif Girasta Kosasih. 

Pemain SSB ASIOP Khairul Imam Zakiri, Muhammad Afganiladin, Aditya Affasha Riawan, dan Raflyandi Yusuf Adzani mengikuti Vamos Indonesia 2018, berangkat ke Spanyol untuk bertanding di kompetisi kasta tertinggi di level U-18 bersama Club Internacional De La Amistad (Palencia).

Rudi Setiawan adalah alumnus SSB ASIOP yang kemudian bermain di Persija Jakarta, Gresik United, dan Martapura FC. Sayap kelahiran Jakarta ini sebelumnya menimba ilmu di SSB Serpong.

Budi Sudarsono adalah alumnus SSB Fatahillah milik LDII. Budi mengawali karir di Persebaya Surabaya, kemudian berpindah ke Persija Jakarta, Deltras Sidoarjo, Persik Kediri, Persib Bandung, dan Sriwijaya FC. Budi pernah membela Polis Di Raja Malaysia (PDRM) FA dan dipanggil timnas senior. Usai pensiun, penyerang asal Kediri ini melatih PS Batam, Persik Kediri, dan Belitong FC.


Google

DAFTAR SSB DAN KLUB DI PROVINSI DI DKI JAKARTA
  1. Persija Jakarta
  2. Persitara Jakarta Utara
  3. Setia FC
  4. Akademi Sepak Bola Setia
  5. SSB Jayakarta 
  6. SSB AGORA Rawasari
  7. SSB Mutiara Cempaka Utama
  8. SSB La Rose
  9. SSB Jakarta North City 
  10. SSB ASIOP Apacinti
  11. SSB Bina Taruna
  12. SSB Mutiara Cempaka
  13. SSB Camp 82
  14. Abstraxs Football Academy
  15. SSB Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro
  16. SSB Annisa Pratama
  17. SSB Antera FC
  18. SSB Biangbola
  19. SSB Pulomas Jakarta
  20. SSB Cibubur Soccer Club
  21. SSB Satharlan FC
  22. SSB Bank Indonesia
  23. SSB Red Ant Soccer 
  24. SSB Villa 2000
  25. SSB Pelita Bakrie
  26. Chelsea FC Soccer School Indonesia (CFCSS ID)
  27. SSB Indonesia Muda Jakarta
  28. Jakarta Football Academy
  29. Mandiri Selection Soccer School (M3S)
  30. Rabona Soccer School
  31. SSB GOR Ragunan
  32. SSB Bintang Ragunan
  33. Ragunan Soccer School
  34. SSB Gelora Poetra FC
  35. Jakarta Kids Football Club
  36. Liverpool Soccer Academy
  37. Tik Tak Football First
  38. SSB Pemuda Jaya
  39. SSB Tunas Fatahillah
  40. SSB Fatahillah
  41. PS Shofal Quds
  42. PS Bintang Fajar
  43. PS Cahaya Husen
  44. PS Nur Ali
  45. PS Kampus FC
  46. PS Golden Boys FC
  47. PS Jakarta Boys
  48. PS Bahrun Nasirin
Sumber: Instagram, Twitter, Facebook, Superkids Indonesia, naddasalma.com, tiktakfootballfirst.com, Kaskus, Kompasiana, Yahoogroups, bolanasionalitas.blogspot.com, bola.com, Wikipedia, LDII.

Comments