Daftar Sekolah Sepak Bola SSB di Banten Indonesia

Piqsels

SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI BANTEN

Sejarah perkembangan sepakbola usia dini di Provinsi Banten dimulai dari kronologi beberapa tanggal penting.  Tahun 2002, Dahlan (Lurah Paku Jaya), M. Toha, dan Agus Junaeni mendirikan SSB Diklat Paku Jaya.

Tanggal 27 November 2005, H. Bambang Suwondo, SH, H.M. Kosasih, dan tim membentuk Persikota Soccer Academy atau SSB PSA.

Tahun 2011, Chairulloh mendirikan SSB Larangan di Kota Tangerang.

SSB BERDASAR WILAYAH

Provinsi Banten memiliki 4 kotamadya dan 4 kabupaten. Keempat kotamadya tersebut terdiri dari Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, dan Kota Tangerang Selatan. Keempat kabupaten tersebut terdiri dari Kabupaten Tangerang, Serang, Lebak, dan Kabupaten Pandeglang.

Kota Tangerang terdiri dari 13 kecamatan, antara lain Batuceper, Benda, Cibodas, Ciledug, Cipondoh, Jatiuwung, Karangtengah, Karawaci, Larangan, Neglasari, Periuk, Pinang, dan Tangerang. Di Kecamatan Larangan terdapat SSB Larangan yang bermarkas di Stadion Mini Larangan.

Di kecamatan Tangerang, SSB PSA pertama kali bermarkas di Lapangan Sukun, Sukaasih. Saat ini, SSB PSA berpindah ke Stadion Benteng, Jalan TMP Taruna, Tangerang.

SSB yang berasal dari Kota Tangerang Selatan adalah SSB Diklat Paku Jaya. SSB Diklat Paku Jaya beralamatkan di lapangan dan stadion mini sepakbola Paku Jaya, Jl. Bhayangkara 1, Paku Jaya kecamatan Seprong Utara.

PEMAIN SSB ASAL BANTEN

Ada banyak pemain sepak bola profesional yang berasal dari Banten. Rishad Baihaqi Dharmayuman adalah bek asal PSA Banten yang masuk dalam daftar pemain Timnas U-14 untuk mengikuti Japan-ASEAN Football Exchange Programme tahun 2014. Timnas Indonesia yang dilatih Fachri Husaini dan Yeyen Tumen tersebut hanya memperoleh peringkat 10 dari 12 pada perhelatan di Osaka tersebut. Rishad pernah tercatat sebagai skuat junior Bhayangkara FC.

BPK Banten


DAFTAR SSB DAN KLUB DI BANTEN
  • TANGERANG
  1. Persita Tangerang
  2. Persikota Tangerang
  3. SSB Rajawali Muda Tangerang
  4. SSB Larangan
  5. Persikota Soccer Academy (PSA)
  • TANGERANG SELATAN
  1. Diklat Taruna Jaya
  2. Diklat Paku Jaya
  • SERANG
  1. SSB Singandaru

Comments