Daftar Terbaik Sekolah Sepak Bola SSB di Jawa Barat Indonesia

 


SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI JAWA BARAT

Sejarah perkembangan sepakbola usia dini di Provinsi Jawa Barat dimulai dari kronologi beberapa tanggal penting. Sejarah sepakbola di Jawa Barat bermula dari era sebelum Kemerdekaan. Tahun 1900, di provinsi ini sudah ada klub bernama Bandoeng Voetbal Club (BVC).


Tiga tahun berselang, klub Perkumpulan Olah Raga (POR) Bandoengsche Sport Vereniging Uitspanning Na Inspanning (UNI) didirikan pada tanggal 28 Februari 1903. Di tahun yang sama, klub legendaris Sport in de Open Lucht is Gezond (SIDOLIG) terbentuk. Wilayah Kota Bandung menjadi penggerak awal sepakbola Jawa Barat.


Klub-klub lain bermunculan di Bumi Priangan, mulai dari Velocitas, Sparta, Luchtvaart Afdeeling (LA), Staats Spoors (SS), Yong Men's Combination (YMC), Opleidingschool voor Inlandsche Ambetenaren (OSVIA), Jong Ambon, dan AI. Kemunculan klub Belanda Bandoengsche Voetbal Bond (BVB) pada tahun 1914 memantik perjuangan bangsa Pribumi untuk mendirikan Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) pada tahun 1923

BIVB yang mendasari awalnya kemunculan kelompok suporter Bobotoh ini kemudian bubar, menyisakan Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB). Kedua klub ini kemudian merger menjadi Persib pada tahun 1933.

Tahun 1955, klub asal Sumedang Perses Sumedang berdiri di kabupaten tersebut.

Tahun 1963, klub lokal Sumedang Putra Kujang didirikan, klub ini memiliki SSB dengan nama yang sama.

Pada tahun 1968, SSB dan klub internal Persib Bandung, Setia FC berdiri. Tahun 1973, SSB UNI atau "Usaha Nanti Istirahat" dan SSB Propelat didirikan di Kota Bandung. Tahun 1976, Junarsono mendirikan klub yang berlaga di Kompetisi Galatama, Sari Bumi Raya, di Bandung.

Tahun 1980, para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (dulu IKIP Bandung atau Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung), Universitas Padjajaran (UNPAD), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) mendirikan PESMA (Persatuan Sepakbola Pelajar dan Mahasiswa).

Tahun 1982, mahasiswa IKIP Bandung yang tergabung dalam PESMA mendirikan PS IKIP dan Pembinaan Sepakbola Usia Muda (PSBUM). Tahun 1987, klub internal Persib Bandung, Bandung Putra, berubah nama menjadi Pro Duta. Di tahun yang sama para senior UNI Bandung memantik berdirinya klub Bandung Raya.

Tahun 1989, SSB Tandang didirikan di Kabupaten Sumedang.

 Tahun 1990, Daddy Safari mendirikan SSB Rick’s Sayati di Kabupaten Bandung.

Tahun 1993, sekelompok suporter Persib Bandung membentuk Viking Persib Club (VPC). Tahun ini, Maulana Yusuf dan Yayasan Karya Jasa Kusuma mendirikan SSB VIC Pamong Praja di Garut.

Tahun 1995, Bandung Raya berubah nama menjadi Mastrans Bandung Raya. Di tahun yang sama, cikal bakal SSB Tunas Biru asal Cileunyi, PS Tunas Biru, berdiri di Kabupaten Bandung.

Tahun 1996, masyarakat Cikajang menyambut berdirinya Diklat Samba. Tahun 1997, lima warga Padasuka mendirikan SSB Family di Garut.

Tahun 1998, SSB Palber Bandung didirikan. Di awal tahun 1999, Djajang Nurjaman, H Engkos Kosasih, Asep M Ridwan mendirikan SSB Kartabraja di Cimahi. Bulan Juni kemudian, Syafrudin Abto mendirikan SSB Metro Kukusan.Depok.

Tahun 2000, klub dan SSB Saint Prima Bandung resmi didirikan Hasan Saputra. Tahun ini, bubarnya Diklat Samba pada tahun 1999 memunculkan SSB Tunas 2000 Cikajang, bersamaan dengan SSB Jayaraga Football Club (JFC) Garut.

Tahun 2001, Weldi Drieno dan H. Yasman mendirikan klub Saswco FC Bandung. Tahun 2004, Endang Soemantri memulai SSB Mandala Cikajang Garut. Tahun 2005, Dede Ahmad Yusuf menghidupkan SSB Samba Garut.

Tahun 2006, Encas Tonif, Ajat Sudrajat, Gunawan, Agus WS, Sophian, Pendi, dan Enjang mendirikan Sekolah Sepakbola Kota Bandung atau SSB Kotab di Lapangan Sidolig. Di tahun yang sama, Budi Irmawan mendirikan SSB Sambada Cikajang Garut.

Tahun 2008, SSB DK Private di Kabupaten Tasikmalaya. Di tahun yang sama, eks Persib Bandung Atep Rizal mendirikan SSB Atep Seven di Kabupaten Cianjur.

Tahun 2009, SSB Perbi didirikan di Kompleks Permata Biru Cileunyi, Kabuapten Bandung. Di tahun ini, SSB Sultan Muda didirikan di Kota Bandung.

Tahun 2010, Brigjen TNI Farid Ma'ruf mendirikan SSB Galuh Putra di Tasikmalaya. Di tahun yang sama, Jaenal Abidin mendirikan SSB Japar Sidik Darmaraja di Kabupaten Sumedang. SSB ini kemudian dikenal sebagai SSB Cikeusi United.

Di tahun yang sama, sekelompok warga desa Sukapura, Kabupaten Bandung, mendirikan SSB Galaxy, embrio SSB Bina Taruna Sukapura. Tahun ini, Asep Supardi mendirikan SSB Bravensia Cimahi. Tahun ini, di Sumedang muncul SSB Radar Taruna, sedangkan di Jatinangor muncul klub Putra Purwana Mekar atau PPM atau Putra Mekarjaya FC.

Tanggal 23 Mei 2011, Deddi Cakra Baedillah mendirikan SSB Citereup Raya atau biasa disebut Buldoser atau Bulldozer di Kabupaten Bogor. Kepala sekolah SSB ini adalah Muchtar Kelana. Deddi pernah mengadakan Bogor Junior League (BJL) Ade Yasin Cup usia-13 pada tahun 2020. 

Di tahun yang sama, Brazilian Soccer School Indonesia atau BSS berdiri di Kota Bandung. Perusahaan Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) membentuk Soccer GrassRoot Academy (SGRA) di Kabupaten Sumedang. Bulan November tahun ini, SSB Binsa Lodaya didirikan di sebuah lapangan futsal dengan nama sama di Bandung Barat.

Tahun 2012, Ari D. Sutedi membentuk Pelita Bandung Raya, klub merger dari Pelita Jaya dan Bandung Raya. Di tahun yang sama, kiper legendaris Persib Bandung Boyke Adam mendirikan Boyke Adam Goal Keeper (BAGK) Camp.

Tahun 2013, mantan Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi mendirikan sekolah sepakbola yang memadukan SSB dan sekolah formal SMP dan SMA bernama SSB ASAD 313 Jaya Perkasa. SSB ini bekerja sama dengan pemerintah kabupaten. SSB yang dimanajeri Habib Alwi Hasan Syu’aib ini pernah dilatih oleh Jacksen F. Tiago dalam Danone Nation Cup (DNC) 2014 di Brasil. Mereka saat itu mencapai perempat final dunia.

Di tahun yang sama, SSB Siliwangi di Kota Bandung didirikan. Tahun ini, SSB Putra Purwana Mekar asal Jatinangor mulai berlatih. Tahun ini, Novi Saputra mendirikan SSB Satria Gemilang Garut.

Tahun 2015, dua pelatih asal Depok bernama Ulis dan Endy mendirikan SSB Setia Junior. Tahun 2016, SSB Kujang Putra didirikan di Kabupaten Karawang, begitupula SSB Hafizh (Sebelumnya SSB Alpes) di Garut.

Di tahun 2018, M. Firman Hadillah mendirikan Akademi Persib Cimahi (APC) pada tanggal 23 Maret 2018. Diklat Persib ketiga setelah Banjar dan Majalengka ini terletak di Kota Cimahi. Di tahun yang sama, SSB Persada Cimahi juga didirikan. Tahun ini, SSB Arofa juga didirikan di Sumedang.

Tahun 2019, Yedi Pebrianto mendirikan komunitas sepakbola Yepe Family Football Community. Di tahun ini, Goalkeeper Private Camp dan RBP Goalkeeper Academy hadir di Kota Bandung. Di Garut, SSB baru bermunculan, terdiri dari SSB Putra Asgar, SSB D'Patriot, dan SSB Punggawa Muda Priangan.

Tahun 2020, tepatnya tanggal 14 Maret, Markus Horison mengakusisi SSB Pato United atau SSB Pato Jimenez menjadi SSB Markus Horison 27. Tahun ini, empat SSB Garut, terdiri dari SSB Samba Cikajang, SSB Family Cikajang, SSB Sambada Cikajang, dan SSB Mandala Cikajang bersatu mendirikan Cikajang Raya Football Club. Tahun yang sama, pengusaha lokal H. Kiki atau H. Cahyadi Setiawan membentuk Akademi Garut United (AGU).

Tahun 2021, legenda Persib Bandung Imral Usman mendirikan SSB Honest Cimahi di awal tahun. Di tahun yang sama, SSB Bintang TFG Cilangkap di Depok diresmikan pada bulan Maret. Tahun ini juga menjadi tahun berdirinya SSB Tunas Biru di Cileunyi, Kabupaten Bandung. Tahun ini juga menandai pembukaan cabang Goalkeeper Private Camp Bandung di Garut.

SSB BERDASAR WILAYAH TERDEKAT DI JAWA BARAT


Provinsi Jawa Barat memiliki 9 kotamadya dan 18 kabupaten. Kesembilan kotamadya tersebut terdiri dari Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Sukabumi, dan Kota Tasikmalaya. 

Kedelapan belas kabupaten tersebut terdiri dari Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Tasikmalaya.


SSB TERDEKAT DI KOTA DAN KABUPATEN BANDUNG


Kota Bandung terdiri dari 30 kecamatan, antara lain Andir, Astana Anyar, Antapani, Arcamanik, Babakan Ciparay, Bandung Kidul, Bandung Kulon, Bandung Wetan, Batununggal, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Buahbatu, Cibeunying Kaler, Cibeunying Kidul, Cibiru, Cicendo, Cidadap, Cinambo, Coblong, Gedebage, Kiaracondong, Lengkong, Mandalajati, Panyileukan, Rancasari, Regol, Sukajadi, Sukasari, Sumur Bandung, dan Ujungberung.

SSB yang bermarkas di Antapani adalah SSB Kartabraja, tepatnya di Lapang Tembak Gunung Bohong Cimahi Padasuka setiap Rabu dan Jumat. SSB di Bandung Kidul adalah SSB Saint Prima di Lapangan Bola Saint Prima Mengger, SSB Brazillian Soccer School (BSS), dan Goalkeeper Private Camp di  lapangan Batununggal Indah Club.

SSB di Batununggal adalah SSB Saswco di lapangan di Komplek Seskoad  Samoja setiap Selasa, Kamis, dan Minggu. SSB yang bermarkas di Bojongloa Kidul adalah SSB Kotab di lapangan samping Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banceuy dan SSB Palber di Palber Futsal Cibaduyut. SSB lain di kecamatan ini adalah SSB Sultan Muda dan Bokye Adam Goal Keeper (BAGK) Camp di Lapangan Sepak Bola Lodaya.

SSB terdekat di Buah Batu adalah RBP Goalkeeper Academy yang didirikan Rizky Bagja Permana. SSB khusus kiper ini berlatih di lapangan Mini Soccer Cidurian, Cijawura, Buahbatu. SSB terdekat di Cibeunying Kidul adalah Pembinaan Sepakbola Usia Muda (PSBUM) IKIP Bandung di Kampus Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK) Padasuka. SSB yang bermarkas di Cicendo adalah Soccer Coop Schools (SCS) di Soccer Coop Jatayu.

SSB yang bermarkas di Lengkong adalah SSB Propelat di Lapangan Lodaya, SSB Brazilian Soccer School di Bikasoga Futsal, dan SSB Saswco di Lapangan Pusat Kesenjataan Kavaleri (PUSSENKAV) Komando Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD.

SSB yang bermarkas di Rancasari adalah SSB UNI Bandung di Komplek Baturaden Ciwastra.SSB di Regol yaitu SSB Setia FC dan Goalkeeper Football Camp di Lapangan Tegallega atau Lapangan Tegalega Ciateul. SSB yang bermarkas di Sumur Bandung adalah SSB Siliwangi di Stadion Siliwangi.

SSB yang bermarkas di Kabupaten Bandung antara lain SSB Perbi di Stadion Minisoccer Perbi, SSB Rick's Sayati di Stadion Angkasa Lanud Sulaiman, SSB Bina Taruna Sukapura di lapangan Sukapura, dan SSB Galaxy atau Perhimpunan Persatuan Sepakbola Desa Sukapura (PPSDS) Galaxy di Lapangan Argasari dan Lapangan Saluyu. 

SSB TERDEKAT DI KABUPATEN SUMEDANG


SSB di Kabupaten Sumedang adalah SSB Pikiran Rakyat dan SSB Propelat di Jatinangor. Di daerah ini juga terdapat SSB Putra Purwana Mekar (PPM) di Lapangan desa Cileles dan SSB Trio di Lapangan Ciawi. SSB terdekat di Sumedang Utara yaitu SSB Tandang Sumedang di Stadion Ahmad Yani. Sedangkan, SSB di Sumedang Selatan yaitu SSB Arofa di Lapangan Landing Paralayang Sawah Lega. 

Di Kabupaten Sumedang, SSB Bharata berlatih di Lapangan Boka, SSB Mandala di Lapangan Mandala, dan SSB Radar Taruna di desa Tolengas. SSB Basis FC berlatih di lapangan desa Sidomukti. Kecamatan Tanjungsari dan Pamulihan menjadi tempat berlatih SSB Barracuda, SSB Garuda Ambar Squad, dan SSB Garuda Muda Cilembu. 

Di Lapangan Parmasasmita Darmaraja, SSB Japar Sidik Darmaraja berubah nama menjadi SSB Cikeusi. Soccer GrassRoot Academy (SGRA) milik Coca Cola Amatil Sumedang Plant berlatih di Jalan Rancaekek Kilometer 22 Nomor 21, Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

SSB TERDEKAT DI KABUPATEN GARUT


Secara lengkap, kecamatan di Garut terdiri dari Garut Kota, Pasirwang, Wanaraja, Sukaresmi, Karangpawitan, Cisurupan, Cilawu, Bayongbong, Pangatikan, Cigedug, Sucinaraja, Cikajang, Limbangan, Banjarwangi, Selaawi, Singajaya, Malangbong, Cihurip, Kersamanah, Peundeuy, Cibatu, Cisewu, Talegong, Caringin, Sukawening, Bungbulang, Karangtengah, Mekarmukti, Cibiuk, Pakenjeng, Leuwigoong, Pamulihan, Leles, Cikelet, Kadungora, Cibalong, Banyuresmi, Cisompet, Tarogong Kaler, Pameungpeuk, Tarogong Kidul, dan Samarang.

SSB di Garut Kota adalah Akademi Garut United di Lapangan Korem 062 / Tarumanagara. Akademi Garut United juga memiliki lapangan di Tarogong Kaler, yaitu di Lapang Sepak Bola Rancabango. SSB lain di Rancabango adalah Sekolah Sepakbola (SSB) Priangan dan SSB privat khusus kiper Goalkeeper Private Camp.

Akademi Garut United juga memiliki lapangan di Tarogong Kidul, tepatnya lapangan Olahraga SOR Merdeka Kerkof atau SOR Kerkhof, berbagi lapangan dengan Goalkeeper Private Camp.

SSB yang bermarkas di Tarogong Kidul adalah SSB VIC Pamong Praja, SSB Hafizh, SSB Jayaraga Football Club di Stadion Jayaraga. SSB D Patriot bermarkas di Lapangan Belakang STKIP atau Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut, yang kini menjadi Institut Pendidikan Indonesia (IPI). SSB terdekat di Tarogong Kidul lainnya adalah SSB Priangan di Lapangan Sederhana Jaya Futsal di Haurpanggung.

SSB di Pangatikan yaitu SSB Satria Gemilang di Lapangan Centra Bakti Cihuni desa Cimaragas, Garut, serta SSB Putra Garut di Gelanggang Olahraga Koko Niti Mihardja atau Lapang koko Nitimiharja.

SSB di Cikajang antara lain SSB Sambada di Lapangan Sepakbola Wirabakti, SSB Samba di Cibodas, SSB Mandala di lapangan Stasiun Cikajang Padasuka dan Lapang Sepak Bola Ibrahim Aji, dan SSB Family di Lapangan Batalyon Infanteri 303 Raider Setia Sampai Mati atau Lapangan Yonif Cibuluh. 

SSB TERDEKAT DI KOTA DAN KABUPATEN LAIN JAWA BARAT

Kota Depok terdiri dari 11 kecamatan, antara lain Beji, Bojongsari, Cilodong, Cimanggis, Cinere, Cipayung, Limo, Pancoran Mas, Sawangan, Sukmajaya, dan Tapos. SSB di Kota Depok antara lain SSB Metro Kukusan di Lapangan Sepak Bola Persik Kukusan, SSB Setia Junior di Lapangan Koni Pancoran Mas, dan SSB Bintang TFG Cilangkap di Lapangan AURI Komplek Dwikora TNI AU.

Kota Cimahi terdiri dari  terdiri dari kecamatan Cimahi Selatan, Cimahi Tengah, dan Cimahi Utara. SSB di Kota Cimahi antara lain SSB Honest beralamat di Bintang Sport Mini Soccer Cibeureum, SSB Panama FC di Stadion Sangkuriang, Akademi Persib Bandung Cimahi di Lapangan Fanship Mini Soccer Cigugur, SSB Persada di Lapangan Yon Zipur 3 Karangmekar, dan SSB Nett di Lapangan Futsal Tegal Kawung Cipageran. 

SSB Prima FC dan SSB Kartabraja sama-sama berlatih di Lapangan Tembak Gunung Bohong Padasuka, Cimahi Tengah. SSB Bravensia berlatih di Lapangan Arhanud, Lapang Centrum Futsal, dan Lapang Depan SLBN A Citeureup.

Kabupaten Cirebon terdiri dari 40 kecamatan, antara lain Arjawinangun, Astanajapura, Babakan, Beber, Ciledug, Ciwaringin, Depok, Dukupuntang, Gebang, Gegesik, Gempol, Greged, Gunungjati, Jamblang, Kaliwedi, Kapetakan, Karangsembung, Karangwareng, Kedawung, Klangenan, Lemahabang, Losari, Mundu, Pabedilan, Pabuaran, Palimanan, Pangenan, Panguragan, Pasaleman, Plered, Plumbon, Sedong, Sumber, Suranenggala, Susukan, Susukanlebak, Talun, Tengahtani, Waled, dan Weru. SSB Ampera Cirebon adalah SSB yang terdapat di Ciledug, bermarkas di Lapangan Ampera.

SSB di Kabupaten Purwakarta adalah SSB ASAD 313 Jaya Perkasa. SSB ini bermarkas di Komplek UPTD SKB, Jalan Purnawarman Timur, Purwakarta. SSB di Kabupaten Karawang adalah SSB Bina Patra di Lapangan Aria Proponcol dan SSB Kujang Putra di Lapangan Sepak Bola Kujang Putra Pisangsambo. SSB di Kota Bekasi adalah SSB Putra Junior FC di Lapangan Rawa Kalong Kidul dan SSB Irpas Putra Bekasi di Lapangan Serbaguna Margahayu.

SSB di Kota Bogor adalah SSB Citereup Raya yang bermarkas di Lapangan KONI Bojong Puspanegara, Citereup. SSB ini beralamatkan di KP. Bojong KONI Puspanegara RW 07, Kelurahan Puspanegara. SSB di Kabupaten Tasikmalaya adalah SSB Putra Junior dan SSB DK Private di Lapangan Gunung Kialir Cibeureum. SSB di Kabupaten Cianjur adalah SSB Atep Seven di Stadion Stadion Badak Putih Cianjur.

SSB Markus Horison 2027 bermarkas di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Ngamprah. SSB ini menggantikan SSB Pato Jimenez yang sudah ada sebelumnya. Di Bandung Barat, SSB Binsa Lodaya bermarkas di Futsal Lodaya Ngamprah.

PEMAIN SSB ASAL KOTA BANDUNG JAWA BARAT

Ada banyak pemain sepak bola profesional yang berasal dari Provinsi Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. UNI Bandung adalah salah satu klub tertua di Kota Bandung dan Jawa Barat yang telah menghasilkan banyak pemain bintang. Tercatat nama-nama seperti Yusuf Bachtiar, Risnandar Soendoro, Adeng Hudaya, Yaris Riadi, Zaenal Arif, Eka Ramdani, Atep Rizal, Heri Kiswanto, Deni Syamsudin, Deden M Natshir, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, RA Marzuki, Ibrahim Aji, dan Ferdiansyah. Mayoritas pemain-pemain tersebut pernah mengenyam karir di Persib Bandung dan klub-klub besar di Indonesia.

SSB lain yang cukup banyak menghasilkan pemain bintang adalah Propelat Bandung. Propelat telah menghasilkan nama-nama seperti Nandar Iskandar, Iwan Sunarya, Nandang Kurnaedi, Asep Sumantri, Ganjar Nugraha, Adjat Sudrajat, Suryamin. SSB Saswco telah menghasilkan nama-nama seperti Beckham Putra Nugraha, Diandra Diaz Dewari, dan Dafa Fikri Maulana. SSB Saint Prima menghasilkan nama-nama seperti Jujun Syaifullah, Jajang Sukmara, Yandi Sofyan Munawar, dan Miftah Anwar Sani. SSB Setia FC menemukan bakat Dias Angga Putra dan Suwitha Patha. SSB Kartabraja menghasilkan Henhen Herdiana, Afghani Abdul Aziz, dan Satria Febrian Putra Prianya.

Selain nama-nama tersebut di atas, beberapa nama berasal dari SSB lain. Contohnya Malik Abdul Aziz Lutfi Akbar, bakatnya diasah di SSB Pro Duta Tegalega. Alerick Aziz juga merupakan murid SSB SSI Arsenal Bandung.

PEMAIN SSB LAINNYA ASAL JAWA BARAT

Kakang Rudianto adalah pemain Persib Bandung yang memulai karir di SSB Atep Seven Cianjur. Kakang melanjutkan ke Akademi Persib Bandung Cimahi. Kakang meneruskan keberhasilan Atep Rizal untuk bermain di Persib Bandung.

Ronaldo Joybera Kwateh juga berasal dari Akademi Persib Bandung Cimahi. Selain di Cimahi, putra Roberto Kwateh ini pernah merasakan SSB di Yogyakarta bersama SSB Selabora, SSB MAS, SSB Pendowoharjo Bantul, SSB Persiba Bantul, dan Jogja Kickoff Academy United sebelum bergabung dengan Madura United dan timnas senior. 

Dari SSB ASAD 313 Jaya Perkasa terdapat nama-nama timnas junior seperti Ahludz Dzikri Fikri, Hamsa Medari Lestaluhu, Muhammad Talaohu, Yadi Mulyadi, Muhammad Fajar Faturrahman, Ardi Ardiana, Sukrayatul Fajra, dan Pualam Bahari.

Hamsa Medari Lestaluhu alumnus SSB ASAD 313 pernah membela Deltras Sidoarjo dan Bhayangkara FC. Ia dahulu pernah membela Frenz United. Muhammad Fajar Faturrahman merupakan alumnus ASAD 313 yang memperkuat Borneo FC Samarinda. Sebelumnya, Fajar memperkuat SSB Bina Taruna Papua, Persib Bandung, dan Kalteng Putra. 

Ardi Ardiana merupakan alumnus ASAD 313 yang pernah memperkuat Kalteng Putra FC. Pualam Bahari merupakan alumnus ASAD 313 yang memperkuat Borneo FC. Pualam pernah membela SSB Tiga Naga Pekanbaru, PPLP Sumatera Utara, dan Kalteng Putra. Sebelum membela ASAD 313, Pualam merupakan mantan pemain Akademi Bina Sentra Cirebon.

Haikal Nur Karim adalah satu dari dua pemain terpilih dalam seleksi 50 pemain muda Asia Allianz Junior Football Camp 2016 di Canggu, Bali, 19-21 Juli 2016 bersama FC Bayern Munich. Haikal Nur Karim adalah mantan pemain SSB Pelita Jaya Soccer School Parung yang pada kesempatan itu bertemu legenda FC Bayern Munich Giovane Elber.

Reza Agus Febrian adalah kiper asal Buldoser atau SSB Citereup Raya yang masuk dalam daftar pemain Timnas U-14 untuk mengikuti Japan-ASEAN Football Exchange Programme tahun 2014 di Osaka, Jepang. Timnas Indonesia dipimpin Fachri Husaini dan Yeyen Tumen memperoleh peringkat 10 dari 12.

Ardi Ardiana adalah pemain asal SSB Satria Gemilang Garut dan ASAD 313 Purwakarta. Ardi Ardiana menjuarai Liga 3 2021 Zona DKI Jakarta bersama Batavia FC, serta lolos seleksi timnas Indonesia U-19 dan Garuda Select di Inggris usai tampil gemilang bersama tim junior Kalteng Putra.

Zaenal Arif adalah pemain timnas asal Diklat Samba Garut yang berkiprah bersama Persigar Garut, Persib Bandung, Persita Tangerang, Persisam Putra Samarinda, Persikabo Bogor, PSPS Pekanbaru, dan Madura United.

Adik dari Zaenal Arif, Yandi Sofyan Munawar, striker Garut asal SSB Saint Prima Bandung berkiprah di Persigar Garut, Persib Bandung, Deportivo Indonesia, Arema Malang junior, CS Vise 21, Arema Cronus, Brisbane Roar junior, Bali United, dan Persikota Tangerang.

Johan Juansyah adalah alumnus SSB Mandala Cikajang Garut. Johan pernah membela Persigar Garut, Persib Bandung, Persijap Jepara, Persija Jakarta, Persikabo Bogor, Pelita Bandung Raya, Persiba Balikpapan. Kiprahnya diikuti Rudi Geovani yang sempat menjadi wonderkid Persib Bandung. 

Ana Supriatna adalah alumnus SSB Mandala Cikajang yang kemudian memperkuat Persib Bandung Junior, Barito Putera, dan Martapura FC. Ary Ahmad Syafari berasal dari SSB Mandala Putra Cikajang dan membela Persib Bandung junior, Gresik United, 757 Kepri Jaya FC, dan Persiba Balikpapan.

DAFTAR SSB DAN KLUB DI JAWA BARAT
  • KOTA / KABUPATEN BANDUNG
  1. Persib Bandung
  2. Diklat Persib
  3. Bandung Raya
  4. Mastrans Bandung Raya
  5. Pelita Bandung Raya 
  6. POR UNI Bandung
  7. Sari Bumi Raya
  8. Akademi Persib
  9. SSB Saswco
  10. SSB Uni Bandung
  11. SSB Siliwangi Bandung
  12. SSB Kartabraja
  13. Yepe Family FC
  14. SSB Kotab Bandung
  15. SSB Palber
  16. SSB Setia Bandung
  17. SSB Pro Duta
  18. SSB Teruna
  19. SSB Jatira  Ambaraya
  20. SSB Saint Prima
  21. SSB Jatira Ambaraya
  22. SSB Daras Bandung
  23. SSB Viking
  24. SSB Sidolig
  25. SSB Tunas Kujang
  26. SSB Pasopati
  27. SSB Golden Star
  28. SSB Angkasa
  29. Bina Pakuan
  30. SSB Matra
  31. SSB Kasumba
  32. SSB Logam
  33. Soccer Coop  Schools (SCS)
  34. Pembinaan Sepakbola Usia Muda (PSBUM) IKIP Bandung
  35. SSB Pato Siliwangi
  36. SSB Perbi
  37. SSB Rick’s Sayati
  38. SSB Bina Taruna Sukapura
  39. SSB Galaxy Sukapura
  40. SSB Tunas Biru
  41. SSB Sultan Muda
  42. Goalkeeper Private Camp
  43. Boyke Adam Goal Keeper (BAGK) Camp
  44. RBP Goalkeeper Academy
  • KOTA / KABUPATEN BOGOR
  1. SSB Citeureup Raya
  2. SSB Tunas Porcis
  3. SSB Citra Pukad
  4. SSB Cibinong Rata
  5. SSB Putra Leuwiliang
  6. SSB Prahara
  7. SSB Tunas Kabomania
  8. SSB Citra Pratama
  9. SSB Satria
  10. SSB Praja BRFA
  11. SSB Tunas Putra Caringin
  12. SSB Siaga Pratama
  13. SSB Putra Parung
  14. SSB Tunas Bogor
  15. SSB RBS Cileungsi United
  16. SSB M Private Soccer
  17. SSB Cibinong Putra
  18. SSB Gapura Academy SS
  19. SSB Persipa
  20. SSB Bojong Kulur Raya
  21. SSB Pelita Jaya Soccer School Parung
  • KOTA BEKASI
    1. SSB Putra Junior FC
    2. SSB Irpas Timur
    3. SSB Bekasi Putra
    • KOTA DEPOK
      1. SSB Setia Junior
      2. SSB Metro Kukusan
      3. SSB UI
      4. SSB Bintang Cilangkap
      5. SSB Bintang TFG Cilangkap
      • KOTA / KABUPATEN CIMAHI
      1. Akademi Persib Cimahi (APC)
      2. SSB Nett Cimahi
      3. SSB Persada Cimahi
      4. SSB Panama FC
      5. SSB Honest Cimahi
      6. Robby Darwis Football Academy
      7. SSB Siliwangi
      8. SSB Adjat Sudrajat
      9. SSB Prima FC
      10. SSB Prima Con Cimahi
      11. SSB Siliwangi Cimahi
      12. SSB Kibar
      13. SSB Kartabraja
      14. SSB Bravensia
      • KABUPATEN TASIKMALAYA
      1. SSB Putra Junior
      2. SSB DK Private
      • KABUPATEN PURWAKARTA
      1. SSB ASAD 313 Jaya Perkasa
      • KABUPATEN SUKABUMI
        1. SSB Jatira Raharja
        • KABUPATEN MAJALENGKA
          1. SSB Majalengka
          • KABUPATEN CIANJUR
            1. SSB Atep Seven
            • KABUPATEN BANDUNG BARAT
              1. SSB Markus Horison 2027
              2. SSB Pato Jimenez
              3. SSB Pato United
              4. SSB Binsa Lodaya
              • KABUPATEN GARUT
                1. Akademi Garut United
                2. Cikajang Raya FC
                3. SSB Putra Asgar
                4. SSB D'Patriot
                5. SSB VIC Pamong Praja
                6. SSB Hafizh
                7. SSB Satria Gemilang
                8. Goalkeeper Private Camp
                9. SSB Putra Garut
                10. SSB Priangan Rancabango
                11. SSB Jayaraga
                12. Diklat Samba
                13. SSB Samba Cikajang
                14. SSB Mandala Cikajang
                15. SSB Family Cikajang
                16. SSB Bina Taruna Cikajang
                17. SSB Sambada Cikajang
                18. SSB Tunas 2000
                • KABUPATEN SUMEDANG
                  1. Perses Sumedang
                  2. SSB Pikiran Rakyat Jatinangor
                  3. SSB Bhatara 
                  4. SSB Arofa
                  5. SSB Tandang
                  6. SSB Setia Muda
                  7. SSB Bintang Timur
                  8. SSB Basis
                  9. SSB Andin 11 April
                  10. SSB Radar Taruna Tolengas Tomo
                  11. SSB Trio Jatinangor
                  12. SSB Propelat Jatinangor
                  13. SSB Putra Purwana Mekar (PPM)
                  14. Putra Mekarjaya FC
                  15. SSB AMK (Andien Mesta Komala)
                  16. PS Andien Mesta Komala
                  17. PS Bintang Tanjung Medal
                  18. PS Cakra
                  19. PS Dempo
                  20. PS Mandala
                  21. PS Mars
                  22. PS Merpati
                  23. PS Pata
                  24. PS Puber Trio
                  25. PS Puciko
                  26. PS Putra Kujang
                  27. PS Madukara
                  28. PS Sahara FC
                  29. PS Sidiq Jafar
                  30. PS Sima Lodra FC
                  31. PS Sukamukti
                  32. PS Spartan
                  33. PS Bina Putra Pamekar (PS BPP)
                  34. Ranc FC
                  35. PS Cibeureum
                  36. SSB Barracuda
                  37. SSB Arba Puspa
                  38. SSB Garuda Cilembu
                  39. SSB Mandala Cimalaka
                  40. SSB Mars
                  41. SSB Putra Kujang
                  42. SSB Setia Muda
                  43. SSB Japar Sidik Darmaraja
                  44. SSB Garuda Ambar Squad
                  45. Cikeusi United
                  46. SSB Cikeusi
                  47. PSJS Darmaraja
                  48. O2SN Cimanggung
                  49. Samba FC Tegalmanggung
                  50. Soccer GrassRoot Academy (SGRA)
                  51. GBA FC Tegalmanggung
                  52. GMC Garut

                  Sumber: Wikipedia, Indosport, Bola.com, Detik, Historia, RSSSF, Kompasiana, serbabandung.com, Facebook, Bolasport, Bandungrayanews.com, Soccerpedia.id, saktimedianews.id, Facebook, superkidsindonesia.com, indrasantira.blogspot.com, tribunnews, transfermarkt.com, Detik, Pikiran Rakyat, Skor.id, cibiruwetan.desa.id, akurat,, sidiqpamungkastaryanto.blogspot.com, eljabar.com, Instagram, kabarpriangan.com, mediasumedang.blogspot.com, tribunnewswiki, ssbppm.blogspot.com, Youtube, kapol.id, kabarnusantara.id, liputan 6, ssbhafizhgrt.blogspot.com, jabarbicara.com, indosport, hariangarutnews.com, koran-fakta.com, Radar Garut, portalbelanegara.com, tribunnewswiki, Sindo, Bolasport..

                  Comments