PPLP Papua: Diklat Penghasil Pemain Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia

Papua adalah salah satu dari delapan provinsi yang terpilih untuk didirikan PPLP pada tahun 1984. PPLP singkatan dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar dan merupakan kepanjangan pemerintah pusat untuk membentuk atlet pelajar.

PPLP DKI Jakarta atau PPLP Ragunan maupun PPLP Jawa Tengah atau PPLP Semarang (eks Diklat Salatiga) adalah PPLP yang cukup disegani di Indonesia. Namun, provinsi ujung timur Indonesia juga memiliki PPLP yang cukup kompetitif menghasilkan pemain-pemain bintang asal Papua. PPLP Papua sudah berdiri sejak tahun 1986, saat itu bernama PPLP Irian Jaya.

Penyuplai Persipura Jayapura

Siapa sajakah pemain alumni PPLP Papua? Sebut saja Carolino Ivakdalam, Chris Leo Yarangga, Erol Franciscus Xaverius (FX) Iba, Fernando Fairyo, Ritham Madubun, dan Yohanais Bonay. Nama-nama tersebut dikenal pernah membela Persipura Jayapura yang musim ini turun ke Liga 2 Indonesia.

Chris Leo Yarangga, Erol FX Iba, dan Ritham Madubun adalah contoh pemain asal Diklat PPLP Papua yang pernah menjadi pemain timnas senior. Untuk mengetahui syarat masuk PPLP Papua, Anda bisa mendatangi alamat instansi terkait. PPLP Papua beralamat di Kompleks Kantor Otonom, Jalan Otonom, Distrik Abepura, Kota Jayapura.





Scout Indonesia








Comments