Hikmah Peran Khalifah Umar bin Khattab dalam Sejarah Tahun Baru Hijriyah


Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari. Bagi umat Islam, Tahun Baru Hijriyah adalah momentum yang perlu kita rayakan sekaligus hayati melebihi tahun baru Masehi tersebut.

Berawal dari tanggal 1 Muharram 1 Hijriyah tahun 622 Masehi, Nabi Muhammad SAW meninggalkan Kota Mekkah menuju Madinah. Peristiwa Hijrah Rasulullah SAW tersebut menunjukkan sikap tanggap situasi beliau sebagai seorang pemimpin umat.

Saat itu Kota Mekkah tidak kondusif untuk menjalankan aktivitas dakwah Islam. Kepindahan Beliau dan para Sahabat menuju Madinah menjadi tonggak awal kemajuan Islam. Hijrah juga menjadi pembeda antara yang haqq dan bathil.

Adalah Khalifah Umar bin Khattab yang menjadikan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW sebagai awal penanggalan Islam. Umar juga harus meninggalkan kekuasaan dan kemasyhuran duniawi di Mekkah untuk berjuang dari awal bersama Rasulullah SAW.


Sumber: Instagram Gusti Farid Hasan Aman, Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Kalsel, Ketua Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI 2019-2022.

Keterangan: Stakeholder adalah rubrik berita non sepakbola bagi para pemangku kepentingan yang berada di sekitar dunia sepakbola.



Scout Indonesia. Jangan lupa klik dan subscribe kanal Youtube LigaIndonesia.My.Id untuk memperoleh video-video sepakbola akar rumput. 








Comments