Sekolah Sepak Bola SSB Terdekat Terbaik di Tangsel



SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI DI KOTA TANGERANG SELATAN BANTEN

Sejarah perkembangan sepakbola usia dini di Kota Tangerang Selatan Tangsel Banten dimulai dari kronologi beberapa tanggal penting. 

Tahun 1928, tepatnya tanggal 17 Oktober, sekitar 26 pemuda Kemayoran Jakarta mendirikan klub Persatuan Olah Raga (POR) Setia atau Setia Football Club (FC). Setia FC. Klub ini di kemudian hari membuat Akademi Sepak Bola Setia di Ciputat.

Tahun 1995, sekelompok orang tua siswa di British International School mendirikan The Jakarta Schools Football Association (JSFA). Sekolah sepakbola inilah yang kemudian merancang kompetisi lintas sekolah bernama Jakarta Schools Football League (JSFL).

Tahun 2000, komunitas pecinta sepakbola di Villa Pamulang terdiri dari Ferry Paulus, Asher Siregar, Gatot Ginandjar, Raymond Lesnusa, Rudi Darmawan, Rangga Novelan, Iwan Setiawan mendirikan komunitas sepakbola bernama Villa 2000.

Tahun 2002, Dahlan (Lurah Paku Jaya), M. Toha, dan Agus Junaeni mendirikan SSB Diklat Paku Jaya.

Bulan Oktober 2003, komunitas Villa 2000 berubah menjadi SSB Villa 2000, didukung tangan dingin pelatih profesional Iwan Setiawan.

Tahun 2004, tepatnya tanggal 17 Oktober 2004, Setia FC dihidupkan kembali, salah satunya dengan membangun Akademi Sepakbola Setia.

Tahun 2009, Persitangsel atau Persatuan Sepak Bola Indonesia Tangerang Selatan berdiri. Klub ini bermarkas di Stadion Mini Ciputat.

Tahun 2012, tepatnya tanggal 26 Februari 2012, Sihar Sitorus dan PT. Produta FC mendirikan Boca Juniors Soccer School. Sekolah sepakbola yang didukung klub Argentina yang berusia seabad dan terkenal mengorbitkan Diego Maradona, Gabriel Batistuta, Juan Roman Riquelme, dan Carlos Tevez.

Di tahun yang sama, Ricky Nelson mendirikan Serpong City Soccer School (SCSS). SCSS berdiri pada tanggal 12 Desember 2012. SCSS didukung oleh Yayasan Ronny Pattinasarani.

Tahun 2016, tanggal 11 Februari, klub senior Villa 2000 FC dibeli oleh personil grup band Slank Abdee Negara Nurdin. Akusisi ini menandai perpindahan klub asli Pamulang tersebut ke Palu, Sulawesi Tengah, dengan nama Celebest FC.

Tahun 2021, tanggal 22 Februari, Tommy Hermawan Lo dan Kevin Hardiman mendirikan Dewa United FC. Keduanya mengakusisi Martapura FC asal Kalimantan Selatan untuk membawa klub baru di Tangsel. Meskipun bermarkas di Stadion Indomilk yang berada di Tangerang, klub ini biasa berlatih di Tangsel. Di tahun yang sama, tanggal 29 Mei, Serpong City FC bertransformasi menjadi klub profesional baru asal Tangsel.

SSB BERDASAR WILAYAH TERDEKAT

Kota Tangerang Selatan terdiri dari 7 kecamatan, yaitu Kecamatan Ciputat, Kecamatan Ciputat Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kecamatan Serpong Utara, Kecamatan Setu, Kecamatan Serpong, dan Kecamatan Pamulang.

SSB yang berada di Ciputat adalah Akademi Sepakbola Setia. SSB ini beralamat di Lapangan Brimob Ciputat dan latihan setiap Selasa dan Kamis. Lapangan ini juga disebut Lapangan Sepakbola Brimob DEN C, beralamat di Komplek Perumahan Brimob Detasemen C. Akademi Sepakbola Setia dikhususkan untuk pemain berusia 16 hingga 17 tahun. Akademi ini dilatih oleh pelatih legenda Sinyo Aliandoe dan pelatih tamu Jimmy Rojas.

SSB yang berada di Pondok Aren adalah Jakarta Schools Football Association (JSFA). SSB ini bermarkas di Bintaro Jaya Sektor 9, Jalan Raya Jombang Cileduk, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

SSB yang berasal dari Serpong Utara adalah SSB Diklat Paku Jaya. SSB Diklat Paku Jaya beralamatkan di lapangan dan stadion mini sepakbola Paku Jaya, Jalan Bhayangkara 1, Paku Jaya kecamatan Seprong Utara.

Serpong Utara juga menjadi markas dari Serpong City Soccer School (SCSS). SSB berjuluk "The Wolf" atau Serigala ini biasa berlatih di Sabnani Park yang beralamat di Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

SSB yang bermarkas di Serpong adalah Boca Juniors Soccer School. SSB Boca ini bermarkas di Sinarmas World Academy, CBD Lot XV BSD City, Jalan Taman Makam Pahlawan Seribu, Cilenggang. 

SSB yang bermarkas di Pamulang adalah SSB Villa 2000 FA.

Untuk memperoleh pilihan SSB terbaik dan terdekat, silahkan mengamati daftar SSB tersebut. Para siswa biasanya harus mempersiapkan berkas-berkas seperti kartu keluarga (KK), akte kelahiran, rapor atau ijazah, kartu pelajar, mengisi formulir pendaftaran, dan membayar biaya pendaftaran.

PEMAIN SSB ASAL TANGERANG SELATAN BANTEN

Ada banyak pemain sepak bola profesional yang berasal dari Kota Tangerang Selatan.


DAFTAR SSB DAN KLUB DI TANGSEL JAWA BARAT
  1. Persitangsel Tangsel
  2. Dewa United FC
  3. Serpong City FC
  4. SSB Diklat Paku Jaya
  5. Boca Juniors Soccer School
  6. Jakarta Schools Football Association (JSFA)
  7. Akademi Sepak Bola Setia
  8. Villa 2000 FA
  9. Villa 2000 FC
  10. Serpong City Soccer School (SCSS)
Sumber: Instagram, Twitter, Facebook, Superkids Indonesia, isfabylaliga.com, Kompasiana, Wikipedia, tangerangnews.com.

Comments

Post a Comment