Risnandar Soendoro: Cara Masuk Timnas Indonesia, Persib Bandung, dari SSB UNI

Tanggal 3 Maret 2016, publik Bandung kehilangan figur sepakbola ternama. Risnandar Soendoro adalah tokoh tim nasional Indonesia, Persib Bandung, dan klub legendaris Usaha Nanti Istirahat (UNI) Bandung.

Tak berlebihan, Risnandar Soendoro mendapat julukan Franz Beckenbauer Asia. Berposisi sebagai bek, pria kelahiran Bandung, 31 Januari 1948 ini menjadi punggawa Persib Bandung dan menjaga pertahanan timnas pada masa emasnya.

Darah Sepakbola

Risnandar Soendoro adalah putra dari R. Soendoro, seorang pemain asal VIJ atau kependekan dari Voetbalbond Indonesische Jakarta. Klub inilah yang kemudian kita kenal sebagai Persija Jakarta. 

Darah sepakbola mengalir dalam keluarga R. Soendoro. Risnandar Soendoro juga memiliki saudara kandung yang juga menjadi pemain Persib Bandung. Mereka adalah Soenarto, Soenaryono, Giantoro, and Hari.

Bakatnya diketahui oleh Persib Bandung sejak bermain untuk PS UNI Bandung. Ia saat itu mengikuti jadwal latihan SSB UNI Bandung dan berlatih keras. Klub yang berdiri tanggal 28 Februari 1903 dan dulu memiliki alamat di Lapangan Karapitan. 

Sejak usai masa baktinya bersama Persib Bandung, Risnandar Soendoro sempat membela PSGC Ciamis, Persiba Balikpapan, Bandung Raya, dan Persikab Bandung. Usai gantung sepatu, ia diketahui melatih SSB UNI Bandung.



Scout Indonesia








Comments