Herry Kiswanto: Perantau Aceh Sukses Pemain-Pelatih Berkat SSB di Bandung

Herry Kiswanto atau kerap disapa Herkis dan Kang Engkis adalah pelatih kelahiran Banda Aceh, 25 April 1955. Herry Kiswanto tergolong sukses sebagai pemain sekaligus pelatih.

Pelatih yang dulunya berposisikan sebagai bek ini mengawali karir sepakbola di klub bernama Tornado. Usai membela Tornado, Herkis berpindah ke PTPN XIII.

Gerbang UNI Bandung

UNI Bandung menjadi tempatnya menimba ilmu sepakbola di Kota Bandung. Berkat salah satu klub tertua di Bandung itu, Herry Kiswanto yang merantau di Pulau Jawa, kemudian membela klub-klub besar nasional.

Herkis pernah membela Persib Bandung, Pardedetex Medan, Yanita Utama Bogor, Krama Yudha Tiga Berlian, Assyabaab Salim Grup, Mastrans Bandung Raya. Ia juga sempat membela skuat tim nasional Indonesia senior.

Pelatih Berpengalaman

Usai pensiun sebagai pemain, Herkis juga langsung menjadi asisten pelatih timnas Indonesia. Ia juga pernah mengasisteni Persija Jakarta. 

Selain kedua klub itu, tak terhitung berapa jumlah tim yang pernah Herkis pegang. Sebut saja PSBL Bandar Lampung, PSIS Semarang, PSS Sleman, Persikabo Bogor, Persmin Minahasa, Persiraja Banda Aceh, Persikab Bandung, dan Persika Karawang.

Herkis juga pernah melatih Persiba Balikpapan, Sulut United, Cilegon United, PSBL Bandar Lampung, dan Persela Lamongan. Herkis memiliki sekolah sepakbola terdekat di Ciamis bernama SSB Herkis Privat Football.

SSB Herkis Privat Football berlatih di Lapang Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mari kita tunggu bersama kiprah Herkis dengan SSB yang baru berdiri tahun 2022 itu.



Scout Indonesia








Comments