Info Sekolah Sepakbola di Kota Cimahi


SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI DI KOTA CIMAHI JAWA BARAT


Sejarah perkembangan sepakbola usia dini di Kota Cimahi dimulai dari kronologi beberapa tanggal penting. Tahun 1999, Djajang Nurjaman, H Engkos Kosasih, Asep M Ridwan mendirikan SSB Kartabraja di Cimahi. Tahun 2010,  Asep Supardi dan para pengurus mendirikan SSB Bravensia.

Tahun 2015, pemerhati sepakbola Cimahi mendirikan Assosiasi Kota (Askot) Cimahi sebagai awal dari pembinaan sepakbola usia dini. Tahun 2016 menjadi tahun pendirian SSB Prima FC Cimahi. Tahun 2018 menjadi tahun berdirinya SSB Persada Cimahi. 

Di tahun yang sama, bobotoh M. Firman Hadillah mendirikan Akademi Persib Cimahi (APC) pada tanggal 23 Maret 2018. Akademi Persib Cimahi adalah akademi di bawah Diklat Persib setelah akademi serupa di Kabupaten Banjar dan dan Majalengka. Januari tahun 2021, legenda Persib Bandung Imral Usman mendirikan SSB Honest Cimahi.


SSB BERDASAR WILAYAH TERDEKAT

Kota Cimahi terdiri dari  terdiri dari 3 kecamatan dan 15 kelurahan. Kota Cimahi terdiri dari tiga kecamatan, yaitu Cimahi Selatan, Cimahi Tengah, dan Cimahi Utara. Cimahi Selatan terdiri dari Cibeber, Cibeureum, Leuwigajah, Melong, dan Utama. 

SSB di Cimahi Selatan adalah SSB Honest. SSB Honest beralamat di Bintang Sport Mini Soccer. Lapangan tersebut terletak di Jalan Kebon Kopi, Cibeureum, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat. SSB Honest berlatih setiap hari Sabtu di lapangan tersebut.

Sebulan pendirian pada awal tahun 2021, SSB ini menarik antusiasme sekitar 80 lebih siswa untuk mendaftar. Selain dilatih legenda Persib Imral Usman, SSB Honest juga dilatih oleh pemain Maung Bandung lainnya Sonny Kurniawan. SSB Honest menerima siswa dengan rentang usia 6 hingga 16 tahun.

Cimahi Tengah terdiri dari Baros, Cigugur Tengah, Cimahi, Karangmekar, Padasuka, dan Setiamanah. Stadion kebanggaan warga Kota Cimahi terletak di Padasuka, Cimahi Tengah, bernama Stadion Sangkuriang. 

SSB yang berlatih di stadion ini adalah SSB Panama FC Cimahi. SSB Panama yang dikelola Edi Hermawan ini menerima siswa usia 7 hingga 15 tahun dengan motto "Belajar, Belajar, Main".

Akademi Persib Bandung Cimahi juga beralamat di Cimahi Tengah. Akademi ini berlatih di Lapangan Fanship Mini Soccer, Jalan R.H Abdul Halim, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. Ada sekitar 200 siswa berlatih di akademi ini dari rentang kelompok usia 10 hingga 17 tahun. 

Para siswa Akademi Persib Bandung Cimahi dilatih oleh pelatih-pelatih berlisensi A AFC seperti Lukas Torona Tumbuan, Kartono Pramdhan, dan Didik Lestiyantoro. Pelatih lain, Sendi Oktavian dan Muhamad Abila juga memegang lisensi C AFC.

SSB di Cimahi Tengah adalah SSB Persada Cimahi. SSB Persada bermarkas di Batalyon Zeni Tempur 3 Yudha Wyogrha atau disingkat Yon Zipur 3. 

SSB Persada memakai Lapangan Yon Zipur 3 Cimahi yang beralamat di Kalidam Dalam 1 Nomor 123, Karangmekar, Cimahi Tengah. SSB Persada dilatih Ujang Mulyana setiap Selasa, Kamis, Sabtu sore, dan Minggu pagi.

SSB terdekat lain di Cimahi Tengah ialah SSB Prima FC. SSB Prima FC berlatih di Lapangan Tembak Gunung Bohong Padasuka, Cimahi Tengah.

SSB Bravensia memiliki tempat latihan di Cimahi Tengah, yaitu Lapang Arhanud. Lapangan Arhanud atau Artileri Pertahanan Udara berada di Setiamanah. Para siswa SSB Bravensia berlatih setiap Senin, Rabu, dan Jumat. 

Cimahi Utara terdiri dari Cibabat, Cipageran, Citeureup, dan Pasirkaliki. SSB di Cimahi Utara adalah SSB Nett Cimahi. SSB Nett berlatih di Lapangan Futsal Tegal Kawung, Jalan Tegal Kawung Nomor 44, Cipageran, Cimahi Utara. SSB ini memiliki lebih dari 70 murid.

SSB Bravensia memiliki dua tempat latihan di Cimahi Utara, yaitu di Lapang Centrum Futsal dan Lapang Depan SLBN A Citeureup. Lapangan Centrum Futsal terletak di Jalan Sentral Gang Pasewakan, Cibabat, Cimahi Utara. Lapangan latihan SSB ini terletak di dekat SLBN A Citeureup di Jalan Sukarasa Nomor 40, Citeureup. Para siswa SSB Bravensia berlatih setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

PEMAIN SSB ASAL CIMAHI JAWA BARAT

Ada banyak pemain sepak bola profesional yang berasal dari Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat. Pertama, Kakang Rudianto adalah pemain asal Cianjur yang dibesarkan oleh akademi sepakbola di Kota Cimahi. Kakang Rudianto pada awalnya berlatih di SSB Atep Seven Cianjur milik eks Persib Bandung Atep. 

Kakang kemudian melanjutkan kiprahnya ke Akademi Persib Bandung Cimahi. Bek kelahiran Cianjur, tanggal 2 Februari 2003, kemudian naik ke skuat senior Persib Bandung. Kakang pernah dipinjamkan di Bandung United dan terpilih dalam ajang Garuda Select.

Pemain lain yang dibesarkan di Cimahi adalah Ronaldo Joybera Kwateh. Putra dari Roberto Kwateh ini mengenyam pendidikan di Akademi Persib Bandung Cimahi. Ronaldo Kwateh lahir di Yogyakarta, 19 Oktober 2004, mengawali karir SSB di Yogyakarta, antara lain SSB Selabora, SSB MAS, SSB Pendowoharjo Bantul, SSB Persiba Bantul. 

Usai berkarir di SSB di Jogja tersebut, Ronaldo merantau ke Diklat Persib Cimahi, sebelum kembali ke Jogja Kickoff Academy United. Bakat Ronaldo diendus Madura United dan klub ini mengantarkannya ke timnas senior. 

Henhen Herdiana adalah pemain Persib Bandung asal SSB Kartabraja Cimahi. Henhen bergabung dengan Bareti FC Ciater, Diklat Persib, dan Tim PON Jawa Barat. SSB di Cimahi inii juga menemukan bakat Afghani Abdul Aziz dan Satria Febrian Putra Prianya yang memperkuat Persib senior.

DAFTAR SSB DAN KLUB DI BEKASI JAWA BARAT
  1. Akademi Persib Cimahi (APC)
  2. SSB Nett Cimahi
  3. SSB Persada Cimahi
  4. SSB Panama FC
  5. SSB Honest Cimahi
  6. Robby Darwis Football Academy
  7. SSB Siliwangi
  8. SSB Adjat Sudrajat
  9. SSB Prima FC
  10. SSB Kartabraja

Sumber: Instagram, Wikipedia, Pikiran Rakyat, Facebook, Tribunnews, Indosport, Detik, Bola.net, Skor.id, Bolasport, Pojoksatu.

Comments