Percaya Pelatih: Sikap Terdekat Orang Tua di Kesuksesan Siswa SSB

Pada beberapa artikel sebelumnya, kita telah membahas nasehat, tips dan trik kepelatihan dari pelatih berlisensi UEFA B bernama Richard Cashman. Ia menjelaskan peran orang tua terhadap kesuksesan pemain SSB.

Kesuksesan pemain muda bukan hanya dalam pencarian SSB terbaik dan terdekat. Namun, ada hal-hal yang harus dipatuhi orang tua. Richard dalam artikel sebelumnya menyebutkan adanya permainan baik, role model, lingkungan menyenangkan, dan kesadaran diri.

Poin penting lainnya adalah perlunya kepercayaan dan dukungan kepada para pelatih. Sebagaimana orang tua menjadi "pelatih" bagi putranya di rumah, pelatih juga menjadi "orang tua" bagi para pemain.

Trust dan Support

Oleh karena itu, orang tua harus meyakini bahwa pelatih tahu yang terbaik. Setiap keputusan pelatih diyakini dapat bermanfaat baik untuk anak-anak.

Tentunya, seorang pelatih usia muda tidak hanya terfokus pada kemenangan atau juara. Pelatih perlu membentuk seorang pemain agar ia mencapai titik terbaik permainannya.

Bukan hanya permainan, namun seorang pemain memiliki sikap dan kepribadian yang kuat. Mengingat pengalaman penulis, sebagian besar pemain SSB tidak menjadi seorang pemain bola suatu saat nanti.

Ada banyak pemain SSB yang meninggalkan dunia sepakbola untuk memperoleh profesi yang sesuai dengan dirinya. Sepakbola ada sarana untuk menggembleng mereka.



Scout Indonesia




Comments