Sejarah Klub Internal Persis Solo: Mengenal Timnas Universitas PS UNS

Layaknya institusi-institusi lainnya, Universitas Sebelas Maret atau UNS Surakarta juga memiliki tim sepak bola. Artikel ini mengajak kita untuk mengenal lebih dekat timnas universitas, Persatuan Sepakbola UNS atau disingkat PS UNS.

Persatuan Sepakbola UNS dihuni pemain-pemain terbaik dari kampus yang beralamat di Jalan Ir. Sutami Nomor 36, Kentingan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kami mengangkat diskusi kami dengan Dr. Fadilah Umar, S.Pd., M.Or., sembilan tahun lalu di Stadion UNS tanggal 23 April 2013.

Dosen kelahiran Boyolali, 27 September 1972 merupakan pembina PS UNS sejak tahun 2003 hingga wawancara kami. Pada saat itu, Dr. Fadilah menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Penkepor JPOK FKIP UNS.

Klub Internal Persis Solo

Menurut wawancara kami dengan beliau, Persatuan Sepakbola UNS sudah ada sejak lama. Namun, informasi yang kami peroleh tanpa disertai tahun pendirian yang pasti. 

"Berdiri sejak lama, sejak UNS bergabung di kompetisi internal Persis," jelas dosen yang saat itu menjadi Pengurus Bidang Kompetisi Badan Futsal Daerah (BFD) Provinsi Jawa Tengah. 

Bahkan, sebelum menangani tim Persatuan Sepakbola UNS, Umar pernah memperkuat tim tersebut sebagai pemain. "Sejak saya kuliah, masuk semester 1, saya sudah bergabung," lanjut pria yang saat itu menjabat Pengurus Tim Litbang KONI Kota Surakarta.

Bina Prestasi Universitas

Terkait segi pembinaan, mayoritas pemain Persatuan Sepakbola UNS tersuplai dari mahasiswa JPOK FKIP UNS. Saat itu, sesi latihan Persatuan Sepakbola UNS masih digabungkan dengan Kuliah Pembinaan Prestasi Mahasiswa JPOK FKIP UNS.

"Saat ini untuk latihan bergabung dengan mahasiswa POK untuk pembinaan prestasinya," jelas dosen Penatar Pelatih Olahraga Tingkat Muda LANKOR ketika kami temui sembilan tahun yang lalu.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan mahasiswa dari fakultas lain dapat dipanggil. Bersamaan dengan kuliah mahasiswa JPOK FKIP UNS, jadwal latihan antara lain Selasa sore dan Jumat pagi.


Scout Indonesia








Comments