Mahasiswa Turkmenistan Perkenalkan Tips Pengantar Bahasa Mekan Nasyrov


Turkmenistan adalah salah satu negara di Asia Tengah yang menjadi asal pemain yang bermain di Liga Indonesia. Sebut saja Mekan Nasyrov yang malang melintang di Persik Kediri, Persibo Bojonegoro, Barito Putera Banjarmasin, Persija Jakarta, dan Semen Padang.

Ahmet Atayew adalah pemain Turkmen lainnya yang pernah membela Arema Malang dan Persela Lamongan. Belum lama ini, Artur Gevorkyan memperkuat tim Persib Bandung. Oleh karena itu, bahasa adalah salah satu hal penting dalam dunia sepakbola.

Mesksipun tidak harus menguasai, setidaknya sedikit memahami bahasa mereka memberikan kedekatan personal. Jika mengingat tren belakangan, para pemain Indonesia banyak merantau di negara-negara yang tak terduga, seperti Slovakia dan Bosnia.

Kami mengakses hasil sharing Dr. Andika Sanjaya, S.I.Kom, M.Si dengan Serdar Saparov, mahasiswa FKIP Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Beliau sembilan tahun lalu pernah berbagi tentang dasar-dasar bahasa Turkmen.

Tips Bahasa Mekan Nasyrov

Polyglot berbahasa Turki, Rusia, Inggris, Indonesia, dan Bahasa Jawa ini membagi tips dan trik berbahasa Turkmen. Bahasa Turkmen (Turkmen Dili) adalah bahasa unik yang digunakan oleh sekitar 22 juta orang di dunia.

Kami bertemu Serdar Saparov di Puskom UNS, sekitar bulan Mei 2013. "Bahasa Turkmen digunakan oleh 6 juta orang di Turkmenistan," jelas Serdar.

Menurut informasi lain, bahasa Turkmen menjadi bahasa resmi Turkmenistan dan dipakai sekitar 11 juta orang di dunia. Bahasa ini juga diketahui oleh warga negara Turkmenistan, Russia, Iran, Uzbekistan, Afghanistan, dan Tajikistan.

Serdar memberikan tips-tips untuk memulai belajar Bahasa Turkmen. Pertama, struktur dan grammar cukup berbeda dengan bahasa Inggris dan Indonesia. Terkadang, dalam sebuah kalimat, kata kerjanya berada di akhir. Kedua, pengucapan huruf-huruf tertentu, semisal s dan z, melibatkan lidah di antara gigi.

Ketiga, huruf-huruf yang digunakan sama dengan bahasa Indonesia, yakni huruf latin. Namun, ada beberapa huruf yang berbeda semisal ä, ü, ž, n, dan lain-lain. Keempat, mengucapkan huruf-huruf Turkmen perlu waktu untuk membiasakan. Terakhir, bahasa Turkmen memiliki alfabet khusus.


Comments