Sekolah Sepak Bola SSB Terdekat Terbaik di Kabupaten Bandung



SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI DI KABUPATEN BANDUNG JAWA BARAT

Sejarah perkembangan sepakbola usia dini di Kabupaten Bandung dimulai dari kronologi beberapa tanggal penting. Tanggal 27 Juli 1963, Persikab Kabupaten Bandung atau Persatuan Sepak Bola Indonesia Kabupaten Bandung didirikan. 

Klub berjuluk Laskar Dalem Bandung dan Pasukan Dipati Ukur ini bermarkas di Stadion Si Jalak Harupat. Persikab dikelola oleh PT Persikab Bandung Bedas (PBB) yang dipimpin oleh Eddy Moelyo.

Tahun 1990, Daddy Safari mendirikan SSB Rick’s Sayati. SSB ini kemudian dikelola oleh eks Persikab Bandung Encang Ibrahim. Nama SSB "Ricks" berasal dari nama pabrik sepatu Daddy miliknya.

Tahun 1995, cikal bakal SSB Tunas Biru, PS Tunas Biru, bergabung dengan Askab PSSI kabupaten Bandung.

Tahun 2009, SSB Perbi didirikan di Kompleks Permata Biru Cileunyi. Pembina SSB ini adalah Nana Sutisna.

Tahun 2010, tepatnya tanggal 10 Oktober, beberapa sesepuh desa Sukapura berinisiatif mendirikan SSB Galaxy. Namun, inisiatif tersebut tidak berjalan sedemikian mestinya. SSB Galaxy mengalami kemunduran hingga kemudian berganti nama menjadi SSB Bina Taruna Sukapura.

Awal 2021, Hadian Supriatna, Kepala Desa Cibiru Wetan dan  Ketua Umum PS Tunas Biru mengaktifkan SSB Tunas Biru bersama Ganjar Gumilar.

SSB BERDASAR WILAYAH TERDEKAT

Kabupaten Bandung terdiri dari 31 kecamatan. SSB yang bermarkas di Cileunyi adalah SSB Perbi. Para siswa SSB Perbi berlatih di Stadion Minisoccer Perbi. Stadion mini ini terletak di Komplek Permata Biru, Cinunuk, Cileunyi. 

Latihan SSB Perbi digelar setiap Selasa, Kamis, dan Minggu. SSB ini juga membuka kursus untuk sepakbola putri. Agung Mulyadi juga kerap kali mendampingi para siswa SSB Perbi latihan, mengingat ia adalah salah satu alumnus SSB tersebut.

SSB yang bermarkas di Cileunyi lainnya adalah SSB Tunas Biru. SSB Tunas Biru bermarkas di desa Cibiru Wetan, Cileunyi.

SSB yang bermarkas di Kecamatan Margahayu adalah SSB Rick's Sayati. SSB ini berlatih di Stadion Angkasa Lanud Sulaiman, beramalat di Jalan Terusan Kopo-Soreang Nomor 13, Sulaiman.

SSB yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot adalah SSB Bina Taruna Sukapura. SSB yang dulunya bernama SSB Galaxy ini beralamat di Kantor desa Sukapura Jalan Raya Pacet - Ciberem Kilometer 16,5. 

SSB Galaxy atau Perhimpunan Persatuan Sepakbola Desa Sukapura (PPSDS) Galaxy memiliki tempat latihan di Lapangan Argasari dan Lapangan Saluyu. Untuk SSB, rentang usia para siswa antara 6 hingga 16 tahun, sedangkan tim senior mulai 17 hingga 21. SSB yang berkostum kuning, merah, hitam ini dulunya berlatih setiap Rabu dan Minggu.

PEMAIN SSB ASAL BANDUNG JAWA BARAT

Ada banyak pemain sepak bola profesional yang berasal dari Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Sayap kanan Persib Bandung Agung Mulyadi adalah alumnus SSB Perbi. Agung Mulyadi dididik Diklat Persib kemudian membela klub kebanggaan masyarakat Bandung tersebut. Selain itu, pemain kelahiran Bandung, 23 Maret 1997, juga membela Bandung United.

Jajang Sukmara adalah pemain Persib Bandung yang pernah berlatih di SSB Rick's Sayati. Jajang pindah ke SSB Saint Prima, sebelum berkarir di beberapa klub di Indonesia seperti Madiun Putra, Barito Putera, PSS Sleman, Dewa United, dan Persib Bandung. Jajang adalah bek sayap kelahiran Soreang Bandung, 18 November 1988.

Taufik Hidayat adalah striker Persija Jakarta yang berasal dari SSB Rick's Sayati. Striker kelahiran Bandung, 16 Desember 1999 tersebut masuk skuat Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2022. Erik Anfasa adalah alumnus SSB Rick’s Sayati yang mengikuti seleksi timnas U-12 bersama Beckham Putra.


DAFTAR SSB DAN KLUB DI BANDUNG JAWA BARAT
  1. Persikab Kabupaten Bandung
  2. SSB Perbi
  3. SSB Rick’s Sayati
  4. SSB Bina Taruna Sukapura
  5. SSB Galaxy Sukapura
  6. SSB Tunas Biru

Sumber: Wordpress, Instagram, sportakurikuler.blogspot.com, cibiruwetan.desa.id, akurat, Wikipedia.

Comments