Sekolah Sepak Bola SSB Terdekat Terbaik di Sidoarjo

 


SEJARAH SEPAK BOLA USIA DINI DI KABUPATEN SIDOARJO JAWA TIMUR

Kabupaten Sidoarjo merupakan kawasan yang cukup menarik sebagai penyedia pemain muda potensial bagi Jawa Timur. Sejarah perkembangan sepakbola usia dini di Kabupaten Sidoarjo dimulai dari kronologi beberapa tanggal penting. Tidak ada tanggal pasti, SSB Kelud Putra sudah ada sejak ada sejak era 1990-an. Lurah desa Klagen saat itu, Slamet, mendirikan SSB Kelud Putra untuk mewadahi atmosfer gila bola desa itu. Kelud merupakan akronim dari Klagen Wilayut.

Suwadi, ayah Uston Nawawi, dan Wahyu Suhantyo, ayah Lucky Wahyu, sempat berkiprah aktif mengelola SSB ini. Wahyu pernalh berlatih dengan Indonesia Muda (IM) Surabaya sekaligus alumnus IKIP Surabaya (sekarang Universitas Negeri Surabaya atau Unesa). Kedua hal ini ia jadikan modal untuk melatih anak-anak Klagen.

Tahun 2000, Achmad Soiril mendirikan SSB Gelora Putra Delta (GPD) Sidoarjo.

Tahun 2002, Ibnu Hambal dan Eko Irianto mendirikan PS Bligo Putra. Keduanya bersamaan membentuk SSB Bligo Putra untuk menampung bakat-bakat muda desa Bligo, kecamatan Candi, kabupaten Sidoarjo.

Tanggal 8 Maret 2008, Choesnoel Farid, pendiri Farfaza FC, membuat klub bernama Al Rayyan FC. Nama klub ini berasal dari Bahasa Arab yang berarti "Pintu Surga", kemudian dimiliki oleh anaknya Mirza Farus Ramadhan.

Tahun 2009, informasi tentang SSB Garuda Muda muncul di situs blog dari SSB ini. Tahun ini kemungkinan menjadi awal terbentuknya SSB Garuda Muda. SSB Garuda Muda berawal dari Porgam Garuda Muda dan klub Bangkit Raya. SSB ini didirikan oleh Sokhip, M. Sumarli, dan warga desa Kramat Jegu, di bawah pertanggungjawaban Kepala Desa Kramat Jegu H. Imam Buckori.

Sekitar bulan Maret 2016, pelatih kenamaan Subangkit mendirikan SSB Subangkit Soccer School (SSS). Setahun kemudian, SSB Garuda Jaya berdiri di Bangkalan Madura, pada tanggal 5 Oktober 2017. SSB Garuda Jaya kemudian memiliki cabang di Kabupaten Sidoarjo. 

Tahun 2020, tepatnya tanggal 23 Februari 2020, SSB Bintang Putra Sidoarjo diresmikan bersamaan dengan kehadiran Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin atau Cak Nur. SSB Bintang Putra merupakan nama baru dari SSB Bligo Putra untuk keperluan legalitas badan hukum, keanggotaan PSSI, dan sponsorship. 

Tanggal 2 Agustus 2020, SSB Maesa Sidoarjo launching perdana di Lapangan Keloposepuluh. Tanggal 27 September 2020, SSB Kelud Putra Sidoarjo diresmikan bersamaan dengan sebuah turnamen. SSB Kelud Putra adalah SSB yang sudah ada sejak lama, namun diresmikan ulang menjadi lebih profesional. Di tahun ini, SSB Sinar Muda Balongbendo atau SSB Simba mulai membagikan informasi latihannya di media sosial.

SSB BERDASAR WILAYAH TERDEKAT

Kabupaten Sidoarjo memiliki beberapa kecamatan. SSB yang bermarkas di kecamatan Sidoarjo adalah SSB Bintang Putra Sidoarjo. SSB Bintang Putra bermarkas di Lapangan AMS Sumput, Sumput, Sidarjo.

SSB yang bermarkas di Kecamatan Waru Sidoarjo adalah SSB Al Rayyan FC. Klub saudara Farfaza ini bermarkas di Lapangan Mahkamah Militer. Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya terletak di Jalan Raya Tempel, Bungurasih, Waru, Kabupaten Sidoarjo.

SSB lain terdekat di kecamatan Waru adalah SSB Garuda Jaya. SSB ini bermarkas di sebuah kantor sekretariat di Jalan Tambaksari Selatan 14 Nomor 9 B. SSB Garuda Jaya biasa berlatih di Lapangan Janti Waru , Sidoarjo. SSB Pesawad Waru juga beralamat di Waru, tepatnya di Lapangan Wedoro Waru Sidoarjo.

SSB yang berada di Kecamatan Buduran adalah SSB Gelora Putra Delta. SSB GPD beralamtakan di Jalan Pondok Jati, Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

SSB di Kecamatan Krian adalah SSB Garuda Muda Surabaya. SSB ini bermarkas di Terung Kulon, Kecamatan Krian.

SSB di kecamatan Sukodono adalah SSB Maesa Sidoarjo. SSB ini bermarkas di Lapangan Kloposepuluh, beramalat di Area Sawah, Kloposepuluh, Sukodono. Untuk mendaftar SSB Maesa, silahkan persiapkan fotokopi kartu keluarga, akte kelahiran, dan pas foto 3x4.

SSB lain di Sukodono adalah SSB Kelud Putra. SSB ini bermarkas di Lapangan desa Klagen Wilayut, Sukodono. SSB ini dipimpin oleh Uston Nawawi dan Nurul Huda, dibantu Rendi Irawan sebagai pelatih kepala. Rendy dibantu Arif Arianto, David Setiawan, dan Eko Suhadak.

SSB di kecamatan Taman adalah SSB Garuda Muda. SSB ini bermarkas di Jegu, Kramat Jegu, Taman, Sidoarjo. Siswa SSB Garuda Muda dilatih oleh Agus Heru Santoso, Eko Sulaiman, dan Wahyudi. SSB lain di kecamatan Taman adalah SSB Rocket. SSB Rocket beralamat di Lapangan Ketegan.

SSB di kecamatan Porong adalah SSB Subangkit Soccer School (SSS). Siswa SSB usia 5-17 tahun berlatih setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu sore, dan Minggu pagi di Lapangan Brimob Porong. Brimob Porong atau Kompi 2 Batalyon B Pelopor beralamat di Jalan Bhayangkari Nomor 15 Porong Sidoarjo.

SSB di Kecamatan Candi adalah SSB Bligo Putra dari PS Bligo Putra. SSB Bligo Putra bermarkas di Jalan Kenanga Nomor 7, desa Bligo, Kecamatan Candi. Belakang PG Candi atau Pabrik Gula Candi Baru. SSB ini membagi empat kelompok umur, yaitu Grassroots (6-8 tahun), Development (9-12 tahun), Junior (13-15 tahun), dan Senior (16-20 tahun). SSB ini berlatih setiap hari Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu.

SSB di kecamatan Balong Bendo adalah SSB Sinar Muda Balongbendo atau SSB Simba. SSB ini berlatih di Lapangan Desa Balongbendo, Besuk, Jabaran, setiap Selasa, Kamis, dan Minggu. SSB Simba dilatih oleh M. Syafiq, Abdul Kirom, dan Fajar Prasetya.

PEMAIN SSB ASAL KELUD PUTRA KLAGEN SIDOARJO JAWA TIMUR

Kelud Putra adalah salah satu "kampung sepakbola" di Jawa Timur. SSB Kelud Putra sudah ada sejak tahun 90-an. Nurul Hadi adalah sosok awal yang dikenal sebagai pemain berprestasi. Nurul Huda terpilih dalam PSSI Primavera 1994–1995. Nurul pernah membela Persebaya Surabaya, Assyabaab Salim Group Surabaya atau ASGS, Persikabo Bogor, Pelita Solo, PSIM Jogjakarta, PSIS Semarang, Persema Malang, dan Persijap Jepara.

Uston Nawawi adalah contoh lain SSB Kelud Putra. Uston merantau ke Indonesia Muda Surabaya dan lolos seleksi PSSI Baretti. Uston pernah membela Persebaya Surabaya, PSPS Pekanbaru, Persisam Putra Samarinda, Persidafon Dafonsoro, Deltras Sidoarjo, Persegres Gersik United, dan Persebaya Divisi Utama atau Bhayangkara FC. Eks pemain timnas ini melatih PSIR Rembang, Persebaya Surabaya U-20, dan menjadi asisten Persebaya Surabaya.

Sepupu Uston Nawawi, Rendi Irwan Saputra, mengikuti jejak saudaranya tersebut. Rendi bergabung dengan SSB Kelud Putra dan IM Surabaya. Rendy kemudian membela Mitra Surabaya, tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Timur (Jatim), Persekam Metro FC, PSBK Blitar, Gresik United, Deltras Sidoarjo, Mitra Kukar, Persebaya 1927, Persik Kediri, Persija Jakarta, dan Persebaya Surabaya.

Lucky Wahyu Dwi Permana mengikuti jejak Uston dengan bergabung dengan IM Surabaya, usai berlatih dengan Kelud Putra. Penyerang Sidoarjo ini kemudian membela Persebaya Surabaya, Persebaya 1927, Persija Jakarta versi Liga Primer Indonesia, Barito Putera, Madura United, dan Sulut United. Arif Ariyanto adalah eks SSB Kelud Putra yang kemudian dikenal membela Persebaya Surabaya. Gelandang Sidoarjo ini pernah bergabung dengan Persela Lamongan, Persebaya 1927, dan Arema Indonesia versi Liga Super Indonesia. 

Hariono adalah contoh lain dari alumnus SSB Kelud Putra. Gelandang bertahan timnas asal Sidoarjo ini pernah membela Deltras Sidoarjo, Persida Sidoarjo, Persib Bandung, dan Bali United. Sutaji adalah alumnus SSB Kelud Putra yang pernah membela Persebaya Surabaya, PSS Sleman, Deltras Sidoarjo, Arema Malang, dan Persema Malang. Dari semua pemain tersebut, hanya rumah Hariono dan Sutaji yang agak berjauhan. Mereka tinggal berdekat-dekatan, sehingga cukup wajar jika keberadaan klub SSB Kelud Putra berdampak besar pada perkembangan mereka.

PEMAIN LAINNYA SSB ASAL SIDOARJO JAWA TIMUR

Ada banyak pemain sepak bola profesional yang berasal dari Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri dan Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi pernah mengenyam pendidikan di SSB Gelora Putra Delta. Keduanya adalah pemain timnas arahan Shin Tae-yong. Bagus Kahfi adalah pemain yang membela tim Belanda FC Utrecht junior. Saudara kembarnya Bagas Kaffa bermain di PS Barito Putera.

Selain duo Bagus Bagas, SSB Gelora Putra Delta juga menghasilkan nama Brylian Negiehta Dwiki Aldama. Brylian adalah gelandang Gelora Putra Sidoarjo yang dipilih oleh Fakhri Husaini dalam skuat timnas U-16 2018 untuk bermain dalam gelaran AFF U-16 di Indonesia dan AFC U-16 di Malaysia.

Nama pemain eks Arema Malang Dave Mustaine adalah mantan pemain SSB Gelora Putra Delta. Dave pernah membela PSS Sleman, Gresik United, dan Bali United dalam karirnya.

Hendro Siswanto juga menjadi pemain SSB Gelora Putra Delta yang berhasil mentas di level nasional. Hendro yang belum merasakan timnas senior, hanya junior, telah membela banyak klub di Indonesia. Hendro pernah membela Persida Sidoarjo, Persepam Pamekasan, PSIS Semarang, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, Arema Indonesia (IPL) atau Arema Cronus, Arema Malang FC, dan Borneo FC.

Mokhamad Syaifuddin adalah talenta hasil didikan Al-Rayyan. Udin pernah lolos seleksi SAD Deportivo di Uruguay era 2009-2011. Bek asal Surabaya ini pernah membela Universidad de ConcepciĆ³n, Pelita Bandung Raya, PSS Sleman, dan Persebaya Surabaya. Misbakus Solikin adalah gelandang Al-Rayyan asal Surabaya yang membela Persebaya Junior, kemudian pindah ke PSIL Lumajang, Persekap Pasuruan, Persatu Tuban, Persebaya Surabaya, Madura United FC, dan PSS Sleman.

Adam Maulana adalah bek asal Al-Rayyan yang kemudian membela Persebaya dan Persiba Balikpapan. Dimas Galih Pratama adalah kiper Al-Rayyan kelahiran Surabaya yang pernah terpilih dalam tim Deportivo Indonesia tahun 2008-2009. Dimas kemudian membela Persebaya 1927, Persijap Jepara, PSM Makassar, Gresik United, Persebaya Surabaya, Kalteng Putra, Persik Kediri, dan Sulut United.

DAFTAR SSB DAN KLUB DI SURABAYA JAWA TIMUR
  1. Deltras Sidoarjo
  2. Persida Sidoarjo
  3. Al Rayyan FC
  4. SSB Gelora Putra Delta
  5. SSB Garuda Muda Surabaya
  6. SSB Maesa Sidoarjo
  7. Porgam Garuda Muda
  8. Bangkit Raya
  9. SSB Garuda Muda
  10. Subangkit Soccer School
  11. SSB Garuda Jaya
  12. SSB Bintang Putra Sidoarjo
  13. SSB Bligo Putra
  14. PS Bligo Putra
  15. SSB Rocket Ketegan
  16. SSB Pesawad
  17. SSB Kelud Putra
  18. SSB Simba Balongbendo

Sumber: Jawapos, Instagram, Twitter, Facebook, Wikipedia, Youtube, sumput.desa.id, ssbbligoputra.wordpress.com, bola.com.

Comments