Bola dari Tokoh Sepakbola Jepang: Kisah Tom Byer dan Sepakbola Akar Rumput Indonesia

Andika Sanjaya / Scout Indonesia


"I still stand by my statement, Indonesia shows the biggest potential in Football inside the Asian Region! Go Garuda! I'll be back soon!” (Tom Byer, twitter, 11 Mei 2012)

Salah satu faktor pendorong perkembangan sepakbola usia dini di Indonesia berasal dari Tom Byer. Melalui social media, Tom Byer sering melempar pemikiran tentang kondisi sepakbola Asia. Tom sering memberikan saran untuk perkembangan sepakbola usia dini di Indonesia.

Senin, 11 Maret 2012, melalui social media, kita bercerita tentang sebuah realitas sepakbola usia dini di sebuah desa di Karanganyar, Jawa Tengah. Tujuh tahun, SSB Putra Mars tidak meminta uang bulanan atau harian.

SSB ini hanya memiliki empat bola, meskipun di sekolah tersebut ada sekitar 30 anak. Dari diskusi singkat tersebut, Tom Byer tergerak untuk berbuat sesuatu untuk anak-anak tersebut. Siapakah Tom Byer?

Siapa Tom Byer

Tom Byer adalah mantan pemain sepakbola asal New York, Amerika Serikat. Sekarang, dia dikenal sebagai tokoh sepakbola usia dini di Jepang. Tom Byer, lahir 21 November 1960, telah berkontribusi terhadap sepakbola usia dini Jepang selama 20 tahun. Dia mengelola Coerver Coaching Asia sejak bulan Januari 1993 hingga Mei 2007. Lalu, sejak Januari 2008 hingga sekarang, Tom menjalankan T3 Academy.

Tom Byer telah terlibat pada lebih dari 2000 acara dengan dihadiri hingga lebih dari 500.000 anak-anak, pelatih, dan orang tua. Dia sering memberikan seminar untuk anak-anak, pelatih, profesional, klub, dan federasi. Dia telah membuat kerjasama bisnis dengan beberapa perusahaan besar seperti Adidas, Canon, McDonalds, Coca Cola, dan Nestle. Selain itu, dia telah menyebarkan programnya kepada lebih dari 80 sekolah dengan sekitar 15.000 anak hingga 2007.

Tom Byer telah diakui secara global atas perannya dalam sepakbola usia dini. Tahun 1998, Adidas memberikan 'Golden Boot Award' kepadanya. Dia memperoleh penghargaan tersebut di Marseille, Perancis, setelah undian drawing Piala Dunia 1998. Tahun 2002, dia membawakan talk show 'World Cup Adidas Golden Ball and Golden Boot’ bersama Franz Beckenbauer, Aime Jacquet, dan Carlos Alberto Parreira.

Tom Byer juga dikenal ahli menggunakan berbagai media untuk publikasi sepakbola usia dini. Dia membintangi ‘Tomsan Soccer Technique' pada program TV anak Ohasuta. Sosok Tom Byer juga terdapat di serial komik manga, 'Coro-Coro Comic', 'Tomsan’s, Let’s Try Soccer'. Hal ini menjadikan Tom Byer dikenal anak-anak Jepang.

Tom Byer punya banyak jaringan media massa di Jepang, seperti TV Tokyo, Soccer Specific Magazine, dan Yahoo! Japan. Sebagai informasi, Yahoo! memberikan halaman khusus untuk anak, Yahoo! Kids. Dia juga menulis dua halaman berwarna tentang sepakbola dunia setiap bulan di World Soccer Digest Technical Magazine.

Tom Byer telah menulis tiga buku tentang pengembangan sepakbola usia dini yang sudah terjual hingga 50.000 kopi. Salah satu DVD Tom Byer juga berhasil meraih penghargaan “No.1 Best Seller” di Amazon Jepang tahun 2009. Mencakup itu semua, Tom dikenal sebagai seorang konsultan bisnis sepakbola.


Artikel Situs Scout Indonesia, Indonesian Youth Football Publishing Movement, 21 November 2012. Ditulis oleh Andika Sanjaya.



Comments