Kisah Legenda Chelsea FC John Terry: Barking and Dagenham dan Senrab FC


Siapa tak kenal John Terry? Legenda Chelsea peraih lima kali juara Premier League, lima FA Cup, tiga Piala Liga, dua Community Shield dan masing-masing sekali trofi Liga Champions dan Piala Europa.

John Terry adalah pemain internasional dengan caps 78 di Timnas Inggris dengan torehan enam gol. Sebagai palang pintu pertahanan, John Terry diakui sebagai salah satu yang terbaik pada zamannya.

John Terry, pemain setinggi 187 cm ini mengawali karir junior di West Ham United. Ia kemudian pindah ke Chelsea, meski sempat dipinjamkan semusim di Nottingham Forest.

Hampir dua dekade John Terry membela Chelsea, sebelum ia membela Aston Villa sebelum pensiun. Semua orang tahu John Terry, namun, tidak semua tahu bahwa asal muasalnya.

Kawasan Kumuh

John Terry adalah bocah Barking and Dagenham, London. Banyak orang beranggapan bahwa kawasan tersebut menjadi kawasan tempat tinggal bagi mereka yang berkantong tipis untuk membeli rumah.

Sebagai salah satu daerah kumuh di London, daerah ini konon menjadi daerah terburuk jika kita tinggal di Inggris. Terry kecil adalah penggemar Manchester United, beserta ayah dan kakeknya saat itu.

John Terry bersama Sir Alf Ramsey, Bobby Moore, Bobby Zamora, Paul Konchesky, Terry Venables, Paul Ince, dan Ian Hendon adalah nama-nama beken pemain dan pelatih Britania Raya yang berasal dari Barking and Dagenham. Selain nama-nama tersebut, masih ada Giles Barnes, Jack Baldwin, Luke Magill, Adam Barrett, Dean Chandler, Stephen Purches, Daniel Potts, Conor Gough, Freddie Warren, Dean Marney, Joe Martin, Darren Pratley, Jay Davies, Sanmi Odelusi, Jamie Collins, Clint Easton, Graeme Montgomery, Alex Gilbey, Glenn Poole, Gary Bowes, Wes Thomas, Danny Hockton, Joe Benjamin, Paul Hayes, dan Jamie Guy.

Klub Tarkam Elit

Di Barking and Dagenham, Dagenham & Redbridge Football Club adalah klub sepakbola profesional yang cukup tenar. Alih-alih membela klub tersebut, John Terry justru bermain untuk tim Tarkam Londo atau Sunday League bernama Senrab FC.

Senrab FC adalah klub amatir yang berdiri tahun 1961 dan berbasis di Newham. Mirip bahasa Malangan, nama Senrab berasal dari kebalikan ejaan dari Barnes. 

Senrab mengakomodir para pemain dari usia 5 - 17 tahun. Klub ini menjadi awal karir dari nama-nama seperti John Terry sendiri, Bobby Zamora, Ray Lewington, Derek Richardson, Paul Konchesky, Sol Campbell, Adebayo Akinfenwa, Lee Bowyer, Alan Curbishley, Jermain Defoe, Ugo Ehiogu, Muzzy Izzet, Ledley King, Steve Mackenzie, dan Ray Wilkins.

Berkat jasanya, John Terry pernah membantu klub yang membesarkan dirinya tersebut. Sampai saat ini, Senrab FC masih beroperasi. Meski klub tarkam, namun Senrab FC menjadi masa depan Timnas Inggris. Klub tarkam tersebut yang mengubah nasib bocah asal daerah kumuh menjadi mega bintang John Terry.


Comments