Dikira Kang Gigit, Luis Suarez Miramontes yang Meninggal Pemain Termahal 60-an


Belum lama ini ramai di dunia maya menjelaskan tentang kabar meninggal Luis Suarez. Bukan Luiz Suarez Uruguay tentunya, tapi Luis Suarez Miramontes.

Luis Suarez ini salah satu pemain penting asal Spanyol. Karirnya bermula dari tim kecil Perseverancia, sebelum direkrut Deportivo La Coruna.

Karirnya merangkak naik dari tim junior ke tim senior, hingga bakatnya tercium Barcelona usai tim Catalan tersebut mengalahkan Super Depor.

Bersama Barcelona, Suarez memenangi dua kali La Liga dan beberapa kejuaraan lainnya. Bahkan, ia menjadi pemain Spanyol pertama peraih Ballon d'Or di tahun 1960.

Uniknya, pada masanya di Barcelona, Suarez bermain sebagai posisi penyerang seperti penerusnya Luis Suarez asal Uruguay. Keberhasilannya di Spanyol membuat raksasa Italia Inter Milan kepincut.

Transfer  Termahal

Suarez menjadi pemain termahal pada era itu dan keputusan itulah yang harusnya cukup disesalkan Barcelona. Bersama Inter Milan, Suarez beradaptasi dengan posisi barunya Deep-Lying Playmaker.

Hasilnya, Suarez membawa Inter Milan juara Serie A tiga kali berturut-turut. Ia juga membawa Inter meraih dua Piala Eropa atau Liga Champions dan dua Piala Intercontinental.

Sempat mengakhir karir di Sampdoria, pemegang 32 caps timnas Spanyol ini melanjutkan karir manajerial. Inter Milan dana Deportivo La Coruna mengisi portofolionya selama melatih.

Salah satu komentarnya yang diingat banyak orang adalah ia berjanji memberikan Ballon d'Or nya kepada Robert Lewandowski jika ia gagal memperolehnya. Ada yang tahu apakah ia jadi memberikannya?

Comments